Mata Kuliah Online Laboratorium Ekologi Didisain Oleh Andrio Adiwibowo, M.Sc
Macam2x Penyakit/Gangguan Kesehatan (Bukan AirSickness) Yang Dapat Dialami Dalam Penerbangan (Faktor Indirect Human Error) (LR O/ Kelompok Riset Kesehatan Penerbangan/Aviation Medicine)
Filed under: Uncategorized

Sebelumnya perlu pahami bahwa gangguan kesehatan di penerbangan itu terbagi 2, yaitu Non airsickness dan AirSickness (vertigo, kurang nafsu makan, muntah2x).Yang akan dibahas sekarang adalah Non-Air Sickness. Sebetulnya dalam dunia penerbangan tidak ada pure 100% human error. Mengingat sistem penerbangan sudah menggunakan computer yang canggih kemudian sumber daya manusia yg. sudah terlatih (biaya pendidikan penerbangan itu termahal) dan terseleksi ketat. Kalaupun terjadi kesalahan pasti karena penyebabnya faktor eksternal yaitu adanya gangguan kesehatan yang tidak terdeteksi di darat. Prinsipnya udara adalah “a whole new environment for human being”, jadi sangat terbuka adanya gangguan fisiologis yang tak terduga, sekalipun u/ orang yg. sudah dinyatakan sehat. Contohnya, orang sehat segar bugar sekalipun ketika harus terbang pada Mach 3 pasti akan pingsan (pass out). Nah apa saja gangguan kesehatan di udara.

DISORIENTASI RUANG

Sistem saraf tidak mampu menerjemahkan kondisi lingkungan sekitarnya karena kehilangan keseimbangan pada sistem vestibular pada kuping bagian dalam. Sistem itu penting u/ memberi informasi ke otak mengenai posisi tubuh dan pergerakan. Di dalam sistem itu ada saluran yg. terisi cairan beserta rambut2x halus yg. menjadi sensor. Ketika manusia bergerak di darat, cairan itu juga akan bergerak teratur memberikan informasi mengenai posisinya. Tetapi, ketika bergerak di udara, cairan itu bergerak terombang-ambing sehingga rambut (sensor) juga memberikan informasi yang tidak konsisten ke otak (inilah masalahnya). Contoh setelah membelokkan pesawatya ke kanan lalu kembali ke posisi semula, sebaliknya otak akan memberi informasi bahwa pesawat sedang belok ke kiri.

ILUSI VESTIBULAR (gangguan pada saluran semicircular)

Ilusi vestibular dapat terjadi dan disebabkan karena 2 hal, yaitu adanya gangguan di saluran semicircular dan utricle/saccule

Pertama, tanpa disadari pesawat banking (miring) perlahan-lahan. Hal itu mengingat batas minimal deteksi manusia terhadap kemiringan postur adalah 2 derajat per detik. Angka di bawah itu tidak dapat disadari, pesawat sudah banking tapi sebaliknya tetap terasa dalam posisi datar. Kedua, Ilusi Putaran, ketika pesawat belok ke kiri continously (dilakukan lebih dari 20 detik), akan timbul informasi dari otak bahwa pesawat tidak belok, maka levelling wing akan ditingkatkan, justru sensasi yang timbul pesawat sedang belok ke kanan !

Konflik Dengan Instrumen, seringkali yg. terjadi adalah konflik instrumen. Otak itu kita menyampaikan informasi bahwa bank angle datar (0 derajat) padahal bank angle indicator sudah menunjukkan kemiringan 30 derajat

ILUSI VESTIBULAR (gangguan pada utricle/saccule)

SOLUSINYA

Sayangnya tidak ada obatnya, beda dengan air sickness yang mabok dapat langsung minum obat

  1. Percaya, TRUST YOUR INSTRUMENT, always !!
  2. Habituasi, habituasi. Bisakan diri terhadap lingkungan yg. berbeda, hal itu dapat dilakukan dengan practice, practice di kursi khusus (lihat gambar)
andrio.adiwibowo @ 5:38 am

There is no comment for this post.

Leave a comment

(required)

(required)


Instruction for comments :

You can use these tags:
XHTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>



RSS Feed for comments | TrackBack URI