hariyonowinarto@FKUI

Ginekologi Onkologi (Gynecologic Oncology)

RSS Feed

Alternatif aplikasi selain Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator original yang mahal…

Posted by Hariyono Winarto on 12th May and posted in Uncategorized

Apakah kita harus selalu memakai program bajakan?…. tentu tidak…sebaiknya kita membeli yang asli…lalu kalau mahal, apakah kita menjadi marah dengan keadaan dan menginstall yang bajakan…TENTU TIDAK…

Tapi tahukah bahwa adanya aplikasi-aplikasi berbasis OpenGL yang tentunya merupakan aplikasi gratis, ternyata tidak kalah dan dapat diandalkan. Aplikasi yang layak disejajarkan dengan Adobe Photoshop adalah GIMP, linknya:

http://www.gimp.org/

sedangkan untuk pengganti Adobe Illustrator atau yang bisa disejajarkan tetapi gratis karena merupakan aplikasi yang “open-source” adalah Inkspace, linknya:

http://inkscape.org/

Namun sayangnya sampai sekarang saya belum menemukan alternatif aplikasi gratis yang sejajar dengan Adobe Flash Pro.. bila ada yang mengetahui, bisa komentar di bawah tulisan ini.

Apa sih bedanya aplikasi canggih “Adobe Photoshop, InDesign dan Illustrator”?

Posted by Hariyono Winarto on 15th January and posted in Creative apps

Anda bingung mau memilih perangkat lunak pengolah grafis canggih dari “Adobe” yang tepat untuk pekerjaan anda? Adobe Creative Suite adalah kumpulan aplikasi  (meskipun mahal) … menakjubkan.  Paket kreatif ini terdiri dari lebih dari selusin perangkat lunak yang berbeda yang masing-masing memiliki fungsi yang unik, tujuan, kekuatan, dan bahkan kesalahan. Untuk web dan kebutuhan desain grafis, terdapat tiga perangkat lunak yang sangat relevan. Anda dapat menggunakan Photoshop, Illustrator, dan InDesign setiap hari, tetapi untuk alasan yang berbeda. Perlu untuk mengetahui perbedaan antara ketiga buah perangkat lunak Adobe? Ingin tahu apa yang akan digunakan masing-masing untuk? Baca terus!

Adobe Photoshop
Photoshop adalah aplikasi yang hebat, namun orang sering menggunakannya untuk pekerjaan yang kurang tepat. Photoshop adalah perangkat lunak berbasis raster, yang berarti bekerja pada tingkat berbasis piksel. Gambar yang dibangun menggunakan perangkat lunak berbasis raster dapat dengan mudah diubah. Photoshop sangat ideal untuk mengedit gambar atau foto, tetapi tidak ideal untuk gambar dengan teks, atau untuk merancang layout untuk web atau cetak.

Adobe Illustrator
Ilustrator adalah suatu perangkat lunak favorit dari semua produk untuk disain di luar sana. Anda dapat menghasilkan hampir semua jenis gambar atau file, jadi perangkat lunak ini dapat memproduksi semua grafis web, desain web, dan bahkan dokumen. Ilustrator adalah berbeda dari Photoshop dalam hal itu adalah perangkat lunak berbasis vektor, yang berarti bukan bekerja pada tingkat piksel, ia bekerja menggunakan baris. Anda dapat memperbesar dan keluar sebanyak yang Anda inginkan dari apa pun yang Anda buat di Illustrator, dan tidak akan kehilangan detail. Meskipun  output yang anda buat dapat dibuat menjadi  berbasis raster seperti jpg,  dan berakhir dengan beberapa pikselasi, tapi kalau di- “Resize” dalam Illustrator, anda tidak akan kehilangan detail yang jika  dikerjakan di Photoshop  gambar anda pasti akan distorsi. Jadi semua ini merupakan kelebihan Illustrator  dalam menghasilkan grafis web, dokumen, dan desain halaman penuh, tapi tidak begitu cocok untuk bekerja dengan foto.

Adobe InDesign
InDesign adalah yang paling umum digunakan untuk layout buku yang kompleks. Banyak penerbitan terkemuka menggunakannya untuk tata letak  buku terbitannya. Selain itu dapat juga digunakan untuk membuat presentasi dalam bentuk pdf. Banyak desainer lebih memilih PDF dibanding jenis dokumen lain seperti dokumen Word atau presentasi Powerpoint karena akan tampil lebih profesional.

InDesign adalah program berbasis vektor seperti Illustrator, dan memiliki banyak kemampuan yang sama, tetapi lebih fokus pada rancangan sekaligus beberapa halaman dan/atau halaman master. Hal ini memungkinkan Anda untuk membuat tampilan master untuk presentasi Anda atau buku (logo  di sudut kanan bawah, nomor halaman dll) selain itu perangkat ini juga dapat menyesuaikan setiap halaman.  InDesign tidak lebih dari Illustrator untuk disain secara detil, kecuali untuk membuat buku dan suatu presentasi. Untuk keleluasaan pekerjaan membuat ilustrasi secara individual  beberapa fungsi dari Illustrator tidak terdapat pada InDesign.

Mudah-mudahan apa yang diuraikan di atas dapat membuat sedikit pencerahan, minimal tidak terlalu salah dalam memilih perangkat lunak yang pas sesuai dengan tujuan pekerjaan anda.

Takut kurang bersih bila laparaskopi?

Posted by Hariyono Winarto on 1st November and posted in Minimal Invasive Surgery

Banyak sekali yang menanyakan, bahkan menganggap laparaskopi sebagai suatu prosedur yang tidak dapat digunakan untuk operasi kista endometriosis atau mioma uteri, dengan bersih, alias banyak bagian kista endometriosis atau mioma yg tertinggal.

Hal ini jelas merupakan anggapan yg salah, karena justru dari segi detil tidaknya operasi atau ketelitian operasi, laparaskopi lebih memuaskan dibandingkan dengan laparatomi. Ada beberapa hal yang membuat laparaskopi lebih baik dari operasi terbuka yang konvensional atau laparatomi, yaitu:

1. lebih detil karena melihat dengan pembesaran, milimeter by milimeter
2. lebih bersih karena setiap ada perdarahan kecil sekalipun yg tak terlihat dengan laparatomi, bisa terlihat besar justru di laparaskopi, well sehingga bisa diatasi lebih cepat
3. operator pada operasi menggunakan laparaskopi dengan kondisi bisa melihat detil, dengan pembesaran setidaknya akan lebih berhati-hati menjaga lapangan operasinya agar tidak kotor dengan perdarahan walaupun perdarahan sedikit pun
4. Manipulasi jaringan dapat diminimalisir sehingga reaksi inflamasinya pun juga kurang dibandingkan dengan operasi terbuka atau laparatomi, kurang inflamatif berarti kurangnya perlekatan yang ditimbulkan
5. Sekali lagi kurangnya inflamasi berarti juga mengurangi rasa nyeri
6. Kemudian juga kurangnya inflamasi mempercepat penyembuhan juga
7. Nyeri yang berkurang dan waktu penyembuhan yang lebih cepat membuat kurangnya waktu perawatan

Jadi dari uraian di atas, anggapan kalau laparaskopi kurang bersih, sebenarnya justru berkebalikan

Laparascopy as a very powerful Diagnostic Tool

Posted by Hariyono Winarto on 25th May and posted in Gynecological Oncology Surgical Therapy, Minimal Invasive Surgery, Uncategorized

In a case of difficult diagnosis especially if we are not really sure about some ascites, if there is no clear signs of malignancy, or liver dysfunction then the most powerful diagnostic tool is by seeing it directly into the cavum of abdomen and pelvis, explore it and take some biopsies if needed. In the case of tuberculosis we could also see it clear macroscopically. In this article I want to show the reader of my blog what is the peritoneal carcinomatosis looks like. But not now I still editing my videos and editing some pictures.

Laparascopy as one of the meticulous surgery

Posted by Hariyono Winarto on 22nd May and posted in Minimal Invasive Surgery

Actually laparascopy have many positive things compare to laparatomy. It really do such meticulous job, it’s free of handshaking, see everything with enlargement. We could do such a meticulosly dissection milimeter by milimeter. And one further very important benefit is certainly less blood or even bloodless surgery.

Kista Ovarium sering salah kaprah

Posted by Hariyono Winarto on 22nd May and posted in Gynecological Oncology non-Surgical Therapy

Dear Readers,

Saya pikir sering juga ditemui sejawat OBGIN yang menanyakan mengapa untuk kista ovarium saya juga meminta untuk diperiksakan LDH, Beta-hCG, atau pun AFP. Sebenarnya ini karena pasien tersebut berusia muda. Karena pada usia muda lebih sering kita temui jenis histopatologi yang non-epithelial. Jadi tidak selalu CA 125 saja yang diperiksa. Dan yang patut dilihat lagi adalah bagaimana temuan USG nya adakah bagian padat? atau padat sama sekali? Pada umumnya jenis non epitelial dapat berisi bagian padat atau padat sama sekali.

Dan pada usia muda, jangan lupa sejawat untuk selalu memeriksa USG transvaginal atau bahkan transrektal bila perlu.

Powered By Wordpress || Designed By @ridgey28