Sang maestro Koben telah berhasil memperbaharui Blog Staff UI menjadi versi 3.0.1. Lompatan iman yang terjadi sungguh luar biasa karena Blog Staff UI menggunakan versi 2.6 yang sudah jauh ketinggalan. Secara umum, lompatan ini tidak menimbulkan efek apa pun kecuali Akismet yang harus diset ulang.

Latar belakang dari pembaharuan besar-besaran ini adalah akibat dari semakin banyaknya plugin dan tema yang tidak lagi kompatibel dengan WPMU 2.6. Selama ini dilema yang terjadi adalah perubahan antarmuka pengguna yang bisa membingungkan pengguna blog lama. Akibatnya, kami memutuskan untuk Blog Staff UI tetap pada versi lama dan hanya memperbaharui versi mahasiswa menjadi 2.9.

Ada pun perubahan yang merusak:

  1. Tema untuk halaman administrasi SpotMilk dan Barunino tidak lagi dapat dilakukan.
  2. Perubahan antarmuka yang radikal dapat membingungkan staf lama pengguna.
  3. Ada galat yang mungkin tidak diketahui.

Untuk poin ke-3, kami berharap bagi Anda pemilik blog untuk melaporkan galat tersebut melalui surel atau pun kotak komentar. Tentunya, perubahan yang drastis ini memiliki kompensasi positif sebagai berikut:
 

  1. Tema-tema yang selama ini tidak dapat aktif/rusak telah dapat dinikmati. Beberapa tema tersebut salah satunya tema yang dibuat khusus untuk Web Personal Dosen dan dikonversi untuk dapat digunakan oleh Staff UI. Saat ini saya memakai tema tersebut.
  2. Plugin-plugin tambahan termasuk ShareToAny. Saya sempat memasangnya, tetapi terasa cluttered dan saya tidak mengejar SEO. 😛
  3. Tema-tema dapat lebih diubah dan beberapa bagian dapat dimodifikasi.
  4. Dan lain-lain yang belum dieksplorasi.

Selamat menikmati.