Teman saya, Tonny, adalah penggemar berat dari si Niwat0ri. Dia mendapatkan buku yang dipesan dari blog. Katanya bertanda tangan. Hmm… kepingin iseng bikin halaman Facebook “Gerakan 2.000.000 Facebooker memesan Chicken Strip lewat situs”. :)) Omong-omong, dia meracuni saya dengan Chicken Strip dan tinggal tunggu waktunya Chicken Strip masuk ke Feedly saya. (Wogh, kesannya Feedly saya itu sangat berharga… hahaha….)

Yang saya sukai dari Chicken Strip adalah komik ini dibuat dengan menggunakan perangkat lunak terbuka dan bebas atau yang lebih dikenal dengan Free/Libre/Open Source Software (FLOSS) atau singkat FOSS. Karena itu, dia menjadi salah satu tautan di blog saya. Saya salut dengan dia yang bisa menggunakan Inkscape dan GIMP secara profesional.

Iseng-iseng yang kedua adalah tautan. Ketika saya menautkan profil saya di beberapa situs sosial, teman saya juga iseng-iseng membicarakan tentang Alexa. Sejujurnya, saya menghindari semua yang berbau SEO. Ada beberapa alasan bagi saya untuk menghindari SEO:

1 SAMPAH

Situs SEO cenderung menyampah dan membuat informasi sebenarnya terkubur dalam hasil pencarian. Informasi jadi sulit didapatkan. Kalau memang sebuah situs memiliki konten berharga, secara natural ia akan terdongkrak tanpa perlu menggunakan steroid.

2 PEMBAKUAN JEJARING (Web Standards)

Situs terbaik yang saya tahu adalah IBM.com, tapi dia tidak masuk Webometric dan tak terpajang di dalam kontes SEO mana pun. Padahal, situs yang baik adalah situs yang bisa setidaknya serupa dengan IBM.com. Ada banyak alasan mengapa IBM.com yang terbaik, beberapa pernah saya bahas di sini.

3 KESOPANAN

Ketika zaman di mana situs Geocities adalah situs pribadi terbaik (saya di Area51), privasi merupakan hal yang penting. Walau pun SPAM masih terminologi yang jarang, tetapi orang-orang pada saat itu sudah mengenal kesopanan (RFC 1855). Situs-situs mengenalkan dirinya dengan mendaftarkan secara akurat pada direktori umum. Bandingkan dengan situs beberapa situs SEO yang secara tidak sopan meninggalkan tautan dengan tidak benar.

Ironisnya, di Alexa saya dapati bahwa situs saya yang lain:  😆

[Penebalan saya yang berikan untuk menjelaskan mengapa saya tertawa lepas siang ini….]

Ranking saya sekitar 6,745,938. Lumayan — kata teman saya, saya sih tidak tahu– untuk situs yang sudah lama tak terurus dan kurang kerjaan….

Ah, tampaknya bercandaan ini harus dihentikan, seseorang ada yang mengajak makan siang. Yuk, tertawa.

[DISCLAIMER: Ini adalah entri becandaan sebelum entri terlalu serius.]