Mengapa setiap kali ada yang menanyakan tentang admin, selalu dimulai dengan “Pak”? Apakah wanita tidak ada yang bisa jadi admin? Admin UI juga ada yang wanita dan dia juga hebat, loh. Ah, sudahlah, saya bukan seorang feminis dan saya juga tidak ingin menyalahkan orang lain.

Akibat dari keteledoran beberapa orang yang tidak menjaga login-nya dengan baik, terpaksa lagi-lagi harus mengetatkan aturan main di UI. Maaf saja kalau akhir-akhir ini ada ketidaknyamanan dengan sistem ratron kita. Selain memindahkan ruang penyimpanan ke sebuah SAN, kami juga mengetatkan aturan main dalam dunia peratronan kita. Katakan selamat tinggal kepada protokol yang telanjang (PLAIN) dan katakan selamat datang kepada TLS dan SSL, sohib kita yang baru!

Yah, selain peningkatan ruang penyimpan per pengguna menjadi 200 MB, setiap orang di-wajib-kudu-mesti-kan untuk menggunakan enkripsi, baik IMAP maupun POP3, bahkan untuk SMTP! Yup, di mana-mana kenyamanan berbanding terbalik dengan keamanan. Sekejam-kejamnya admin, lebih kejam ibu tiri. Lho? Iyalah, nanti disediakan, kok, tata cara penggunaan ratron yang telah termutakhir.

Maaf kalau admin jadi kejam! Tapi, saya pribadi sudah muak menulis kepada Yahoo! Mail maupun penyedia layanan lainnya yang memblokir koneksi dari UI karena ada yang bocor ke penyedia layanan SPAM yang selalu mengirim ratron-ratron sampah melalui UI.

Horde bagaimana nasibnya? Waduh, belum sempat dibuat lagi. Semenjak ada bug serius pada Horde, terpaksa webmail ini diturunkan dulu sampai ada keluar versi amannya. Sabar, yah.

Duh, ngantuk! Tidur dulu, ah.  😎