Aug
10

Berbagi Pengalaman Apply Visa Jerman

by dewi susiloningtyas, in: Uncategorized

Tulisan ini sebenarnya bermaksud untuk melengkapi tulisan dari teman teman yang  mempunyai pengalaman ketika melakukan apply visa Jerman. Seperti yang dilakukan banyak teman teman, sebelum melakukan permohonan visa pasti akan diawali dengan pencarian dan googling dengan kata kunci visa dan Jerman. Dari hasil googling  yang saya alami ternyata banyak sekali yang memberikan informasi tentang bagaimana procedur, langkah-langkah dan pengalaman dari yang lancar sampai yang gagal mendapatkan visa.  Dari pengalaman itu akhirnya saya berbagi dengan tulisan ini.

Yang pertama ingin saya sampaikan ternyata tidak sesulit  dan serumit yang banyak ditulis di web dan blog. Kata kuncinya adalah bahwa kita harus tahu visa apa yang akan kita ajukan, terkait dengan lama tinggal atau bepergian. Karena ternyata kita tidak boleh asal download form visa yang sudah tersedia di Web Kedubes. Pengalaman saya untuk ijin dengan waktu di atas 3 bulan, maka saya harus mengajukan visa dan mendownload form  “Application for a Residence Permit” dibuat rangkap 2. Adapun untuk permohonan visa kurang dari 3 bulan dapat mendownload  “Formulir Permohonan Visa Schengen”. Hal ini penting terutama untuk yang mengajukan visa sendiri tanpa jasa dari Biro Jasa, supaya tidak harus bolak balik ketika sudah sampai di Kedubes Jerman. Setelah itu baru lengkapi dengan syarat-syarat yang diperlukan, seperti pas photo dan surat serta dokument yang lainnya.

Saya ingin berbagi pengalaman khususnya untuk pengajuan Visa Ijin Tinggal di atas 3 bulan, khususnya untuk kepentingan studi. Surat kelengkapan yang diperlukan  (masing-masing dibuat 2 rangkap):

1. Form isian permohonan visa

2. Penginapan atau Tempat tinggal selama di sana yang sudah jelas kita tentukan, lengkapi dengan surat reservasi kita

3. Surat undangan atau LOA dari pihak Negara Jerman

4. Surat Guarantee letter (Penjamin Dana)

5. Pas Photo ukuran 4×6 (sesuai dengan ukuran formnya)

6. Kalau paspor biru lampirkan surat dari Kementrian Luar Negeri

7. Paspor Asli harus dibawa

8. Print out Surat Appointment (pernyataan kedatangan untuk pemasukan berkas dan wawancara)

9. Surat Ijin Atasan untuk mengikuti program selama di sana

10. Surat keterangan masih aktif studi (kasuistik- ini karena saya ikut Program Sandwich dan saya berstatus Mahasiswa Program Doktor di salah satu PTN di Indonesia)

11. Reservasi Tiket Sementara boleh dilampirkan (tapi pengalaman saya tidak membawa reservasi tiket sementara saya juga tidak apa-apa)

Setelah lengkap dengan terlebih dahulu melakukan perjanjian online dan mendaftar tgl pemasukan berkas dan wawancara, maka dapat kita serahkan di Kedubes Jerman. Kalau berkas sudah lengkap, maka kita langsung diminta melakukan sidik jari dan disuruh mencek data kita (jangan sampai salah nama dan data yg lain). Setelah itu paspor kita akan dikembalikan lagi dan kita diberi tanda terima untuk pengambilan Visa. Khusus untuk  Paspor Biru tidak membayar biaya administrasi, tetapi paspor hijau harus menyiapkan uang pas untuk pembayaran administrasi (bisa dicek berapa biayanya di web kedubes). Jika permohonan visa  kita diterima dan dikabulkan, maka akan dihubungi oleh pihak kedutaan, makanya kita dipersilakan menuliskan nomer telepon yg dapat dihubungi. Biasanya waktu antara 6 – 8 minggu.

Namun demikian pengalaman saya, sekitar 3 minggu saya sudah memperoleh visa ijin tinggal saya. Hal ini karena surat-surat yang kita sampaikan sudah lengkap dan tidak bermsalah. Karena khusus untuk visa ijin tinggal memang membutuhkan waktu yg agak lama, berbeda dengan visa biasa yg hanya memerlukan waktu sekitar 3 hari dari proses apply.

Demikian sharing pengalaman saya ketika melakukan permohonan visa di Kedubes Jerman. Semoga sukses ya.

Jan
31

MENGIKUTI SUMMER SCHOOL “ADVANCE REMOTE SENSING FOR COASTAL ZONE MONITORING AND DISASTER MANAGEMENT AT BURAPHA UNIVERSITY CHON BURI THAILAND, 2012

by dewi susiloningtyas, in: Uncategorized

Tahun 2012 ini , Puji tuhan diber kesempatan lagi untuk mengikuti kegiatan ISPRS (International Society for Photogrammetry and Remote Sensing) tgl 30 November – 4 Desember 2012. Kegiatan ini merupakan ajang tahunan yang diselenggarakan oleh ISPRS Student Consortium. Ajang tahunan kali ini diselenggarakan di Thailand, dengan didukung oleh GITSDA, Ministry of Science and Technology Thailand serta Burapha University.
Diikuti oleh 50 peserta dengan proporsi 20 peserta dari Thailand dan 30 adalah peserta dari luar Thailand, yaitu Indonesia,The Philipines, Canada, Taiwan, China, Republic Dominika,Vietnam, Jepang, Portugal, India, Irak dan Pakistan.

Ajang tahunan kali ini diselenggarakan di Thailand, dengan didukung oleh GITSDA, Ministry of Sharing ilmu dan pengalaman mewarnai kegiatan kami. kegiatan kelas yang menyenangkan, serta field trip dan sosial event yang tidak pernah akan terlupakan. selamat untuk penyelenggara. Indonesia berkesempatan untuk menjadi tuan rumah untuk kegiatan ini pada tahun 2013, yang akan dilaksanakan di Bali. Selamat datang peserta student consortium di Indonesia. Sukses untuk semua.

Field Trip

Field Trip

Oct
23

Novelty dalam Disertasi Doktor

by dewi susiloningtyas, in: Kegiatan Ilmiah

Akhirnya setelah 12 tahun yll sekolah, sekarang harus kembali lagi ke bangku sekolah untuk studi lanjut di SPL IPB. Tentu saja kesempatan yang sangat baik, apalagi pengajuan beasiswa BPPS juga sudah diterima. Meskipun 1 minggu kuliah penuh, karena antara mk yang memang mk nya S3 dan sit in di S2 jumlahnya sama he..he.. kebayang kan padetnya, apalagi kalau setiap Dosen ada tugas nya.

Menjalani dengan serius tapi santai tetap harus jadi sinergi, kuliah, sampai rumah baca buku, malemnya pasti googling terkait dengan hal yg mjd sinopsis saya. ternyata asyik tapi stamina harus kuat, vitamin setiap hari, apalagi cuaca yang selalu basah, karena hampir setiap hari hujan.

Presentasi sinopsis baru saja saya lakukan 3 hari yll, ternyata kebuka banget pikiran saya tentang novelty yang suka terdengar , tapi belum tahu terapannya. Novelty atau kebaharuan ilmu dalam disertasi mutlak ada, bisa dari sisi subjek dan objek, metodologi, dan tentu hasil penelitian, tapi bisa juga bersifat melengkapi yang sudah ada menjadi sebuah metodologi yang baru atau formula baru.

Saran saya untuk menemukan novelty, alangkah baiknya meneliti kajian yang unik dan khas, kemudian juga lokasi yang masih terbuka untuk banyak penelitian, keluar dari zona kenyamanan selama ini dalam meneliti, serta yang terpenting adalah merekam fenomena yang kita lihat di alam, yang  kita temui selama ini,jadi pengalaman di lapangan yang diperkuat dengan penelusuran literatur menjadi kunci sukses untuk menemukan novelty, jadi penggabungan rasionalitas dan empiris.

Begitu komisi akademik menyatakan sudah ada novelty dalam sinopsis yang ada, kemudian masukan untuk arah penelitian nantinya dan masukan yang sangat berarti, membuat perasaan saya mantap untuk melanjukan sinopsis dan menyusun proposal lengkap. Terimakasih Prof meno dan Dr. Luky yang banyak memberi masukan. Semoga ke depannya diberi kelancaran dan kemudahan oleh Sang Pencipta, amin.

Apr
15

dewi.susiloningtyas’s blog › Create New Post — WordPress

by dewi susiloningtyas, in: Uncategorized
Apr
15

Mengawal SIMAK UI di Tanjung Pinang

by dewi susiloningtyas, in: Pengabdian Masyarakat

Simak UI tahun 2010 digelar kembali tahun ini. Kegiatan yang positif dan mendekatkan UI dengan pasarnya. Memberikan kemudahan dalam pendaftaran maupun pelaksanaan bagi calon mahasiswa yang tertarik untuk masuk UI. Secara pribadi terlepas dari kelemahan  yang selalu mengikuti dalam suatu event besar, saya setuju dengan tujuan pelaksanaan SIMAK yang tersebar di hampir sebagian besar provinsi dan daerah kota di Indonesia plus 2 lokasi di LN.

Diawali dengan keberangkatan tanggal 9 april, tim Tanjung Pinang berangkat dari jakarta jam 18.00. Menurut panitia pusat ini adalah tim terakhir yang diterbangkan keluar jabodetabek. Mengapa harus berangkat sore bahkan menjelang malam ? karena ternyata penerbangan ke sana hanya ada satu kali yaitu jam 6 sore, kemudian penerbangan ke Jakarta jam 7 pagi. It’s ok jadi otomatis koordinasi harus dilakukan jam esok harinya, yaitu hari sabtu.

Setiba di lokasi hari itu juga kami mengawal naskah sampai ke BNI, meskipun total kami sampai di sana sudah malam sekitar jam 21.30. Tapi karena koordinasi dengan BNI sudah kami lakukan lewat telp dan juga sms, jadi mereka rela menunggu sampai larut. Menurut saya awal sebuah tanggung jawab yang baik.

Menginjakkan pertamakali ke SMA Negeri 1 Tanjungpinang, salah satu SMA unggulan di kota ini, ada terpampang spanduk  dengan tulisan Selamat Datang Peserta Seleksi Mahasiswa UI (SIMAK UI) tahun 2010. Kesan yang muncul langsung positif karena kesiapan mereka, ternyata memang benar dgn koordinasi yang beberapa hari ini dilakukan untuk teknis persiapan lokasi ternyata berbuah indah. Sosialisasi yang saya lakukan pun dihadiri oleh panitia lokal dengan lengkap sampai akhir.

Tgl 11 april sebagai hari pelaksanaan SIMAK dapat dilakukan dengan baik, lancar, dan on schedule. Diikuti oleh peserta S1 kategori IPA 35 peserta, IPC 18, IPS 11 peserta dapeserta S2 berjumlah 3 orang.  Terimakasih kepada Kepala Sekolah dan Bapak Wakil Kepsek, juga pengawas ujian dan juga tim panlok semua. Semoga kegiatan kita keberkahan buat semua.

Proficiat UI dengan SIMAK nya dan juga kode lokasi 27.

Oct
9

HARI INI KOMPAS: UI Capai Urutan 201 Rangking Perguruan Tinggi Dunia

by dewi susiloningtyas, in: Catatan Pribadi

5 besar di Asia, 201 dunia. Selamat. tidak perlu komentar yang berbunga bunga. Perlu bercermin ke dalam, apa yang perlu diperbaiki, dikembangkan dan dipertahankan untuk seluruh aspek yang menjadi bagian dari pengajaran, penelitian dan pengabdian UI.

Oct
8

PRESENTASI DALAM KELAS MPKT

by dewi susiloningtyas, in: Kegiatan Ilmiah

Tidak terasa kegiatan perkulihahan MPKT di beberapa kelas, dimana saya menjadi fasilitator sudah melewati 2 kali kegiatan presentasi, yaitu untuk topik CL 1 dan topik CL 2. Dari dua pengalaman ini, saya merasakan sesuatu yang sangat positif, karena mereka sangat kreatif dalam pembuatan power point sebagai alat peraga materi yang mereka gunakan. Jika dalam CL topik 1 mereka masih kurang bagus dalam pembuatan PPT yang dipakai sebagai alat peraga, sebaliknya di CL 2 tampilan PPT nya sudah sangat interaktif. Selain itu juga didukung oleh teknis pelaksanaan presentasi yang mereka bawakan sangat menarik. Meskipun dalam waktu yang relatif sangat pendek, karena mereka harus berbagi dengan anggota kelompok yang lain yang juga harus presentasi. Mulai dari cara berbicara, cara berdiri, cara menjawab pertanyaan dan aspek teknis yang lain.

Saya ingat, ketika saya menjadi fasilitator di Fakultas Ekonomi tahun 2006 atau 2007, ada satu kelompok di kelas saya yang membawakan materi presentasi dengan sangat menarik, kreatif dan bahkan menjadi surprise untuk seluruh kelompok lain  yang ada di kelas. Karena ternyata bentuk presentasi yang mereka bawakan adalah berupa pembuatan film yang mereka sesuaikan dengan pemicu yang dibahas, yaitu tentang pemanasan global. Mereka mengambil lokasi di sekitar lingkungan UI, di hutan UI, jembatan Texas, di pinggir danau UI, di jembatan penyeberangan. Dan hasilnya ternyata sangat menarik dan interaktif sekali.

Jadi kesimpulannya, bahwa meskipun mereka masih semester 1 baru menghadapi masa peralihan untuk belajar di perguruan tinggi, ternyata kemampuan dalam mengeksplor tugas kuliah luar biasa kreatif. Dari bentuk presentasi di kelas, dapat berkembang sedemikian rupa. Berkaitan dengan kegiatan perkuliahan MPKT yang lebih mengembangkan soft skill mahasiswa dengan belajar secara active learning, ternyata membuat mahasiswa menjadi kaya ide sehingga mereka akan merasa enjoy dalam belajar.  

Mar
10

Lokakarya Sehari di LT 9 Rektorat UI

by dewi susiloningtyas, in: Kegiatan Ilmiah

Sebenarnya lokakarya nya bertujuan untuk menyelesaikan kurikulum sesuai dengan format UI, sehingga dapat segera di SK kan. Lucu juga ya kurikulumnya sudah berjalan kurang lebih 4 tahun tapi baru mau di SK kan, tapi tidak ada kata terlambat untuk sebuah hasil yang baik. Setelah ini tim kurikulum harus kerja keras untuk menuju KBK nya Universitas sebagai pengganti kurikulum lama yang baru saja mau di SK kan. Yap…..jadi segera persiapan ya untuk tim Kurikulum Geo s1.

Feb
20

MERIAHNYA ULTAH DI FACEBOOK

by dewi susiloningtyas, in: Catatan Pribadi

Hari gini nggak punya facebook ? He..he.. itu mungkin ucapan yang banyak diucapkan sekarang ini.

Menembus dinding ke dinding, tanpa batas dan terbang ke mana-mana. Menemukan semangat, kecerahan, kenangan dan persahabatan, tanpa sekat……..

Makna dari kata-kata itu sudah hadir di tengah saya, ketika ultah kemarin. Ucapan dan doa yang bertaburan di facebook dari pagi buta sampai malam pekat pun dapat sampai dan terasa sangat beda. Ultah yang biasanya menjadi suatu hari special untuk kalangan terdekat kita sekarang menjadi lebih terbuka.Woooow, itu mungkin yang saya ucapkan di tgl 17 bulan dua tahun 2009. Percaya atau tidak itu membuat kita sadar bahwa sebenarnya di dunia ini kita adalah saudara dan keluarga yang saling mengasihi, tanpa dibedakan oleh pembatas apapun.

Terimakasih ya buat semua yang sudah mewarnai ultah kali ini, terutama doanya, bermakna sekali.

Buat yang mau tahu bagaimana perasaan saya, tunggu ya di ultah anda, ketika ucapan itu bertaburan di facebook anda. Pasti akan merasakan hal yang sama He..he..

Itu kata kata yang dapat diungkapkan untuk memaknai facebook yang lagi jadi trend. Tapi……. jangan menjadi kita lupa akan kinerja dan kreatifitas kita ya… yang selalu harus dijaga.

GBU, sukses untuk semua….

Jan
22

3,5 Tahun Belajar di GEOGRAFI UI

by dewi susiloningtyas, in: Pengabdian Masyarakat

Selamat buat yang baru lulus, untuk 21 mahasiswa Geo yang baru saja selesai dan dinyatakan lulus. Salut buat Casmito dan Alam yang lulus 3,5 tahun, meskipun kalian bikin repot he..he.. tapi semangat kalian luar biasa. Untuk yang lain yang mau ikutan mereka buat dapetin sarjana sains geo dengan waktu tempuh 3,5, pesennya di semester akhir harusnya bener-bener tinggal MK seminar dan Skripsi, atau ditambah 1 MK pilihan, jadi dosen tidak dikejar-kejar mengeluarkan nilai MK lebih awal dari yang lain. Soalnya syarat mendaftar sidang di Fakultas itu harus lulus semua mata kuliah. Adanya kemarin banyak keluar surat sakti untuk mendukung niat kalian.

Proficitat ya untuk lulusan PTA 2008/2009