Kebetulan ada sebuah permintaan dari rekan saya untuk mengganti salah satu tema di Blog Staff. Menurut dia, itu merupakan permintaan dari salah satu penulis blog favorit saya. Saya pun mencoba mencarinya tema baru di Internet dan menemukan tema-tema untuk majalah. Salah satu fitur dari situs majalah (yang benar dan umumnya bukan di Indonesia) adalah menampilkan berita-berita unggulan di laman depan.

Nah, biasanya mereka menggunakan teknik slide show dan disertai oleh ilustrasi. Saya butuh menggambar ilustrasi. Pertama-tama saya mengambil inkscape:

$ sudo apt-get install inkscape

Tetapi, saya menemukan bahwa saya tidak bisa memakai inkscape seperti niwat0ri. Akhirnya saya memutuskan untuk mencari perkakas yang cocok untuk menggambar:

$ apt-cache search draw

Ada banyak perkakas dengan ideologinya sendiri tentang cara menggambar, misalnya tkpaint yang menggambar vektor dengan pengrupan. Selain itu, ada tuxpaint dan gpaint yang seperti mspaint. Tapi, saya membutuhkan sebuah penggambar raster. Sampai akhirnya saya menemukan mypaint. Menurut [APT], mypaint adalah:

Paint program to be used with Wacom tablets This is a pressure sensitive Wacom tablet paint program. It comes with a large brush collection including charcoal and ink to emulate real media, but the highly configurable brush engine allows you to experiment with your own brushes and with not-quite-natural painting.

Menurut [REMPT], mypaint dapat dipakai bersama-sama dengan Krita, sebuah aplikasi penggambar vektor di KDE SC, karena menggunakan format OpenRaster. Wow, vektor + gambar bebas = KEREN! Omong-omong, berikut fasilitas dari MyPaint:

  • Mesin kuas yang bebas dan memiliki algoritma prediksi. Hal ini mengakibatkan dinamika penggambaran seperti aslinya.
  • Penggambaran berlapis memudahkan kita untuk menggambar sketsa pada lapis dasar dan memisahkan antara garis dan tombol.
  • Integrasi dengan kanvas elektronik (tablet paint), membuat kita bisa berekspresi pada media komputer dengan baik.

Seperti eksplorasi Blender saya dahulu (yang sayangnya sudah hilang akibat Geocities sudah tutup), saya membuat contoh hasil dari perkakas ini. Ini semua saya buat di waktu senggang makan siang dengan menggunakan  tetikus. Mungkin kalau dengan kanvas elektronik bisa lebih ekspresif lagi. Maaf pakai bahasa Inggris.

Dreaming Girl

Dreaming Girl

A picture of an open interpretation. Is it a girl dreaming or a dream of a girl? I love ambiguity.

Just To Make Unhappy Face

Just to make unhappy face

The semantic of science according to a child born in these age of insanity.

Just To Make An Instant Noodle

Factory for Instant Thing

For every convenient thing on your house, there are inconvenient truth about it: underpaid labors, wretched environment, and that funky smoke that will haunt generations to come. Here’s for your instant noodle BEER.

The Most Terrifying

The Most Terrifying

The most terrifying in the history of mankind.

Referensi:

[APT] Jalankan  “apt-cache show mypaint” pada Ubuntu 10.04

[REMPT] Boudewijn Rempt. MyPaint. http://www.valdyas.org/fading/index.cgi/2009/10/01 (diakses 20 Mei 2010)