Dokter Ari's Blog (@dokterari)

Peduli Terhadap Kejadian Sekitar

RSS Feed

Apakah kita bisa hidup normal walaupun hanya dengan 1 ginjal ?

Posted by Dr.Ari on 31st January and posted in opini for public

Apakah kita bisa hidup normal walaupun hanya dengan 1 ginjal ?

 

Jawabannya bisa banget, masalah jual beli  ginjal kembali mencuat setelah terungkap adanya sindikat jual beli ginjal di Jawa Barat. Selain itu selalu saja  muncul  di medsos  orang ingin mendonorkan ginjalnya dengan kompensasi uang yang cukup besar atau ingin menjual ginjalnya karena alasan ekonomi.  Sepertinya kok simpel banget ya untuk bisa mendonorkan ginjalnya. Secara umum ternyata proses seseorang untuk mendonorkan ginjal itu tidak sesimpel yang kita dipikirkan. Perlu rangkaian pemeriksaan yang menyeluruh untuk seseorang dapat mendonorkan ginjalnya. Proses pemeriksaan harus dilakukan secara komprehensif bukan saja faktor fisik tapi juga faktor psikis. Selain melihat apakah seseorang yang akan mendonorkan ginjalnya tersebut benar-benar sehat khususnya kesehatan ginjalnya. Selain itu  apakah  ada kecocokan  darah antara  si pendonor dan si penerima ginjal baru. Harus diutamakan bahwa si donor harus siap baik psikis maupun fisik untuk dapat menerima bahwa si pendonor  hanya memiliki satu ginjal setelah dia mendonorkan ginjalnya.

Secara umum memang tidak akan bermasalah buat seseorang untuk hidup hanya dengan satu ginjal. Operasi untuk memindahkan ginjal pendonor untuk siap dipindahkan ke resipien juga dilakukan secara laparaskopi artinya hanya dengan sayatan kecil saja. Walau demikian  tetap setelah operasi selesai si pendonor  harus mempunyai  gaya hidup sehat terutama untuk kesehatan ginjal. Perlu diingat bahwa ada beberapa kondisi yang akan memperburuk kondisi ginjal seseorang yaitu penderita kencing manis dengan kadar gula darah yang tidak terkontrol, hipertensi dengan tekanan darah yang tidak terkontrol, kadar asam urat tinggi, konsumsi obat2an termasuk suplemen atau vitamin yang tidak sesuai petunjuk dokter, perlu diingat bahwa obat sakit kepala  dan obat rematik yang yang berlebihan tanpa petunjuk dokter bisa mengganggu fungsi ginjal. Upaya-upaya agar kita tidak mengalami penyakit kencing manis dan hipertensi harus dilakukan.Selalu memperhatikan jumlah kalori yang masuk khususnya karbohidrat. Asupan gula pasir yang merupakan karbohidrat sederhana harus dikendalikan. Untuk mencegah agar tidak terjadi hipertensi asupan garam setiap hari juga harus diperhatikan. Selain itu pengendalian stress,kontrol berat badan, tidak merokok dan tidak minum alkohol adalah upaya2 agar kita terhindar dari penyakit hipertensi. Olah raga yang teratur dan mengontrol berat badan adalah upaya penting agar terhindar dari penyakit kencing manis dan hipertensi.

 

Selain itu hal  kecil yang kadang kala kita abaikan adalah infeksi saluran kencing yang berulang akibat suka menahan kencing dan kurang minum juga dapat mengganggu fungsi ginjal.  Tentu upaya2 menjaga kesehatan ginjal tidak saja untuk orang dengan 1 ginjal tapi juga untuk orang yang masih mempunyai 2 buah ginjal.

Bagaimana manfaat utk pasien gagal ginjal yang sudah mendapatkan donor ginjal?

Jelas ginjal baru akan mengembalikan fungsi ginjal seorang penderita gagal ginjal. Mereka akan kembali hidup normal tanpa harus melakukan cuci darah rutin 2-3 kali dalam seminggu akibat sudah terjadi gagal ginjal. Buat si penerima ginjal yang saat ini sudah mendapat tambahan 1 ginjal sehat, harus tetap menjaga kesehatan secara umum dan secara khusus untuk kesehatan ginjalnya seperti yang saya sampaikan diatas tadi. Walau mereka harus minum obat2an khususnya obat2an yang akan mencegah terjadinya penolakan tubuh atas adanya ginjal baru.

Akhirnya untuk kita semua, kita harus selalu perhatikan apa yang masuk melalui mulut kita baik sesuatu dalam bentuk makanan, minuman atau obat2 an agar kita tetap dalam keadaan sehat khususnya untuk kesehatan ginjal kita.

 

Salam sehat,

Ari F Syam

Powered By Wordpress || Designed By @ridgey28