Dokter Ari's Blog (@dokterari)

Peduli Terhadap Kejadian Sekitar

RSS Feed

Kelelahan dan Salah Makan Penyebab Penyakit Pasca lebaran

Posted by Dr.Ari on 24th August and posted in Gastrointestinal Problem

Hati-Hati Penyakit Pasca Lebaran

(@DokterAri)

Hari ini merupakan hari pertama Puskesmas dan RS pemerintah membuka pelayanan poliklinik rawat jalan. Pasien yang datang selain kontrol rutin untuk medapatkan obat juga karena pasien mengalami sakit. Minggu–minggu pertama pasca lebaran ini  sebagaimana tahun-tahun sebelumnya maka puskesmas dan rumah sakit umum daerah akan diramaikan oleh para pemudik yang mengalami infeksi saluran nafas atas dan gangguan perut seperti sakit maag yang kambuh dan diare. Sedang gawat darurat rumah sakit-rumah sakit besar akan diramaikan oleh pasien sakit berat berupa stroke serta  penurunan kesadaran karena gula darah tinggi serta pasien-pasien usia lanjut yang mengalami gangguan pernafasan (antara lain pneumonia) dan gangguan jantung (gagal jantung). Ini terjadi karena faktor kelelahan dan konsumsi makanan  yang berlebihan. Kita akan mendengar kerabat yang mengalami stroke atau masuk RS karena kelelahan. Semua ini bisa kita sebut Penyakit Pasca lebaran
Penyakit pasca lebaran biasanya juga timbul karena kekambuhan penyakit kronik yang sudah diderita sebelumnya. Penyakit ini timbul karena kelupaan minum obat bisa karena kehabisan atau sibuk berlebaran atau kurang mengindahkan faktor yang akan membuat penyakitnya kambuh.  Khusus cuaca kemarau saat ini juga memperburuk kondisi masyarakat secara umum.

 

Selain itu saat ini pasar juga belum buka 100 % dan pembantu juga belum pulang mudik membuat makan keluar rumah  menjadi pilihan. Kita juga maklum bahwa makanan diluar rumah biasanya gurih, asin dan biasanya mengandung lemak tinggi. Alternatif lain “fast food” menjadi pilihan dan kembali lagi biasanya dengan tinggi kalori dan bisanya ditutup dengan minum bersoda yang kurang baik untuk perncernaan.

 

 

Mudik dan kembali dari Mudik  yang melelahkan

 

Penyakit yang biasanya terjadi segera setelah lebaran setelah seseorang pulang  mudik yang melelahkan adalah penyakit infeksi pernafasan atas dan diare. Sebagaimana kita ketahui untuk sampai di kampung halaman saat mudik lebaran seseorang harus melakukan
perjalanan yang melelahkan baik dengan kendaraan sendiri ataupun dengan
kendaraan umum baik bus atau kereta api begitu sebaliknya setelah liburan yang umumnya penuh dengan berbagai kegiatan mereka para pemudik harus berjuang kembali untuk pulang mudik dan permasalahan lebih kurang sama saat mudik.

Umumnya kendaraan umum baik kereta api ataupun bis maupun kapal laut/ ferry berisi penumpang yang banyak. Sehingga cenderung seseorang yang sedang dalam perjalanan mudik tersebut tidak dapatberistirahat. Kondisi ini  akan menyebabkan seseorang tersebut daya tahan tubuhnya menurun. Jika hal ini terjadi maka masyarakat yang baru pulang mudik   mudah sekali mengalami penyakit flu atau infeksi saluran nafas atas.

 

Kambuhnya penyakit kronik

 

Berbagai penyakit kronik umumnya cenderung akan mengalami kekambuhan setelah lebaran.
Sebagai mana diketahui budaya lebaran adalah budaya silahturahmi berkunjung
kerumah sanak keluarga dan kerabat. Selama berkunjung ini biasanya menkomsumsi
berbagai makanan dan minuman. Makanan dan minuman yang disediakan ini  biasanya akan lebih banyak dan bervariasi. Umumnya makanan dan minuman tersebut tinggi lemak, manis dan asin. Berbagai minuman kaleng yang bersoda juga disediakan selama lebaran. Tentunya
makanan-minuman ini jika dikonsumsi oleh seseorang  yang sudah mempunyai penyakit kronik, sehingga hal ini akan menyebabkan penyakitnya mengalami kekambuhan. Pasien dengan penyakit kencing manis akan cenderung gula darahnya menjadi tidak terkontrol.
Pasien dengan penyakit darah tinggi tekanan darahnya menjadi tidak terkontrol.
Pasien dengan hiperkolesterol atau asam urat tinggi maka keadaan kolesterol dan
asam urat tingginya menjadi bertambah parah. Kalau pasien yang sudah obesitas
dan jika saat berpuasa sudah mengalami penurunan berat badan sehabis lebaran
cenderung berat badannya kembali seperti sebelum puasa dan jika makannya tidak
terkontrol selama lebaran bahkan berat badannya akan bertambah melonjak. Oleh
karena itu pada minggu pertama-pertama setelah lebaran pasien-pasien yang
datang ke unit gawat darurat  RS karena diare serta berbagai penyakit kronis yang mengalami kekambuhan hipertensi yang tidak terkontrol bahkan sampai stroke atau serangan jantung serta  gula darah yang tidak terkontrol.
Antisipasi dengan berbagai penyakit pasca   lebaran merupakan hal yang
penting. Kita harus selalu ingat bahwa rangkaian lebaran dengan berbagai
aktifitas akan membawa dampak yang kurang baik bagi kesehatan. Begitu juga proses mudik dan balik dari mudik merupakan rangkaian perjalanan yang melelahkan  Sehingga
tentunya masyarakat harus waspada dan tetap melakukan upaya pencegahan terhadap
penyakit paeca  lebaran. Istirahat cukup dan kasih waktu untuk beristirahat 1 hari sebelum melaksanakan kerja rutin.. Tetap memperhatikan untuk  membatasi makan yang terlalu asin atau terlalu manis.  Banyak minum apalagi dengan kondisi kemarau saat ini, kurangi minuman yang dingin dan goreng-gorengan yang akan mengiritasi saluran pernafasan kita. Sehingga pada saat harus beraktifitas kembali pasca lebaran tetap berada dalam keadaan sehat wal afiat.

 

Selamat kembali bekerja  dan tetap sehat.

Dr. H.Ari Fahrial Syam

-Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM

-Ketua Bidang Advokasi PB.PAPDI,

Email ari_syam@hotmail.com

 

Powered By Wordpress || Designed By @ridgey28