Mata Kuliah Online Laboratorium Ekologi Didisain Oleh Andrio Adiwibowo, M.Sc
Produktivitas Ilmiah Andrio MSc. (33 th.) : paper di bidang psikologi & teknologi pendidikan tinggi (sebuah komparasi antara metode CL, Richard Paul, dan Logic Model)
Filed under: Uncategorized

*Lolos Seleksi U/ Presentasi SemNas Bulan Juni
Implementasi Berbagai Strategi Belajar Untuk Meningkatkan Critical Thinking Dalam Pembelajaran Sains

Beberapa kendala sangat dirasakan dalam pembelajaran sains yang meliputi matematika, kimia, fisika, dan biologi. Beberapa kendala itu adalah tidak dihasilkannya pemikiran – pemikiran yang kritis. Pembelajaran sains masih dilakukan dengan pendekatan menghafal. Siswa tidak dapat melihat keterkaitan antara input, output dan outcomes. Akibatnya adalah siswa tidak mampu berpikir kritis. Menghadapi situasi itu, maka perlu dilakukan penelitian terhadap teknologi pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis (critical thinking), mengemukakan alasan secara logis (reasoning skills), dan evaluasi diri. Penelitian dilakukan dengan membandingkan beberapa metode ajar terhadap responden. Metode-metode yang diterapkan meliputi Collaborative Learning, Richard Paul’ Model, dan Logic Model. Hasil penelitian menunjukkan pola yang berbeda-beda untuk setiap metode ajar yang diterapkan pada siswa. Untuk metode ajar Collaborative Learning, responden mampu menjawab soal-soal. Hal itu dikarenakan dengan belajar bersama-sama dengan rekannya, mereka mendapat pengayaan materi. Tetapi mereka mengalami kesulitan dalam memberikan argumen. Sebaliknya, untuk responden yang menggunakan metode Richard Paul, responden merasa lebih berani untuk mengeluarkan argumen dan memberikan alasan yang kuat. Sedangkan terdapat perbedaan signifikan untuk penerapan dengan metode Logic Model, yaitu responden dapat melakukan evaluasi terhadap penelitian yang mereka laksanakan. Evaluasi dapat dilakukan karena responden dapat melihat keterkaitan antara input, aktivitas, output, dan outcomes dalam penelitiannya. Maka dapat disimpulkan bahwa Logic Model dapat diintegrasikan dalam pendidikan dan penelitian sains. Karena dengan penerapan metode itu, siswa dapat menerjemahkan konsep – konsep abstrak yang sulit ke wujud konkrit.

andrio.adiwibowo @ 11:07 pm

There is no comment for this post.

Leave a comment

(required)

(required)


Instruction for comments :

You can use these tags:
XHTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>



RSS Feed for comments | TrackBack URI