reveal-js

Sudah Bertahun-tahun orang-orang (termasuk saya) menggunakan Powerpoint sebagai software untuk membuat presentasi baik untuk urusan pendidikan, bisnis, dan lainnya. Mungkin bagi sebagian orang tidak masalah menggunakan Powerpoint jika mempunyai lisensi microsoft office (kebetulan kampus saya mengadakan kerja sama dengan microsoft), bagaimana jika tidak mempunyai lisensi?mungkin dapat menggunakan software gratisan Libre Office ataupun Open Office. Namun seiring jalannya waktu kita membutuhkan kemudahan, bukan hanya dalam membuat tapi dalam mempersiapkan. Semisal jika ingin menggunakan Libre Office / Open Office harus diinstal terlebih dahulu dan lumayan memakan ruang harddisk.

Seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi web (HTML 5, CSS 3) yang semakin maju setiap orang pasti mempunyai minimal 1 browser (yang saya maksud bukan IE :?:) semisal Firefox, chrome, netscape dll. Sekarang presentasi pun dapat dilakukan lewat browser, kok bisa?ya bisa, minimal hanya dengan mengetahui sedikit syntax HTML Anda pun dapat membuat presentasi via browser. Framework yang dapat dipakai adalah reveal.js dan apabila ingin presentasi yang unik seperti Prezi dapat menggunakan impress.js.

Penggunaannya cukup mudah cukup download (reveal.js), extract dan ubah file index.html sesuai yang Anda inginkan.

Fitur reveal.js :
– Selain menggunakan HTML dapat menggunakan Markdown Syntax.
– Transition Styles yang disediakan Cube, Page, Concave, Zoom, Linear, Fade, None, Default.
– Slide dapat di ekspor ke PDF.
– Themes ada 6 yang disediakan default, beige, sky, night, serif, simple atau dapat membuat sendiri.
– Fragment Styles
Sebelum mencoba dapat melihat contoh-contoh presentasi dari reveal.js di https://github.com/hakimel/reveal.js/wiki/Example-Presentations

Selamat mencoba 🙂

Print Friendly, PDF & Email