Kekecewaan dapat mencetuskan gangguan jiwa

In: opini for public

3 Sep 2010

Kekecewaan dapat mencetuskan gangguan jiwa

Ari Fahrial Syam

Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/RSCM

Hari yang yang ditunggu itu tiba dimana akhirnya Presiden bicara langsung kepada  rakyatnya tanpa  teks menanggapi krisis hubungan Malaysia dan Indonesia yang semakin buruk. Tapi apa yang disampaikan  Pak SBY dari Markas Besar TNI sungguh-sungguh mengecewakan  sebagian dari kita yang mendengar secara langsung keterangan Presiden tersebut. Ini terungkap dari hasil suara pemirsa salah satu TV nasional setelah keterangan Presiden disampaikan. Kekecewaan  ini dengan cepat kita bisa deteksi dari perbincangan dari Black Berry Mesenger (BBM), mailing list dan facebook serta laman-laman sosial lain. Selain itu pemberitaan Media Massa 1 hari setelah pernyataan presiden mengungkap kekecewaan tersebut. Secara psikologis apa  yang disampaikan oleh Pak SBY menjadi kontraproduktif. Kekecewaan  merupakan faktor yang dapat  membuat seseorang secara psikologis menjadi terganggu, pada akhrinya berbagai  kekecewaan –kekecewaan yang terus menerus terjadi pada akhirnya akan membuat seseorang menjadi terganggu jiwanya. Kekecewaan terhadap sepak terjang pemimpin dalam hal ini Presiden tentu mempunyai peran yang besar karena nama Presiden akan selalu muncul setiap saat dan orang yang merasa kecewa terhadap pemimpinnya akan selalu terpapar dengan kekecewaan tersebut.  Kekecewaan yang terus menerus tersebut tentu akan menyebabkan gangguan jiwa berupa gangguan psikosomatik. Pasien dengan gangguan psikosomatik biasanya muncul dengan keluhan-keluhan fisik yang dianggap oleh pasien benar-benar gangguan fisik. Tetapi sebenarnya gangguan fisik yang muncul tersebut terjadi karena gangguan psikis. Berbagai keluhan yang dapat timbul saat seseorang mengalami gangguan psikosomatik, antara lain sakit kepala, pusing melayang, jantung berdebar-debar, tangan gemetar, sakit leher, nyeri punggung, otot terasa kaku, serta banyak keringat terutama pada ujung-ujung jari tangan dan kaki. Pasien dengan gangguan  psikosomatik juga akan merasakan gatal-gatal pada kulit tanpa sebab yang jelas, nyeri dada, nyeri ulu hati, mual, perut kembung dan begah, serta diare.

Selain itu kekecewaan-kekecewaan yang terjadi ini  sewaktu-waktu dapat meledak dan menjadi orang tidak rasional. Apa yang disampaikan oleh Pak SBY  membuat sebagian orang menjadi kecewa dan kecewaan ini akan menambah kekecewaan yang telah ada sebelumnya.

Selain kepentingan negara seharusnya Pak SBY juga memperhatikan perasaan hati  rakyatnya atas perlakuan-perlakuan yang tidak adil yang telah dilakukan Malaysia terhadap Indonesia yang secara jelas disampaikan media setiap hari. Dalam kondisi rakyat yang memang sedang susah serta berbagai kekecewaan atas perkembangan politik dan penanganan perbagai hal misal masalah korupsi  seharusnya Pak SBY bisa memanfaatkan kesempatan  krisis Indonesia Malaysia untuk mengobati kekecewaan tersebut. Pak SBY sebenarnya mempunyai kesempatan untuk memperbaiki psikologis rakyat melalui krisis ini tetapi ini tidak dimanfaatkan dengan baik oleh Pak SBY. Pak SBY sebenarnya bisa memberikan semangat bagi rakyatnya dan juga dapat menanamkan rasa patriotisme untuk pemuda-pemudinya untuk mempunyai jiwa percaya diri yang tinggi dan mempunyai Nasionalisme yang tinggi. Kita bisa lihat apa yang telah dicapai Jepang, Korea, Cina dan India bisa bangkit karena ada kepercayaan diri yang tinggi dan rasa nasionalisme dari rakyatnya dan jelas peran pemimpin mempunyai porsi yang besar dalam menanamkan rasa patriotisme tersebut.

Mudah-mudahan Pak SBY  dikemudian hari dapat menyampaikan pernyataannya yang tidak menambah kekecewaan rakyatnya. Dari sudut pemerintah bisa saja pernyataan yang disampaikan sudah tepat tetapi belum tentu pernyataan yang telah disampaikan tersebut sama diterima oleh masyarakat.   Bahkan sebaliknya pernyataan yang disampaikan bisa menjadi obat bagi kekecewaan yang telah ada sebelumnya.

Minal Aidin Wal Faidzin

Comment Form

You must be logged in to post a comment.

Tentang Blog Ini

Blog staff Universitas Indonesia.

September 2010
M T W T F S S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  
September 2010
M T W T F S S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930