Ini adalah sketsa rute Salemba-Depok di masa lalu. Dari Salemba melewati jalan Tambak ke Manggarai. Kemudian dari Manggarai lewat Jalan Saharjo sekarang terus ke Pasar Minggu melewati Jalan Pasar Minggu sekarang.  Di Pasar Minggu, posisi jalan raya menuju Depok berada di sebelah barat stasiun Pasar Minggu (parallel). Ini artinya jalan raya berada di sisi kanan stasiun.  Kemudian tidak jauh dari stasiun jalan menuju Depok jalan raya memotong rel ke kiri lalu melewati perkampungan (jalan yang sekarang ada SMP, dulu jalur pintas sisi rel belum ada). Jalan ini akan melewati Poltangan dan selanjutnya jalan melewati perkampungan (yang sekarang ada SPBU. Jalan ini selanjutnya akan  mengarah ke sisi rel, lalu memotong rel (sekarang berada di bawah Flyover Tanjung Barat). Pada posisi ini jalan raya sekarang di sebelah kanan rel. Jalan ini kemudian lurus dan melewati perkampungan di Kebagusan. Artinya jalan raya pada masa ini melewati SPBU dan Kantor PDIP  (melawan arus). Selanjutnya setelah melewati simpang Jalan Joe yang sekarang akan ketemu kembali rel (kira-kira di depan ISIP yang sekarang). Di Depan ISIP ini jalan memotong rel (perlintasan ini masih ada sekarang). Pada posisi ini jalan raya berada di sisi kiri rel dan lalu menuju halte  Lenteng Agoeng.

image001

1. Perlintasan kereta di depan Universitas Pancasila sekaranfg
2. Perlintasan kereta di bawah flyover UI sekarang

Selanjutnya setelah halte Lenteng Agung jalan mengarah ke perkampungan (sekarang tangsi tentara) lalu jalan menuju arah rel dan kemudian jalan memotong rel ke kanan (perlintasan ini masih ada sekarang) lalu menuju ke arah kanan (perkampungan). Setelah perkampungan ini jalan melewati sisi kanan rel di bawah lalu naik ke atas melewati kuburan sampai akhirnya ketemu halte UI yang sekarang. Selanjutnya setelah halte UI ini jalan akan memotong rel lagi ke kiri rel (persis dibawah flyover UI yang sekarang). Kemudian jalan mengikuti jalan Margonda yang sekarang.

Sumber:

Rute Jalan Raya Sepanjang Rel Kereta Api dari Pasar Minggu Menuju Citayam Via Lenteng Agung dan Depok ‘Tempo Doeloe’ di link ini:

http://poestahadepok.blogspot.com/2013/07/rute-jalan-raya-sepanjang-rel-kereta.html