Nov-29-09

Peluang Cyber Notary di Indonesia

posted by Brian Prastyo

Hari Sabtu, 28 November 2009 yang lalu, bertempat di Hotel Grand Aquila, Bandung, saya jadi peserta di acara diskusi tentang Peluang dan Tantangan Cyber Notary di Indonesia. Diskusi tersebut merupakan salah satu kegiatan rutin Staf Ahli Menkominfo bidang Hukum yang saat ini masih dijabat oleh Dr. Edmon Makarim. Ada 4 pembicara yang dihadirkan dalam diskusi tersebut, yaitu: Prof. Rosa Agustina (Pengajar Hukum Perdata FHUI), Prof. Agus Sardjono (Pengajar Hukum Dagang FHUI), Bapak Fardian (Ketua Bidang Teknologi Informasi Ikatan Notaris Indonesia), dan Bapak Sjaiful Hidajat (Kepala IT Service Strategy PT. Telkom). Diskusi tersebut dipandu oleh Bapak Gandjar L.B Bondan sebagai moderator. Berikut ini saya sampaikan ringkasan dari hal-hal yang telah dibahas dalam diskusi tersebut. Mudah2an bermanfaat untuk kita semua.

Read the rest of this entry »

Nov-26-09

Stranas 2009 & Djokosoetono Research Center

posted by Brian Prastyo

Hari ini adalah jadwal saya menyampaikan laporan akhir hibah strategis nasional 2009. Acara berlangsung di Lt. 1 Gedung DRPM UI di Depok. Total pembicara dalam panel saya ada 6 (orang). Semua kecuali saya berasal dari FIB. Reviewer kami Prof. Melani Budianta dari FIB juga.

Read the rest of this entry »

May-18-09

F-I-R-A-C

posted by Brian Prastyo

 pusing.jpeg

Saya bukan yang menciptakan akronim itu dan saya juga tidak tau siapa yang menciptakannya. Yang jelas, 5 huruf itu begitu membantu saya dalam membuat analisa kasus. Dan karena itu saya hendak menuliskannya disini. Kenapa? Karena ternyata mahasiswa fakultas hukum tingkat 3/semester 6 ke atas banyak yang kurang bisa membuat analisa kasus dengan baik. Indikasi yang sangat kuat mengenai hal ini, saya dapatkan pada hari Jumat, 8 Mei 2009 yang lalu saat saya memimpin diskusi dengan para mahasiswa di kelas hukum telematika. Dengan demikian, mudah2an melalui tulisan ini, setidak-tidaknya para mahasiswa hukum punya beginners guide untuk membuat analisa kasus yang baik. Apalagi sekarang musimnya ujian akhir. Ok enough for this opener, so what is FIRAC?

Read the rest of this entry »

May-4-09

Priority Watch List

posted by Brian Prastyo

tengkorak.jpeg

Pada hari buruh 1 Mei kemarin, diberitakan bahwa Indonesia kembali masuk ke Priority Watch List dalam laporan United States Trade Representative (USTR) Tahun 2009. Apakah kita harus sedih? Apakah kita harus malu? Apakah kita harus kecewa? Apakah kita harus marah? Atau apakah kita bisa mengabaikannya saja? Saya berpendapat, untuk saat ini sebaiknya kita MENGABAIKANNYA.

Read the rest of this entry »

Apr-30-09

Copyright, Copyleft, Creative Commons: Part 2

posted by Brian Prastyo

cc2.jpeg

Copyleft! Mendengar namanya saja, kita sudah mendapat kesan bahwa kata ini sangat “catchy” dan begitu mudah untuk diingat, sehingga seolah-olah kata “right” dalam kata Copyright berarti kanan dan lawannya adalah “left” yang berarti kiri. Padahal tidak demikianlah adanya, karena kata “right” disini berarti Hak. Kata Copyleft juga terkesan sebagai lawan dari kata Copyright; sehingga ketika banyak orang memahami Pembajakan sebagai lawan dari Hak Cipta, maka Copyleft seolah-olah sama artinya dengan Pembajakan. Padahal itu tidak benar.

Read the rest of this entry »