Ketika Gubernur Ahok bicara dengan warganya…

In: Reportase

20 Sep 2015

Ketika Gubernur Ahok bicara dengan warganya…
Saya kebetulan hadir pada acara pembukaan Jakarta Diabetes Day di Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa), Pesakih, Daan Mogot, Cengkareng tanggal 17 September 2015. Acara sendiri dihadiri oleh petinggi perusahaan Merck pusat dan Indonesia dan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan pejabat DKI yang terkait. Kebetulan acara ini dipusatkan di Rusunawa Pesakih, menjelang kedatangannya ribuan masyarakat sudah menantikan kedatangan sang Gubernur.
Ahok memulai sambutannya dengan mengucapkan salam dengan fasih. Beliau menyampaikan kata-kata dengan baik dan jelas dan sekali-kali menyampaikan lelucon yang mengundang gelak tawa dari para hadirin. Penekanan beliau sendiri dalam sambutannya yaitu tentang berbagai hal dan fokus utama seputar masalah kesehatan sesuai dengan topik acara tersebut yaitu Diabetes Day
Pak Ahok menyampaikan tentang bahaya penyakit diabetes dan juga menyampaikan bagaimana mencegahnya. Beliau berpesan agar masyarakat mengurangi makanan yang mengandung karbo maksudnya karbohidrat khususnya nasi, banyak makan sayur dan musti rutin berolah raga. Beliau mencontohkan kakek dan neneknya yang masih hidup dan tidak tuli walau sudah berumur 93 tahun. Selain kasus kakek dan neneknya yang masih hidup di usia lanjut beliau juga menceritakan salah satu mantan wakil Gubernur DKI yang tetap sehat di usia lanjutnya walaupun sudah penderita Diabetes sejak umur 40 tahun, karena selalu menjaga kesehatannya agar terhindar dari komplikasi berat akibat penyakit Diabetesnya. Kita mengetahui bahwa jumlah penderita diabetes terus meningkat ditengah masyarakat dan diabetes menjadi penyebab utama terjadinya gagal ginjal. Saat ini diperkirakan hampir 9 juta orang Indonesia menderita diabetes dan setengah dari penderita diabetes tersebut tidak menyadari kalau dirinya menderita diabetes. Saat ini cuci darah menjadi salah satu layanan yang paling banyak menyedot dana BPJS.
Beliau juga meminta pengelola Rusunawa untuk menyiapkan lahan sekitar untuk ditanami sayur-sayuran. Kurangi konsumsi nasi bukan karena harga beras mahal tapi untuk sehat, imbuhnya. Menurut saya konsep promotif dan preventif pak Ahok cukup baik. Selain itu beliau juga menghimbau masyarakat untuk segera berobat ke dokter jika mempunyai masalah kesehatan. Bahkan program ketuk pintu dengan hati yang digagas oleh Dinas Kesehatan DKI Jakarta membuat tidak ada alasan buat masyarakat untuk menunda datang ke dokter. Konsep deteksi dini merupakan konsep yang harus diterapkan karena semakin dini penyakit ditemukan semakin cepat diobati sehingga tidak akan terjadi komplikasi lanjutan. Dalam praktek sebagai seorang spesialis penyakit dalam saya juga melihat bahwa proses skrining jarang dilakukan sehingga kadang kala kasus yang datang ke pusat pelayanan kesehatan sudah terlambat.

Selain itu Ahok juga mengingatkan masyarakat untuk tidak membeli obat sembarangan dan jangan menjadi dokter untuk diri sendiri. Beliau mencontohkan jika sedang sakit kepala jangan begitu saja beli obat ke warung, dicek dulu tensinya tinggi atau tidak kalau tinggi maka obat sakit kepala bisa menyebabkan tensi makin tinggi dan orang tersebut bisa mengalami serangan stroke. Hal ini memang menjadi kebiasaan buat masyarakat kita mengobati diri sendiri dan setelah parah baru berobat ke dokter. Ahok juga mengingatkan masyarakat untuk berhenti merokok bukan saja para kaum bapak tapi juga kaum ibu.
Pak Ahok juga meminta masyarakat selalu menjaga kebersihan dan meminta bersihnya lingkungan saat ini bukan semata-mata karena Gubernurnya mau datang saja tapi setiap hari harus selalu terjaga kebersihannya. Jelas kebersihan merupakan kunci untuk kita dapat hidup sehat.
Selain upaya2 yang dilakukan, beliau juga meminta masyarakat untuk selalu beribadah dan berdoa. Beliau juga menyampaikan sudah menyiapkan mesjid di Rusunawa ini dan bahkan dijanjikan akan dibangun mesjid raya di jalan Daan mogot dekat rusunawa tersebut. Ikhtiar dan berdoa memang kunci kesuksesan seseorang untuk hidup yang lebih baik.

Selain itu beliau juga meminta masyarakat untuk menggunakan
rusun tersebut dengan sebaik-baiknya. tidak boleh dikontrak atau disewa atau dijual karena rusunawa ini merupakan subsidi pemerintah. Jika hal ini terjadi maka haknya akan dicabut dan dibawa ke polisi. Saya yakin beliau tidak akan main-main dengan ancaman tersebut mengingat banyak bawahannya yang merasa ketegasan gaya kepemimpinannya yang tanpa toleransi melakukan mutasi dan melakukan pemecatan.
Selain konsep sehat, preventif dan promosi, Ahok juga mengingatkan bahwa tinggal di rusunawa tidak dijadikan untuk kehidupan turun temurun, karena harus ada peningkatan dikemudian hari, oke saat ini mereka tinggal di rusunawa tapi anak cucunya harus tinggal di apartemen.
Beliau juga berjanji akan meminjamkan modal untuk para pedagang yang dagangannya maju dan beliau juga meminta masyarakat untuk selalu melakukan transaksi melalui bank.

Beliau juga menyindir ibu2 untuk selalu memperhatikan diri dengan sebaik-baiknya, misal jika ada masalah gigi segera berobat ke dokter gigi, beliau juga menyampaikan akan mempersiapkan dokter gigi dan peralatan yang ada di rusun tersebut sehingga kalau ibu2nya cakep tidak ada alasan suaminya untuk minta kawin lagi, hal ini disambut gelak tawa oleh masyarakat khususnya para ibu-ibu.

Saya melihat sambutan beliau simpel, lengkap dan mudah dimengerti dengan menggunakan bahasa dan joke-joke yang berkembang di tengah masayarakat.

Saya rasa jika perbaikan2 terus dilakukan di DKI dan masyarakat selalu diperhatikan hidup dan kehidupanya begitu pula kesejahteraan pegawai yang melaksanakan tugas di lapangan selalu diperhatikan maka akan berat buat calon gubernur lain bersaing dengan Ahok pada pemilihan Gubernur DKI tahun 2017 yang akan datang. PR untuk parpol mempersiapkan kader yang hebat untuk dapat bersaing dengan Ahok pada Pilkada DKI tahun 2017.

Mari bersaing dengan sehat untuk masyarakat yang sehat dan sejahtera.

Salam sehat,
dr. Ari Fahrial Syam
Praktisi klinis bekerja di Jakarta

Comment Form

You must be logged in to post a comment.

Tentang Blog Ini

Blog staff Universitas Indonesia.

September 2015
M T W T F S S
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Recent Posts (All Blogs)

* Posts will open in new window


September 2015
M T W T F S S
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930