Ini adalah curhat saya. Maaf kalau mulai dari ini bahasanya amburadul dan kotor.Ini gara-gara si Mark Weiser, dia waktu masih kerja di Xerox ngayal (trus ditulis eh jadi paper) tentang sebuah lingkungan pintar.  Dia ngebayangin kalo di ruangan rumah ada alat-alat yang dipasangin komputer dan sensor. Dari sensor dan komputasi yang ada, alat-alat itu menyesuaikan diri. Jadinya, gak perlu lagi, tuh, kita puyeng ngeset alat di sekeliling kita. Semua serba otomatis! Nah, biar tenar, dia sekalian namain konsep itu dengan istilah: Ubiquitous Computing.Emang dasar nasib, Ubiquitous Computing malah lebih dikenal sebagai Pervasive Computing. Terus, malah ada juga yang nyebut Everywhere Computing.  Eh, kok, malah ngomongin sejarah Komputasi Pervasif?Eniwei,Gimana caranya, yah, sebuah sebuah mesin dapat ngarti tanpa disuruh-suruh?Soalnya, nenek-nenek juga tahu kalo gagang sapu bisa dipake buat ngusir kucing. Tapi, coba aja lo suruh kompi lo ngenalin sapu, paling juga elo disetrum ama dia. Oh, iye, ato gak, ntar emak lo nangis punya anak cacat mental…. :DNah, gagang sapu dipake buat senjata itu adalah konsep semantik (pemaknaan konteks). Btw, lo tau ‘kan gagang sapu? Jangan2 lo gak pernah liat lagi.Ck.. ck.. ck.. kasian anak jaman sekarang. Udah sama kayak komputer, gak tahu bentuk/properti dari gagang sapu. Padahal, kalo dideskripsikan properti gagang sapu itu: panjang dan lama kayak C*ki2.Lo tahu tongkat gak? Itu, yang bentuknya mirip ama pancingan, ato gak yang dipake si Co Pe Tong buat ngegebuk anjing. Cuman yang ini diujungnya ada bulu2 banyak dipake buat ngarsir, eh, nyapu, deng. Nah, itu gagang sapu termasuk keturunannya si tongkat.Si gagang sapu ini adalah sebuah sapu yang mulia, cie elah bahasanya…. Dia dipakai untuk membersihkan halaman yang penuh korupsi dan kolusi. Dia bisa dipake untuk benerin tampias yang rusak, juga bisa buat ngusir anak2 muda yang suka pacaran di kober.Buat apa lagi, yah?Psst…Dia bisa juga dipake buat ngembat mangga di tetangga sebelah kalo lagi meleng. Tapi, kalo lagi ada orangnya, ya, janganlah dipake buat itu. Pokoknya selama gak ketahuan, terserah aja deh. Pokoknya, open world assumption, hehehe…. Pis, Pak Aji. (anak Bapak cakep, ya)Nah, ngomong2 soal Pak Aji, dia mah ketat banget. Kalo jadi anaknya, harus soleh dan soleha. Gak boleh keluar malam-malam. Gak boleh bolos sekolah. Gak boleh ngerokok. Beuh, begaul ama kita2 aja boro-boro…. Pokoknya, semua yang gak dibilang halal, hukumnya haram. Cih, close world assumption banget, sih, nih, Pak Aji.Ampun, Pak, Aji, mohon maap, ane takut kualat.Eh, tadi gw ngomongin apa, yah? Oh, iye, kompi di rumah.Aduh, ngantuk…. (ehehehe… pura-pura ngantuk soalnya konsep laennya susah dicari analoginya)Istilah yang belum sempat dijelaskan:

  • OWL,RDF,FOAF
  • OWL-S,DAML
  • Inference System
  • Semantic Web
  • Protege
  • Open JADE
  • WSDL2Jade