Chaiyya-Chaiyya, Briptu Norman kelelahan sampai dirawat di Rumah Sakit

In: opini for public

22 Apr 2011

Chaiyya-Chaiyya, Briptu Norman kelelahan sampai dirawat di Rumah Sakit

Dr.H. Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH,MMB.

Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM

Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI)

 

 

 

Euforia atas kehadiran Briptu Norman telah melupakan kita semua terutama masyarakat kebanyakan, atas beban hidup sehari-hari yang cukup berat. Briptu Norman merupakan contoh perjalanan hidup seorang manusia bahwa nasib seseorang bisa berubah secara tiba-tiba dengan sekejap. Dari hanya seorang Polisi dengan pangkat Briptu dalam sekejap telah menjadi selebritis papan atas  sehingga media massa terutama media elektronik tidak ingin ketinggalan untuk menghadirkan selebriti dadakan ini di medianya. Disisi lain Briptu Norman tetap adalah seorang manusia yang butuh makan, minum dan istirahat.

Dua minggu selama di Jakarta dengan makan dan minum yang tidak teratur dan serta istirahat yang kurang telah membuat fisik beliau ambruk. Selain itu sebagai seorang polisi olah raga secara teratur pasti dijalaninya sehari-hari. Dimana hal ini tidak mungkin dilakukan karena jadwal yang padat selama beliau berada di Jakarta.

Puncak penurunan kesehatan  adalah saat beliau pulang kampung ke Gorantalo, fisik yang sudah kelelahan ditutup dengan penyambutan yang luar biasa saat beliau pulang kampung, telah membuat fisik Briptu Norman ambruk. Sehingga beliau perlu mendapatkan perawatan RS dan perlu mendapat infus. Secara psikis perubahan yang seratus delapan puluh derajat ini jelas menjadikan stress tersendiri buat Briptu Norman. Apalagi diberitakan bahwa menu makanan yang ditemui sehari-hari di Jakarta diberitakan tidak cocok dengan lidahnya sehingga nafsu makannya berkurang dan berat badannya menjadi turun. Hal ini membuat kondisinya dari hari kehari semakin menurun.

Apa yang dialami Briptu Norman menunjukkan kepada kita bahwa kita tetap perlu makan, minum dan istirahat yang cukup.

 

Dampak buruk kelelahan

Tubuh kita  ini ada batasnya, diibaratkan sebagai mesin mobil, tubuh manusiapun perlu istirahat. Jika terus dipaksa untuk beraktifitas maka tubuh kita akan mengalami kelelahan. Dampak kelelahan ini adalah gangguan kesehatan secara umum, kambuhnya berbagai penyakit kronis dan menurunnya daya tahan tubuh seseoarang. Kelelahan serta stress yang tinggi juga akan sangat mengganggu proses metabolisme dan hormonal didalam tubuh kita.

Kelelahan terjadi karena dipaksanya fisik dan mental kita untuk bekerja secara terus menerus tanpa istirahat yang cukup. Selain itu kondisi lingkungan yang selalu menuntut beliau tersenyum dan meladeni permintaan penggemarnya untuk berfoto dan minta tanda tangan  akan memperburuk kondisi kelelahan yang terjadi.

Dampak kelelahan ini dapat berakibat serius bagi kesehatan seseorang apalagi tanpa disertai asupan makan yang cukup.     Kelelahan berhubungan dengan berbagai gangguan kesehatan seperti gangguan sistim pencernaan, gangguan sistim jantung dan pembuluh darah termasuk pembuluh darah otak serta penurunan daya tahan tubuh. Ini terjadi pada briptu Norman dia mengalami diare sehingga kondisinya bertambah menurun.

Gangguan pencernaan merupakan hal utama yang terjadi jika seseorang mengalami kelelahan. Keluhan pencernaan yang timbul antara lain nafsu makan berkurang dimana hal ini akan memperparah kondisi fisik yang sedang mengalami kelelahan tersebut. Seseorang yang mengalami kelelahan juga akan mengalami mual bahkan muntah serta nyeri di uluhati.

Mereka yang  mengalami  kelelahan juga sebenarnya sudah tidak berkonsentrasi dan bekerja dengan baik selain itu emosinya  juga menjadi tinggi. Disisi lain sebagai seorang enterteiner dadakan, jelas Briptu Norman diharapkan selalu tampil prima untuk memuaskan para penggemarnya.

Berbagai penyakit kronis dapat menjadi kambuh jika seseorang mengalami kelelahan, mudah-mudahan tidak ada permasalahan kesehatan kronis pada diri Briptu Norman sebelumnya.

Kelelahan fisik dan psikis juga akan memperburuk daya tahan tubuh seseorang yang mengalami kelelahan tersebut mereka akan mudah terkena infeksi virus seperti virus flu, mudah terjadi infeksi usus berupa diare mereka juga rentan terkena infeksi virus Hepatitis, Deman Thypoid dan virus demam berdarah.

Perjalanan waktu telah membuktikan banyak artis yang meninggal dalam usia yang relatif muda karena memang mengalami sakit yang umumnya dicetuskan  akibat istirahat dan makan yang tidak teratur.

Apabila sudah ditemukan adanya gangguan kesehatan seperti mual muntah dan sakit kepala serta nyeri dada adalah peringatan agar kita berhenti beraktifitas untuk mengobati gangguan kesehatan yang terjadi dan segera beristirahat.

Kita berharap Briptu Norman tetap sehat dan tetap dapat menghibur masyarakat. Fenomena Briptu Norman telah membuktikan bahwa nasib manusia siapa yang  tahu. Kehidupan manusia bisa berubah sewaktu-waktu.

Kelelahan  yang tejadi pada Briptu Norman mengingatkan kita kembali penting untuk memperhatikan makan dan minum serta istirahat yang cukup. Kita harus selalu  ingat untuk  tetap mempertahankan jumlah tidur minimal 6 jam sehari, dimana ada kesempatan untuk beristirahat maka dianjurkan untuk beristirahat. Tetap memperhatikan waktu makan minimal tiap 6 jam, sebaiknya disela waktu makan  ada makanan yang diskonsumsi terutama makanan yang sehat tidak mengandung coklat, keju, berlemak dan mengurangi goreng-gorengan. Minum air putih harus tetap dipertahankan sebanyak minimal 2 liter per hari. Lebih banyak menkonsumsi buah dan sayur-sayuran. Diwaktu antara makan baik juga untuk selalu menkonsumsi buah. Mengurangi menghisap rokok, minuman bersoda, minum kopi jangan berlebih-lebihan maksimal 2 gelas sehari-hari. Suplemen sebaiknya juga jangan berlebihan dikonsumsi dan sebaiknya juga dihindari minuman yang berkafein atau mengantung ginseng. Karena sebenarnya yang dibutuhkan tubuh saat itu adalah istirahat. Selain itu olah raga yang teratur juga harus dilakukan secara rutin.

Dengan memperhatikan hal-hal ini dan mengantisipasi kemungkinan kelelahan yang terjadi serta dampak dari kelelahan tersebut. Mudah-mudahan mereka yang sedang dalam puncak ketenaran termasuk yang saat ini dialami Briptu Norman selalu dalam keadaan sehat.

Salam,

 

Ari Fahrial Syam


 

Comment Form

You must be logged in to post a comment.

Tentang Blog Ini

Blog staff Universitas Indonesia.

April 2011
M T W T F S S
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  
April 2011
M T W T F S S
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930