Dokter Ari's Blog (@dokterari)

Peduli Terhadap Kejadian Sekitar

RSS Feed

Tetap tenang Menghadapi Teror Bom

Posted by Dr.Ari on 16th January and posted in opini for public

Tetap tenang Menghadapi Teror Bom

Tulisan saya ini saya publikasi di Kompasiana 5 jam setelah kejadian, surprised tulisan ini menjadi pilihan dan headline dan sudah dibaca oleh lebih dari 1000 orang. Masyarakat memang harus segera ditenangkan karena kalau tidak peristiwa bom Thamrin ini akan menjadi pencetus stress tersendiri. Selamat membaca.

Suara seorang Dokter

Suara seorang dokter di Hari Bencana

Beberapa jam setelah bom di Jalan Thamrin, Jakarta aman, masyarakat sekitar kejadian tetap tenang,tidak ada aktifitas militer sekitar lokasi, percayakan kepada aparat polisi bahwa mereka sedang bekerja keras mencari pelaku pembuat teror.

Dunia wajib kaget atas pengeboman ini tetapi jangan lebailah tetap beraktifitas,jangan panik dan jangan paranoid. Kejadian ini hanya terjadi di satu tempat di Jakarta dan tidak terjadi di lokasi lain di Jakarta. Jadi mustinya kita tidak perlu takut dan cemas yang berlebih-lebihan. Semakin kita takut, terorist semakin senang dan akan mengulangi dan menebarkan terornya.

Ketahuilah semakin kita membantu menyebarkan ketakutan melalui medsos atau media lain atas kejadian tadi pagi, semakin banyak pasien yang berpenyakit kronis akan kambuh sakitnya karena rasa cemasnya meningkat akibat kejadian teror di Jl Thamrin pagi ini.

Pasien2 dengan penyakit akibat asam lambung akan kambuh sakitnya karena merasa bertambah cemas atas kejadian ini walau hanya mendapat informasi melalui media sosial, pasien asma akan kambuh asmanya karena stress, pasien hipertensi TDnya bisa naik, pasien dengan Diabetes gula darahnya menjadi tidak terkontrol karena rasa cemas dan takut karena teror tersebut, pasien yang memang sudah mempunyai sakit jantung akan mengalami serangan jantung akibat rasa takut yang berlebihan. Pasien dengan dengan irritable bowel syndrome (IBS), yaitu penyakit kronis berupa sakit perut dengan disertai gangguan buang air besar baik mencret maupun susah BAB berhubungan dengan stress atau kecemasan.

Orang yang cemas bisa juga mengalami sakit kepala, nafsu makannya menurun, tidurnya menjadi susah dan malas untuk beraktifitas. Berbagai gangguan sistim organ bisa terjadi akibat adanya faktor stress tersebut.

Oleh karena itu saya menghimbau kepada masyarakat semua, sebagai seorang dokter yang sebagian besar pasien2 saya akan kambuh karena cemas yang berlebih2an, untuk tidak menshare peristiwa bom Jakarta siang ini. Karena hal ini pada akhirnya hanya menyebarkan ketakutan.

Mari tetap beraktifitas mari tetap memacetkan jalan2 di Jakarta mari jalan2 ke mall kalau memang week end ini kita sudah berencana untuk makan malam dengan keluarga atau dengan sahabat2 tercinta.

Ayo tetap semangat, lawan teroris dengan cara tetap beraktifitas seolah2 tidak terjadi teror tadi siang di pusat kota Jakarta.

Salam sehat,

Dr.Ari Fahrial Syam

Powered By Wordpress || Designed By @ridgey28