Hari Ginjal se Dunia – 8 Maret 2012 Sayangi Ginjal Anda

In: opini for public

7 Mar 2012

Hari  Ginjal se Dunia – 8 Maret 2012
Sayangi Ginjal Anda

Besok tanggal 8 Maret  2012 diperingati sebagai Hari Ginjal se Dunia. Ginjal merupakan organ penting yang ada didalam tubuh kita berjumlah 2 buah dengan fungsi utama sebagai  penyaring atau pencuci darah atau melaksankan fungsi ekskresi (pembuang zat-zat yang tidak berguna). Ginjal menjaga keseimbangan air serta keasaman darah dan juga elektrolit. Dalam keadaan normal jika kelebihan cairan akan diproduksi lebih banyak urin sebaliknya jika kekurangan cairan produksi urin menjadi turun.  Selain itu ginjal juga menghasilkan berbagai hormon antara lain  erithropoitin yang berperan untuk pembentukan sel darah merah. Mengingat peran yang sangat penting dalam kehidupan manusia kita harus selalu menjaga ginjal kita  dalam keadaan sehat.
Pada kesempatan ini saya akan berbagi mengenai kondisi  yang dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Secara umum kerusakan yang terjadi pada ginjal merupakan dampak dari penyakit lain antara lain Penyakit kencing manis (DM), hipertensi, penyakit asam urat tinggi, penyakit outoimun seperti Penyakit lupus.  Sedang penyakit yang terjadi pada ginjal sendiri yang bisa berlanjut menjadi kronis adalah Infeksi saluran kencing, batu ginjal atau polikistik ginjal serta sumbatan pada saluran ginjal.
Komplikasi kencing manis  yang memang harus dicegah adalah kebocoran ginjal dan selanjutnya menjadi gagal ginjal kronis. Saat ini DM mendominasi penyebab gagal ginjal kronis yang menjalani cuci darah (hemodialisa). Penyakit hipertensi dimana Tekanan Darah tidak terkontrol makin lama juga akan merusak ginjal mulai dari kebocoran ginjal sampai gagal ginjal kronis sehingga pasien tersebut haru menjalani cuci darah. Peningkatan kadar asam urat yang berkepanjangan akan menyebabkan terbentuknya batu ginjal dan jika berlanjut agar terjadi infeksi berulang pada ginjal dan akhirnya bisa juga menyebabkan gagal ginjal kronis. Penyakit outoimun seperti SLE juga akan menyebabkan komplikasi ginjal. Selain itu hal lain yang bisa menyebabkan gangguan fungsi  ginjal  adalah obat2an yang bisa merusak ginjal, penggunaan obat penghilang rasa sakit yang berkepanjangan dan tanpa konsultasi dokter juga bisa menyebabkan kerusakan ginjal.
Apakah penyakit gagal ginjal bisa dicegah?
Jawabannya pasti bisa, pasien dengan DM, gula darahnya harus selalu terkontrol, pasien dengan hipertensi TDnya juga harus selalu terkontrol. Pasien dengan asam urat tinggi, asam uratnya harus diturunkan sampai normal. Pada pasien yang sudah diketahui menderita penyakit outoimun seperti Lupus, penyakit lupus harus remisi (sembuh). Saat ini ditengah masyarakat banyak berbagai alternatif pengobatan selain pengobatan modern yang mengklaim bisa menyembuhkan penyakit kencing manis atau hipertensi sehingga menjadi sembuh total. Jelas klaim ini tidak benar karena penyakit kencing manis dan hipertensi hanya dapat dikatakan terkontrol baik dengan obat atau tanpa obat bukan sembuh total. Oleh karena itu apapun pengobatan yang diberikan Kadar Gula darah atau tekanan darah harus selalu dicek rutin. Karena jika hal ini tidak diperhatikan akan menyebabkan terjadinya komplikasi gagal ginjal kronis sehingga perlu cuci darah atau bahkan cangkok (transplantasi) ginjal.

Bagaimana kita mendeteksi adanya gangguan ginjal?
Pada awal perjalanan gangguan ginjal bisa saja tanpa gejala. Pemeriksaan urine lengkap dan fungsi ginjal (ureum dan kreatinin) dapat mendeteksi adanya kelainan pada ginjal. Untuk mengevaluasi adanya kelainan pada struktur ginjal USG abdomen dapat dilakukan. Melalui pemeriksaan  USG dapat dideteksi adanya batu ginjal atau adanya batu pada kandung kencing,atau  pembengkakan ginjal karena adanya sumbatan pada saluran ginjal atau ureter.
Akhirnya beberapa tips penting agar kita terhindar dari gangguan ginjal adalah:
1.    Pemeriksaan urin lengkap dan ureum kreatinin pada pasien dengan penyakit kronis seperti kencing manis hipertensi dan asam urat tinggi serta penyakit aoutoimun seperti penyakit lupus eritematosus.
2.    Tidak mengkonsumsi obat2an secara rutin tanpa petunjuk dokter.
3.    Minum yang cukup 8-10 gelas perhari dalam kondisi normal.
4.    Tidak menahan buang air kecil dalam waktu lama.
5.    Jangan menghiraukan berbagai gangguan yang kemungkinan berhubungan dengan gangguan ginjal dengan segera berobat kedokter
6.    Kenali gangguan kesehatan yang berhubungan dengan ginjal misal buang air kecil sakit, buang air kecil sering, buang air kecil tidak lampias, BAK merah atau seperti cucian daging atau  pinggang sakit.

Mudah-mudahan informasi ini membuat kita selalu menyayangi ginjal agar terhindar dari penyakit ginjal kronis.
Salam sehat,
Dr.dr. Ari F Syam SpPD-KGEH,MMB
Fellow of American College of Physician
Praktisi Klinis

Comment Form

You must be logged in to post a comment.

Tentang Blog Ini

Blog staff Universitas Indonesia.

March 2012
M T W T F S S
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  
March 2012
M T W T F S S
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031