Fiuh, akhirnya setelah melakukan akrobat jumpalitan ala cow-boy … Finally, UI punya internet TV. Implementasi infrastruktur dengan protokol RTMP ini memang memiliki keistimewaan entry point yang sangat tinggi bagi pengguna awam. Bayangkan saja dengan bermodalkan browser dan koneksi internet, kita bisa melihat Live Stream Wisuda UI 2010 tanpa harus datang ke Balairung yang penuh sesak.

Berawal dari ide yang saya kembangkan tahun 2003 untuk UI memiliki infrastruktur streaming, dengan perkembangan teknologi semuanya jadi realistis. Lalu dari penelitian ala koboi yang saya tulis, okelah kalau begitu … This is it … voila !!! UI meluncurkan infrastruktur streamingnya.

Detil teknologi yang digunakan sebenernya cukup sederhana dan menurut common sense juga harusnya sudah mudah bagi siapapun untuk melakukan, namun momentumnya yang nggak bisa dibeli … harus akrobat sedikit agar momentumnya bisa tercapai, dimana Wisuda UI 2010 adalah momentum yang saya pilih.

Ok, kembali ke teknolognya ya … Lihat ilustrasi berikut:

//www.wowzamedia.com/h264.html

Ringkasnya gini … Ada sebuah output dari kamera yang dimasukkan kedalam sebuah VLC, dimana VLC tersebut mem-feed Wowza Server dengan protokol RTP (UDP stream menuju server itv.ui.ac.id). Lalu pada server itv.ui.ac.id meng-konvert & meneruskan feed yang diterima menjadi protokol RTMP dan bisa ditonton oleh orang banyak. Dari sisi client, yang harus dimiliki adalah player berupa aplikasi Flash kecil (buatan JWplayer, sebuah perusahaan pengembang Open Source yang baik hati) yang menonton port RTMP (port 1935) dari server itv.ui.ac.id.

Nah, bagian terakhir adalah bagian akrobat yang terus terang saya sendiri juga nggak terlalu bangga dengan yang saya lakukan, yaitu …. you give me the power,  and i’ll take care the rest. Yup, gunakan kekuatan admin yang memiliki akses ke seluruh resource. Dengan kekuatan & ijin yang saya kolaborasikan dengan pemangku kepentingan Wisuda ini (HUMAS UI) ini saya bisa menampilkan kotak JWPlayer pada halaman depan Website UI, dan Weblogin UI (ini hanya terjadi tanggal 30 Jan 2010).

Bagian additionalnya (namun sangat penting) adalah publikasi … berbasiskan kekuatan virtual social network dan real social network, akhirnya informasi UI Live Stream ini tersebar dengan sekejap ke 8000 pengguna, mulai dari facebook, kaskus, YM, dll.

Kalo ditanya, yang nonton ada berapa ? Dari hasil monitoring yang saya lakukan, untuk sesi wisuda Doktor & Master (pagi hari) tercatat ada 1111 pengguna dan sesi wisuda S1 & D3 (sore hari) tercatat ada 817 pengguna. Adapun yang nonton setia dari awal sampai akhir rata-rata fluktuatif sebanyak 100-120 penonton. Sebagai inforasi, detikcom juga mencuplik gambarnya dari Live Stream UI http://foto.detik.com/readfoto/2010/01/30/144056/1289489/157/2/

Pertanyaannya … apakah UI yang pertama menyiarkan Live Stream Wisuda mereka ? Saya nggak tau, dan saya nggak  peduli. Yang penting  pada tanggal 30 Januari 2010, saya sudah berhasil menorehkan sejarah dalam Universitas Indonesia untuk menyiarkan langsung wisuda-nya. Di masa mendatang setiap acara / kegiatan yang sifatnya terbuka untuk publik akan dapat ditonton secara Live dengan Infrastruktur yang saya buat ini.

2 Responses to “ITV (Internet TV) next generation content”

  1. ADAbisnis.com Says:

    Keren gan… tp syg wowza sdr hrs bayar lisensi per bulan ya.. he3… lumayan lg… ckckck

  2. Gladhi Guarddin Says:

    wowza cuma sekali beli aja kok .. bukan lisensi per bulan.

Leave a Reply