Setiap kali orang memberikan status di Facebook, saya suka menjawab dengan MAKAN2x ™. Sering kali orang menyangka bahwa itu adalah sebuah lelucon dan sekedar untuk menyampah. Tapi, saya sepenuh hati untuk menyatakan bahwa tidak ada yang sampah dari pesan itu. Ada makna mendalam di dalam pernyataan tersebut.

#1 MAKAN2x ™ berbicara tentang pemenuhan kebutuhan dasar manusia.

[MASLOW] menempatkan kebutuhan fisiologis sebagai pemenuhan kebutuhan yang perlu. Memakan sesuatu adalah sebuah analogi yang tepat untuk mengatakan bahwa ada kebutuhan mendasar yang sedang dipenuhi ketika sesuatu terjadi. Artinya, sering kali seseorang membuat suatu keputusan, seperti marah, sedih, dan lain sebagainya berdasarkan apa yang saat itu dia sedang hadapi. Padahal, ada fakta-fakta mendasar yang menarik dan seringkali dirasakan secara tidak sadar oleh sang penulis status. Sebagai contoh:

  1. Tuhan sedang merancangkan rancangan yang indah dan saat itu adalah fase terberat dari proses tersebut.
  2. Perasaan yang saat itu ada menutupi fakta bahwa dia memiliki hak dasar, yakni hak untuk bahagia.
  3. Selalu ada jalan keluar dari masalah.
  4. Kemenangan yang dialami saat itu adalah sebagai hadiah optimal kecil dalam mencapai titik optimum lainnya.

Berbagai hal tersebut memenuhi kebutuhan mendasar dari orang tersebut, yakni eksistensi dari sang penulis status.

MAKAN2x ™ hendak mengingatkan penulis status bahwa ada hal-hal dasar yang mungkin terlewat dari pikiran. #2 MAKAN2x ™ hanya dituliskan untuk orang-orang yang cukup dekat

Saya tidak pernah menulis MAKAN2x ™ kepada orang-orang yang tidak saya kenal. Bukan karena saya takut menyinggung, tetapi itu sebagai pernyataan bahwa MAKAN2x ™ adalah ekspresi nakal yang hanya bisa dinyatakan kepada orang yang saya kenal. Artinya, orang tersebut memiliki teman, dia tidak sendiri, dia tidak serta merta menjadi orang-orang yang terlupakan.

Dia bukanlah seorang individu yang sendirian di tengah keramaian. Dia adalah seorang individu yang keberadaannya diakui cukup dekat oleh saya. Dengan kata lain, saya sedang menyatakan simpati saya dengan orang lain dengan cara yang hangat.

MAKAN2x(tm) memberikan gestur hangat kepada mereka bahwa saya menyatakan simpati saya atas kegirangan maupun kesedihan mereka.

#3 MAKAN2x ™ adalah sebuah lelucon

Sering kali hal yang membuat hidup ini tidak maju adalah karena kita selalu terpuruk dalam lubang kenestapaan. Sifat kenestapaan itu kemudian termanifestasi dalam sikap ketus, suka menyalahkan, takut bertindak, amarah, suka menyalahkan diri, dan berbagai sikap negatif lainnya. Sikap-sikap ini mempengaruhi sikap kita dalam memandang sekitar. Biasanya sikap-sikap ini membuat hidup cenderung destruktif dan membuat seseorang mati dalam penyesalan seumur hidupnya.

Bagaimana cara menghentikannya?

[SATOW] menyatakan bahwa humor adalah cara yang baik untuk memperbaiki diri. Humor dapat digunakan untuk menyadarkan diri dari ego, menghancurkan tembok-tembok penghalang dalam berpikir jernih, dan meningkatkan hubungan. Ketika sebuah lelucon digunakan, justru humor dapat dikaitkan untuk menemukan berbagai kecemasan. Tawa dapat menurunkan hormon stres dan memperbaiki diri dan keadaan [SCOTT]. Bahkan, menurut [HGH], tertawa dapat meningkatkan hormon endorfin dan hormon pertumbuhan yang berimplikasi kepada peningkatan kekebalan tubuh dan menurunkan efek Kortisol.

Artinya, dengan tertawa seseorang bisa berhenti sejenak dan mengevaluasi keadaan lebih baik. Ia bisa berpikir secara positif dan mengambil keputusan yang mungkin berat dilakukan. Menertawakan diri sendiri dan hidup adalah sebuah terapi untuk dapat tetap berpikiran positif tentang kehidupan dan menjalaninya dengan semangat.

Apakah ada yang melarang untuk tertawa? Maka tertawalah dalam hati dan jadikan hati yang berbunga-bunga ketika tertawa sebagai modal untuk berpikir jernih.

MAKAN2x ™ menginspirasikan penulis status untuk bangkit dari keterpurukan atau pun tetap menjaga hati dalam kegirangan dengan tetap selalu tersenyum menghadapi segala sesuatu.

#4 MAKAN2x ™ adalah sebuah perayaan

Adalah lazim dalam kebudayaan saat ini ketika seseorang mengalami sebuah peristiwa yang besar ia akan mengundang teman-temannya dan mengadakan perayaan atas sesuatu yang besar tersebut. Bagian yang tak terlepas dari setiap peristiwa itu adalah jamuan makan. Entah itu sebuah peristiwa sedih tentang kematian sampai peristiwa kelahiran anak pertama, pasti menyertakan jamuan. Ada rasa ucapan syukur di tengah-tengah kejadian tersebut.

Hal inilah yang digambarkan ketika pernyataan MAKAN2x ™ diungkapkan. Ada sebuah makna yang layak dirayakan atau setidaknya disyukuri atas suatu kejadian. Entah itu adalah sebuah pemrosesan menuju pendewasaan atau pun sebuah ucapan syukur karena keselamatan ketika melewati itu semua. Atau pun, sebuah pernyataan yang memberikan syukur atas suatu kejadian kecil yang sedang terjadi.

MAKAN2x ™ memberikan sebuah inspirasi kepada penulis status untuk selalu bersyukur atas apa yang terjadi: atas kejatuhan, kebangkitan, atau pun kejadian biasa yang tak pernah diungkapkan.

#5 Diperlukan Waktu Berpikir untuk Mengerti Makna MAKAN2x ™

Dari semuanya itu, ketika diperhadapkan kepada komentar MAKAN2x ™ maka hal yang terpikir adalah itu adalah komentar menyampah abad ini. Padahal, ada banyak artinya dan dengan pemandangan yang dangkal, hal-hal tersebut tidak akan pernah diketahui. Maka, hal ini ekuivalen dengan kondisi yang ada saat penulis status menulis statusnya.

Jangan pernah melihat segala sesuatu dari satu sisi. Apalagi kalau sampai mengambil keputusan berdasarkan hal-hal yang kelihatan di permukaan. Seperti digambarkan dalam film Magnolia [MG], sering kali sebuah kejadian merupakan kompleksitas dari berbagai potongan-potongan kejadian yang terjadi secara paralel sehingga bersinggungan pada satu titik. Contoh mudahnya adalah seorang anak yang terbunuh akibat senjata ibunya.

Kedangkalan dalam berpikir juga membuat seseorang dapat berpikir dan mengambil kesimpulan yang terkadang tidak benar. Dengan pernyataan MAKAN2x ™ sebenarnya saya hendak memberi pesan bahwa tidak baik mengambil kesimpulan prematur (prejudice) tanpa bertanya apa yang menjadi dasar atas pernyataan tersebut. Sebab, dari setiap pernyataan MAKAN2x ™ yang saya buat, tak ada satu pun yang secara serius menanyakan arti dari pernyataan itu selain menyatakan bahwa pernyataan itu adalah sebuah pernyataan sampah.

KESIMPULAN

Ketika saya menyatakan MAKAN2x ™. Tertawalah dan merenung sejenak, lihat dan rasakan bahwa dunia tidak sekelam yang kita kira.

MAKAN2x ™

Referensi:

[MASLOW] Maslow, Abraham. http://en.wikipedia.org/wiki/Maslow%27s_hierarchy_of_needs

[SATOW] Satow, Robert. http://www.springerlink.com/content/u9873437m15717t1/

[SCOTT] Scott, Elisabeth. http://stress.about.com/od/stresshealth/a/laughter.htm

[HGH] Wilson, Nicole. http://www.bestsyndication.com/Articles/2006/Nicole-WILSON/Health/05/051106-hgh_human_growth_hormone_endrocin_levels_increased_with_laughter.htm

[MG] http://www.imdb.com/title/tt0175880/