Pelayanan Rawat Jalan Rutin Rumah Sakit memang pantas untuk tidak libur

In: opini for public

15 May 2011

Pelayanan Rawat Jalan Rutin  Rumah Sakit memang pantas untuk tidak libur.

Ari F Syam


Keputusan Direksi RSCM: Dengan mempertimbangkan kenyataan bahwa tidak semua anggota masyarakat memperhatikan pengumuman yang dikeluarkan pk 17.00 di hari Jumat petang; mempertimbangkan orang sakit yang membutuhkan bantuan; mempertimbangkan penjadwalan pelayanan yang telah ditetapkan dan tidak mungkin dibatalkan secara mendadak, maka RSCM akan tetap dibuka seperti biasa pada hari Senin 16 Mei 2011.

Secara umum pelayanan rumah sakit terdiri dari pelayanan kegawatdaruratan dan pelayanan rutin harian. Jika hari  libur tentu pelayanan rutin yang ada ditiadakan, pelayanan hanya pelayanan rawat inap dan pelayanan kegawatdaruratan yang memang diperuntukkan untuk pasien dengan gangguan kesehatan atau sakit yang tiba-tiba atau mendadak.  Dokter yang bertugas di rumah sakit juga  hanya dokter jaga, termasuk petugas lain dirumah sakit merupakan petugas jaga. Pelayanan rutin harian dirumah sakit merupakan pelayanan yang sudah terjadwal, pasien-pasien sudah terjadwal untuk kontrol kembali baik untuk  pelayanan kesehatan, pemeriksaan laboratorium dan pemeriksaan penunjang lain. Pasien dengan penyakit kronis juga sudah terjadwal untuk diperiksa dan mendapat obat-obatan rutin setiap bulannya. Pasien yang kontrol selain pasien kontrol rutin tiap bulan bisa saja merupakan pasien yang akan kontrol untuk membawa hasil laboratorium atau pasien kontrol untuk evaluasi pengobatan.  Selain itu pada pelayanan rutin rumah sakit juga ada pelayanan tindakan one day care, untuk tindakan operasi kecil dan lain-lain. Dalam pelayanan rutin juga ada pelayanan pemeriksaan penunjang missal pemeriksaan di bidang radiologi (foto rontgen,USG, CT Scan bahkan MRI), dibidang penyakit dalam ada pemeriksaan endoskopi saluran cerna, dibidang kebidanan ada pemeriksaan USG rahim dll. Bagi  RS pemerintah apalagi RSCM  sebagai pusat rujukan nasional  biasanya pasien yang akan dilakukan tindakan  sudah terjadwal untuk waktu tunggu yang lama. Selain itu pasien yang datang juga bukan saja dari daerah Jabotabek tapi juga luar kota. Oleh karena itu saya sangat setuju kalau RS pemerintah tidak meliburkan diri dan tidak  mengikuti keputusan 3 SKB yang kurang memperhatikan kepentingan masyarakat secara umum tersebut.

Dijalur pendidikan sendiri khususnya pendidikan kedokteran dimana saat ini penerapan kurikulum berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Didalam sistem KBK ini   proses pendidikan dijalankan dalam bentuk modul-modul  dengan jadwal   yang padat dan terbatas yang meliputi kuliah, diskusi kelompok,diskusi pleno,praktikum,kerja lapangan dan lain-lain dan ini sudah dipersiapkan dan disusun di awal tahun ajaran baru. Jelas pengumuman mendadak ini mengacaukan jadwal yang telah ada. Oleh karena itu memang sebaiknya  RS pemerintah dan FK-FK negeri dengan kurikulum berbasis kompentensi tidak ikut meliburkan diri dan tetap melaksanakan aktifitas seperti hari-hari kerja lainnya demi kepentingan masyarakat luas.

Mudah-mudahan ini merupakan keputusan mendadak terakhir dari pemerintahan ini yang memang tampaknya telah dibuat  SKnya tanpa berpikir panjang dan tanpa koordinasi.

Harapan ini tentu ingin melihat bangsa ini lebih maju lagi, pemerintah diharapkan  konsisten dengan keputusan-keputusanya  untuk menjadikan bangsa ini lebih maju dimasa datang.

Salam,

Ari Fahrial Syam

 

1 Response to Pelayanan Rawat Jalan Rutin Rumah Sakit memang pantas untuk tidak libur

Avatar

Dr.Ari

May 16th, 2011 at 5:38 am

Pernyataan ini juga disitir oleh Jawa Post http://www.jpnn.com/read/2011/05/15/92021/jpnn_network.php

Comment Form

You must be logged in to post a comment.

Tentang Blog Ini

Blog staff Universitas Indonesia.

May 2011
M T W T F S S
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
May 2011
M T W T F S S
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031