8 Menu Makanan Untuk Penderita Sel Darah Putih

Sel darah putih merupakan sebuah komponen penting dalam sebuah sistem imun pada manusia. Jika sel darah putih terlalu rendah, maka akan lebih rentan terserang infeksi dan kekebalan tubuh melemah.

Maka dari itu jika kamu memiliki sel darah putih yang rendah, kamu harus segera meningkatkan sel darah putih pada tubuhmu agar kekebalan tubuhmu bertambah jan juga mengurangi kemungkinan terserang  penyakit.

Kamu bisa meningkatkan sel darah putih dengan cara mengkonsumsi makanan yang sehat untuk menambah sel darah putih. Mengonsumsi makanan yang sehat dapat kamu pakai sebagai peningkat sel darah putih pada tubuh kamu.

Dibawah ini ada beberapa menu makanan yang bisa kamu konsumsi agar sel darah putih pada tubuhmu naik. Dan berikut adalah penjelasannya yang sudah kami rangkum dari beberapa sumber salah satunya website Boundaryrd.com.

Menu Makanan Untuk Penderita Sel Darah Putih

Alangkah baiknya kamu mengkonsumsi makanan untuk menaikkan sel darah putih pada tubuhmu agar terhindar dari virus dan juga penyakit. Untuk macam-macam makanan yang dapat dikonsumsi, kami telah meranagkumnya dibawah ini

  • Daging Matang

Daging matang merupakan makanan untuk penambah sel darah putih yang cukup ampuh. Kamu bisa memastikan manfaat yang terkandung didalam daging tersebut dengan memasak daging hingga matang menyeluruh dan jika perlu maka gunakan thermometer makanan untuk mengecek apakah gading yang sudah dimasak sudah mencapai suhu yang tepat.

  • Tahu

Jika tubuhmu merasa dingin, ambillah tahu dan potong seperti dadi lalu rebus selama lima menit di air sebelum kamu mengolahnya menggunakan bahan makanan lainnya. Namun jika tahu yang kamu beli dalam kemasan antiseptik maka kamu tidak perlu merebusnya.

  • Olahan Kacang

Vitamin E juga bisa membuat kekebalan tubuhmu meningkat dan juga mengandung sifat antioksida. Hal ini yang membantu untuk merangsang produk sel pembunuh yang kemudian menghancurkan sel kanker dan juga kuman.  Vitamin E ini juga meningkatkan produksi sel-B yang berasal dari imunitas. Sel B juga bisa membantu untuk menghasilkan antibodi yang bertujuan untuk membunuh bakteri.

  • Teh Hijau

The hijau merupakan salah satu yang sudah digunakan sejak lama untuk menyembuhkan macam-macam penyakit. Teh hijau ini dapat membantu melawang infeksi pada tubuhmu dan meningkatkan fungsi pada kekebalan tubuh. Teh ini bisa kamu konsumsi untuk menambah jumlah sel darah putih  dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu. Dan juga asam amino L-theanine yang ikut membantu teh hijau untuk memproduksi senyawa melawan kuman di sel-T.

  • Papaya

Papaya juga makanan yang bisa kamu konsumsi untuk menambah sel darah putih pada tubuhmu. Pepaya ini bisa meningkatkan produksi sel darah putih ataupun limfosit pada tubuh sebab sarat dengan vitamin A. Limfomit juga bagus untuk menambah sistem kekebalan tubuh kamu dah juga bisa membantu melawan kangker.

  • Yogurt

Yogurt ini juga mengandung probiotik yang banyak dan bermanfaat untuk melawang bakteri jahat.  Bukan hanya melawan bakteri jahat, yogurt juga mampu untuk mengingkatkan sel darah putih dengan merangsang sistem kekebalan tubuh. Sebuah penelitian menjelaskan, bahwa sering mengkonsumsi minuman yang mengandung probiotik maka sel darah putih pada tubuh akan lebih tinggi, sebab tidak banyak bakteri jahat yang berada disaluran pencernaan. Yogurt juga memiliki kandungan vitamin D yang cukup banyak, yang bisa membantu untuk mengatur kekebalan tubuh dan juga meningkatkan pertahanan alami tubuh terhadap penyakit.

  • Bawang Putih

Bawang putih ini memiliki manfaat meningkatkan jumlah sel darah putih serta membantu meningkatkan aktivitas sel pembunuh alami. Bawang putih juga memiliki sulfur yang cukup banyak untuk membantu meningkatkan kekebalan pada tubuh dan juga jumlah sel darah putih. Sifat antimikroba dan juga kandungan vitamin C yang tinggi pada bawang putih untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh serta signifikan yang sangat efektif untuk melawan infeksi virus, bakteri, parasite, dan juga jamur.

  • Makanan Yang Mengandung Vitamin B6, B12 serta Asam Folat

Vitamin B6, B12 serta asam folat juga dapat membantu untuk menghasilkan sel darah putih pada tubuh. Ada berbagai makanan yang mengandung vitamin B6 seperti ayam, biji bunga matahari, kacang kering, alpukat, bayam, kalkun, dan juga pisang. Lalu makanan tinggi asam folat seperti bayam, brokoli, kacang polong, buah jeruk, okra, dan juga asparagus.

Kesimpulan

Jika kamu memiliki kekurangan sel darah putih, alahkah baiknya kamu mulai mengkonsumsi kamu mulai mengkonsumsi makanan untuk penambah sel darah putih agar kekebalan tubuhmu terjaga dan juga terhindar dari serangan virus. Sebab, jika kamu memiliki sel darah putih yang rendah maka kekebalan tubuhmu akan melemah dan juga rentan terkena penyakit. Sayangilah tubuhmu agar selalu mendapatkan kesehatan. Sekian informasi yang dapat kami sampaikan dan semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian.

Leave a Reply