Oprek

Failed to Start The X Server (Linux Mint 13 Mate 64 Bit)

Setelah install Linux Mint 13 Mate – 64 bit, tibalah saatnya startup tanpa USB/DVD Instalasi. Setelah startup tidak bisa masuk desktop, muncul error “Failed to Start The X Server  bla..bla”. Setelah google sana.. google sini.. didapatkan solusi di http://forums.linuxmint.com/viewtopic.php?f=46&t=105156

…..

1. When the message about viewing the X server output came, I pressed Ctrl Alt F2
2. Now on the new shell I ran command sudo Xorg -configure
3. Then I copied /home/oobe/xorg.conf.new to /etc/X11/xorg.conf
sudo cp /home/oobe/xorg.conf.new /etc/X11/xorg.conf
4. At last I started X using command startx
…..

Startx tidak diperlukan lagi, untuk startup berikutnya.

 

Uncategorized

Adakah dalil tentang pelaksanaan sholat ghoib rutin setelah sholat jum’at?

Adakah dalil tentang pelaksanaan sholat ghoib secara rutin setelah sholat jum’at?

atau ini adalah sesuatu yang diada-adakan dan tak ada contohnya dari rasul?

Uncategorized

Saran Tentang Khutbah Jum’at

Khutbah jum’at adalah waktu yang sangat tepat bagi para khotib untuk membangkitkan semangat para jamaah dalam meningkatkan intensitas ibadah menuju derajat takwa. Tapi apa yang terjadi, kalau sang khotib kurang bersemangat, isi ceramah kurang menyentuh, bahasanya tidak membumi terlalu rumit, durasi terlalu lama sehingga membuat jamaah ketiduran ataupun mengobrol. Hal ini tentu sangat disayangkan. Sang khotib ternyata belum mampu memanfaat momen yang baik seperti ini. Coba kita pikir apakah ada perusahaan/institusi yang mampu mengumpulkan orang sebegitu banyak secara periodik dalam satu waktu yang tetap diberbagai daerah untuk menyampaikan pesan-pesan mereka? bisa dikatakan hampir tidak ada, karena memang sulit, kalaupun ada tentu biayanya sangat mahal (perlu spanduk, leaflet, pamflet, dan lainnya).  Untungnya untuk mengumpulkan orang sedemikian banyak dalam sholat jum’at, tidak membutuhkan biaya sama sekali. Ini kesempatan besar bagi sang khotib untuk menyampaikan pesan-pesan rohani yang dapat menyadarkan jamaah kembali kejalan yang benar

Ada buku bagus (menurut saya) yang mungkin dapat dibaca para khotib sebelum naik ke mimbar jumat. Judulnya: 33 Kesalahan Khatib, penulis: Su’ud bin Malluh bin Sulthan al-‘Unazi. Buku ini kecil dan isinya ringkas tidak bertele-tele. Saya sudah punya beberapa tahun yang lalu, namun karena level saya bukan khotib, akhirnya jadi bacaan saja atau sekedar tahu saja, belum pernah dipraktekkan.

sumber gambar:alhilyah.com

Ada video bagus (menurut saya) khotib yang memberikan isi ceramah tegas, lugas dan singkat dengan bahasa yang mudah dimengerti jamaah. Durasi ceramahnya kira-kira hanya 10 menit, 57 detik.

[youtube QFTJx0JgPR8]

Mudah-mudahan para khotib bisa memberikan yang terbaik untuk para jamaah yang haus akan nasehat rohani setelah seminggu sibuk dengan aktifitas.

Oprek

Install plugin flash di Natty (ubuntu 11.04)

Kebetulan beberapa hari yang lalu upgrade  ubuntu 10.10 (Marverick Meerkat) ke ubuntu 11.04 (Natty Narwhal) . Kemudian coba-coba buka youtube, tapi kok ternyata gak bisa nonton karena versi flash berbeda, terus diminta upgrade. Nyoba lihat paket Adobe Flash Player plugin software di ubuntu ternyata sudah terinstall namun mungkin masih versi lama. Coba solusi situs librariangeek  yah sama saja. Setelah browsing sana sini, ah ketemu juga repository yang menyimpan plugin flash yang dapat bekerja dengan baik di firefox ataupun chromium.

di /etc/apt/sources.list tambahkan alamat repository
deb http://ppa.launchpad.net/sevenmachines/flash/ubuntu natty main

dalam mode root (kalau mode user tinggal pakai sudo…),
ketik:

apt-get update
apt-get install flashplugin64-installer

Uncategorized

Studi Banding Fasilitas Wudhu Masjid (saran untuk Masjid UI)

Seorang teman (dosen Unissula semarang) sempat kaget sewaktu mau sholat di Masjid UI yang konon terkenal itu. Ia kaget melihat fasilitas wudhunya yang kurang bersih dan nyaman. Ketika itu ia hendak sholat dzuhur sehabis membimbing mahasiswanya yang ikut Kontes Robot Indonesia di Balairung. Tak lama berselang,  ada undangan menjadi trainer di Unissula, saya menyempatkan diri untuk mengambil gambar fasilitas wudhu  masjid Unissula.

Masjid dengan 16 toilet

Ada sebanyak 16 toilet di masjid UNISSULA  (tak ada toilet berdiri)

Tempat wudhu yang lumayan nyaman sirkulasi udaranya

Uncategorized

‘World Class’ Mosque (Masjid UI)

world class toilet

Pasrah menahan dan menunggu giliran yang tak pasti
(dari ribuan muslim mahasiswa UI, toiletnya cuma dua bro!)

Genangan Air Kotor

Genangan air kotor yang selalu tergenang setiap waktu

Siap-siap menuju lorong wudhu yang pengap dan gelap. Awas copet…

Bermilyar-milyar membangun gedung baru, tapi tak ada dana untuk membangun fasilitas wudhu yang nyaman.

Pak Rektor, cobalah sekali-sekali wudhu + BA di tempat ini saat jumatan di Masjid UI.

Oprek

Komputasi Paralel dengan Parallel Virtual Machine

PVM (Parallel Virtual Machine) adalah paket software yang mendukung pengiriman pesan untuk komputasi parallel antar komputer. PVM dapat berjalan diberbagai macam variasi UNIX atau pun windows dan telah portable untuk banyak arsitektur seperti PC, workstation, multiprocessor dan superkomputer.

Sistem PVM terbagi menjadi dua. Pertama adalah daemon, pvmd, yang berjalan pada mesin virtual masing-masing komputer. Mesin virtual akan dibuat,  ketika User mengeksekusi aplikasi PVM. PVM dapat dieksekusi melalui prompt UNIX disemua host. Bagian kedua adalah library interface rutin yang mempunyai banyak fungsi untuk komunikasi antar task . Library ini berisikan rutin yang dapat dipanggil untuk pengiriman pesan, membuat proses baru, koordinasi task dan konfigurasi mesin virtual.

Salah aturan main yang penting dalam PVM adalah adanya mekanisme program master dan slave/worker. Programmer harus membuat Kode master yang menjadi koordinator proses dan Kode slave yang menerima, menjalankan, dan mengembalikan hasil proses ke komputer master. Kode master dieksekusi paling awal dan kemudian melahirkan proses lain dari kode master. Masing-masing program ditulis menggunakan C atau Fortran dan dikompilasi dimasing-masing komputer. Jika arsitektur komputer untuk komputasi paralel semua sama, (misalnya pentium 4  semua), maka program cukup dikompilasi pada satu komputer saja. Selanjutnya hasil kompilasi didistribusikan kekomputer lain yang akan menjadi node komputasi parallel. Program master hanya berada pada satu node sedangkan program slave berada pada semua node.

Komunikasi dapat berlangsung bila masing-masing komputer mempunyai hak akses ke filesystem semua komputer. Akses kefile system dilakukan melalui protokol rsh yang berjalan di unix atau windows. Berikut adalah langkah pengaturan pada masing-masing komputer :

  1. Buat file hostfile yang berisi daftar node komputer dan nama user yang akan dipakai untuk komputasi parallel. Bila nama user pada semua komputer sama misalnya nama user riset pada komputer C1, C2,C3 dan C4, maka hostfile ini boleh tidak ada. Hostfile ini dapat digunakan bila nama user di masing-masing komputer berbeda.
  2. Daftarkan IP masing-masing komputer pada file  /etc/hosts/hosts.allow dan /etc/hosts/hosts.equiv.
  3. Penambahan dan penghapusan host secara dinamis dapat dilakukan melalui konsole PVM. Bila IP tidak didefinisikan pada hostfile¸ cara ini dapat digunakan.

Program PVM terdiri dari master dan slave, dimana program master dieksekusi paling awal dan kemudian melahirkan proses lain. PVM memanggil rutin pvm_spawn() untuk melahirkan satu atau dua proses lebih yang sama. Fungsi-fungsi untuk PVM versi bahasa C mempunyai rutin awalan pvm. Pengiriman dan penerimaan task diidentifikasi dengan TID (Task Identifier). TID ini bersifat unik dan digenerate oleh pvmd lokal. PVM berisi beberapa rutine yang mengembalikan nilai TID sehingga aplikasi user dapat mengidentifikasi task lain disistem.


Pengiriman pesan antar komputer

Secara umum, langkah implementasi komputasi parallel sebagai berikut :

1. Jalankan PVM daemon pada setiap mesin dalam cluster
2. Jalankan program master pada master daemon
3. Master daemon akan menjalankan proses slave.

Untuk mengimplementasikannya, anda dapat memakai tools :

– PVM versi 3.4.5, virtual machine dan routine untuk komputasi parallel
– rsh (remote shell), aplikasi untuk authentikasi dan komunikasi proses antar komputer.
-Xpvm versi 1.2, , interface grafis untuk PVM dengan animasi eksekusi komputasi parallel yang dapat dilihat dilayar

berikut adalah hasil video capture (dilinux) kinerja komputasi paralel dengan PVM untuk menyelesaikan perkalian matriks :

[youtube bAusnHxFzXY]

Selamat mencoba 🙂

Elearning

Membuat Formula Matematika di Moodle

Beberapa langkah agar anda dapat menggunakan formula matematika dalam quiz ataupun content adalah sebagai berikut

1. Pastikan filter untuk Tex Notation dalam posisi show ( dilambangkan dengan ikon mata terbuka). Menu Filter terdapat dimenu Administration > Configuration > Filters

2. Gunakan perintah-perintah latex untuk membuat formula matematika. Dimoodle setiap perintah formula mempunyai format “$$<formula>$$“. Berikut adalah contoh formula yang dapat anda gunakan sebagai referensi. Catatan : ganti @@ pada gambar dibawah ini dengan $$ ketika akan menulis di halaman moodle.

Elearning

Import Quiz Moodle dengan Format Aiken

Jika Anda tidak mau ‘capek’ dalam membuat pertanyaan quiz di moodle, Anda dapat menggunakan cara lain yaitu dengan menulis pertanyaan berikut jawabannya dalam bentukfile teks. Selanjutnya import file tersebut ke moodle. Penulisan quiz dalam bentuk teks harus mengacu pada format-format yang telah didukung oleh moodle. Beberapa format yang didukung moodle antara lain :

Aiken format
Blackboard
Blackboard V6+
Course Test Manager format
Embedded Answers (Cloze)
Examview
GIFT format
Hot Potatoes format
Learnwise format
Missing word format
Moodle XML format
WebCT format

Kali ini saya akan membahas penggunaan format yang paling mudah yaitu Aiken. Aiken merupakan salah satu format quiz yang hanya mendukung pertanyaan multiple choice. Aturan penulisannya sebagai berikut :

Berapa skor final spanyol vs jerman pada kompetisi euro 2008?
A. 1-0
B. 2-0
C. 0-1
D. 0-2
E. 4-2
ANSWER: A

Siapa pencetak gol terbanyak pada kompetisi euro 2008?
A) Fernando Torres
B) Michael Ballack
C) Christian Ronaldo
D) David Villa
E) Lukas Podolski
F) Hakan Yakin
ANSWER: D

Anda dapat menggunakan format A. atau A) pada pilihan jawaban. Setiap selesai satu pertanyaan sisakan satu baris kosong untuk pertanyaan berikutnya. Berikut adalah langkah-langkah untuk import file pertanyaan quiz ke moodle:

1.Klik Import, kemudian pilih Aiken dari menu “File Format”. Selanjut upload file dari menu “Import from file upload..”, klik upload this file

 

2.Tampilan kedua

3.Tambahkan Quiz yang telah diimport sebelumnya

4. Preview pertanyaan quiz