Tips trik Mensiasati Cuaca Tak Menentu

In: opini for public

23 Jan 2011

Tips trik Mensiasati Cuaca Tak Menentu

Ari Fahrial Syam- Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM

Minggu-minggu ini terjadi  peningkatan kasus infeksi saluran pernafasan atas baik  flu,sakit tenggorokan atau hanya pilek saja. Dirumah saya saja beberapa anggota keluarga menderita gangguan kesehatan. Saya sendiri yang harus berada diluar rumah sepanjang hari melakukan berbagai aktifitas termasuk memberikan pelayanan pada pasien harus tetap dalam keadaan fit tentunya.
Kalau kita lihat  kondisi yang tidak sehat saat ini :cuaca yang tidak menentu tetapi beberapa hari belakangan ini terjadi hujan  terus menerus.Suhu udara menjadi turun dan mungkin kita tidak perlu menghidupkan AC dimalam hari atau AC disetting dengan suhu 25 C. Suhu politik yang tidak stabil,media diisi oleh orang saling menyalahkan  satu sama  lain. Pimpinan Agama/tokoh masyarakat dengan pemerintah,kasus Gayus yang bertambah rumit yang terus menciptakan kontroversi belum lagi berbagai permasalahan politik,hukum,ekonomi yang membuat suasana hati masyarakat menjadi tidak nyaman dan ujung-ujungnya rasa kesal dan kekecawaan masyarakat yang pada akhirnya juga dapat mempengaruhi kesehatan masyarakat.
Oleh karena itu tentu kita harus bisa mensiasati kondisi ini agar tetap sehat.

Beberapa tips yang mungkin bisa kita terapkan agar kita tetap sehat:

  1. Hindari kontak langsung dengan udara dingin kalau perlu gunakan jaket saat diruangan AC atau saat merasakan udara dingin baik didalam maupun diluar ruangan.
  2. Tidur yang cukup minimal 6 jam perhari kumulatif,saya tidur 5 jam dimalam hari dan mencuri2 waktu tidur ditengah hari selama 1 jam.
  3. 5 servings buah dan sayur2an, minta jatah kue baik di kantor dan ruang rapat dengan buah. Pastikan dimobil dan kendaraan ada stok buah. Usahakan kita menkonsumsi salad atau gado2 untuk mengganti jatah makan kita baik pagi, siang atau malam.
  4. Olah raga teratur,kebetulan ditempat saya bekerja memungkinkan saya berjalan minimal 30 menit sehari,komitmen bergerak ini harus diusahakan setiap hari.
  5. Kurangi makanan  yang berlemak,coklat,keju dan red meat.
  6. Minum yang cukup,cuaca dingin membuat kita tidak haus dan mengurangi minum.Pertahankan agar kita tetap minum 8-10 gelas perhari.
  7. Hindari makan dan minuman yang manis,dingin dan goreng2an yang akan mengiritasi tenggorokan kita dan dapat mencetuskan radang.
  8. Konsumsi multivitamin  jika kita merasa hari ini makan dan minuman kurang mengandung vitamin atau antioksidan.
  9. Berpikir positif untuk berbagai hal, menanggapi pemberitaan yang ada jika anda tidak suka lebih baik dihindari, lebih baik baca berita olah raga saja. Jangan sampai pemberitaan dimedia menganggu suasana hati kita.

Kita tetap harus beraktifitas dan tentu harus harus bekerja untuk kehidupan kita oleh karena itu kita harus tetap sehat.
Sedia payung sebelum hujan.
Mencegah lebih baik dari Mengobati.

Salam sehat,
Ari F Syam
Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM.

Comment Form

You must be logged in to post a comment.

Tentang Blog Ini

Blog staff Universitas Indonesia.

January 2011
M T W T F S S
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  
January 2011
M T W T F S S
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31