Jujur, ketika membuka peramban, ada 4 situs yang saya wajib kunjungi:

  • Planet Debian (http://planet.debian.net/)
  • Planet Ubuntu (http://planet.ubuntu.com/)
  • Planet KDE (http://planetkde.org)
  • Blog Staff UI (http://staff.blog.ui.ac.id/admin/)

Ada juga 2 situs yang saya sering kunjungi:

  • Planet CSUI02 (http://planet.csui02.net/)
  • Planet Ubuntu ID (http://planet.ubuntu-id.org/)

Saya suka sekali dengan Blog Staff UI. Mereka memang benar-benar staf UI! Isinya beragam dan kaya, berbeda dengan Blog Mahasiswa yang masih….  Yah, namanya mahasiswa. Tapi, ada juga, sih, satu atau dua blog mahasiswa yang bagus. Memang, secara keseluruhan konten-konten Blog Staff UI jauh lebih unggul dari mahasiswa kita. Ayo, mahasiswa, jangan mau kalah!   🙂

Blog-blog yang saya sukai:

  1. RANI-GRACIAS (Gerakan Cinta Almamater Semesta). Isinya sangat menantang, sayang tidak bisa dikomentari. Tapi, saya sangat menantikan tulisan-tulisan Beliau. Tulisan Beliau yang menarik adalah tentang perjuangan mahasiswa UI di masa lalu yang terus terang saya juga baru tahu dari tulisan Beliau. Beberapa artikel seperti Malari dan sejarah alternatif tentang komunisme juga membuka pikiran saya. Salut buat Beliau!
  2. The Microbiology Teacher (All about Microbiology teaching at the Department of Biology FMIPA UI). Ibu kita ini suka menyertakan video-video YouTube tentang Microbiologi. Saya yang bukan orang MIPA pun senang melihatnya. Coba waktu saya masih SMU dulu juga diajar seperti demikian, mungkin jalan saya beda. Tapi, semua ada takdirnya, hahaha….
  3. ParkirKata. Informasi mengenai SIMAK UI sangat membantu. Saya baru tahu kalau mendaftar di penerimaan UI (SIMAK) sudah dapat mengunduh berkas-berkas soal tahun lalu. Kebetulan adik saya ada yang sudah kelas 3. Saya suruh daftar saja.
  4. Dan lain-lain.  😀

Nah, segitu dulu saja. Silahkan eksplorasi lebih lanjut. Oh, iya, sedikit catatan, mungkin Anda menemui Recent Post jauh lebih banyak dibandingkan tulisan yang ada. Hal ini karena kami menerapkan kebijakan privasi untuk publikasi blog di Blog Staff UI. Untuk setiap staf UI yang hendak memunculkan tulisan blog-nya harus melakukan berikut ini:

  1. Klik Options, maka akan muncul submenu di bawahnya.
  2. Pilih submenu Privacy.
  3. Lalu nanti akan ada dua pilihan:
    • I would like my blog to be visible to anyone who visits, including search engines, archivers and in public listings around this site.
    • I would like to block search engines, but allow normal visitors
  4. Secara default yang terpilih adalah pilihan yang kedua. Nah, agar terlihat di halaman depan, pilihlah pilihan yang pertama.

Tidak secara otomatis ditaruh di halaman depan adalah sebuah pilihan demi penghargaan terhadap privasi. Tapi, apakah itu perlu, tergantung permintaan. Kami, sih, menghargai sekali privasi.