Pekan Ilmiah Mahasiswa Tingkat Nasional 2011

Riset bisa dimulai sejak mulai duduk di bangku sekolah mulai dari level SD hingga kuliah. Di bangku kuliah ajang tertinggi adalah Pekan Ilmiah Mahasiswa. Tahun 2011 diselenggarakan oleh Dikti di Kota Makassar, dan bisa berbangga karena team Mahasiswa dari Geo diminta mewakili UI untuk bertanding di ajang PIMNAS 2011.

Sebelumnya team ini sudah berhasil berkompetisi dan mendapatkan dana hibah penelitian mahasiswa dari Dikti tahun 2011. Tema yang diambil cukup menarik: Identifikasi lokasi potensial Panasbumi berupa manifestasi yakni kolam air panas, mata air panas, kolam lumpur, kolam air paas bercampur lumpur, uap panas, batuan dan tanah  panas, aliran lumpur. Area fokus penelitian adalah Kawah Anjing dengan pembading lokasi berdekatan yakni Kawah Citaman da Kolam Air Panas. Area ini tidak jauh dari Kebun Teh Parakan Salak, Sukabumi.

Penelitian ini adalah penelitian lanjutan dengan teknis tambahan pengolahan dan interpretasi citra. Kelebihan penelitian ini bagi mahasiswa adalah peneletia yang komprehesif sesuai mata kuliah yang ada.  Ada penggunaan teknologi terkini (Citra Satelit), Data Primer langsung di lapangan (suhu da pH, serta GPS) serta penggunaan laboratorium kimia (sampel kandungan mineral dalam air).

Semoga semua berjalanan dengan baik, paling tidak para mahasiswa menikmati proses bagaimana mulai menemukan ide riset, membuat proposal, medapatkan dana penelitian, pelaksanaan, managemen dan laporan kegiatan. Hasilnya bisa diapresiasi dalam event nasional yakni PIMNAS, termasuk pengalaman presentasi. Selamat berjuang kepada Wido CS tanggal 19-20 Juli 2011. http://www.pimnas-unhas.com/daftar.php?do=rabu&lukas=pkm-wajib&lomba=lukman (Wido Nomer Urut 53)

Bravo peneliti muda.

No Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URL


Leave a Reply