Yin + Yang = Keseimbangan

Mengutip dari wiki pedia : YinYang atau Yin dan Yang adalah konsep dalam filosofi Tionghoa yang biasanya digunakan untuk mendeskripsikan sifat kekuatan yang saling berhubungan dan berlawanan di dunia ini dan bagaimana mereka saling membangun satu sama lain. Jika ada yang pernah membaca karya-karya Asmaraman S. Kho Ping Hoo, diceritakan bagaimana  tokoh silat sakti adalah yang mampu menguasai yin dan yang secera bersamaan. Karena tenaga dalam Yin biasanya diskuasai oleh wanita dan Yang biasanya dikuasai oleh pria, sehinga jika seorang pria atau wanita mampu menguasai tenaga dalam yin dan yang, maka dia mencapai tingkatan tertinggi dalam penguasaan tenaga dalam, yang mestinya menjadi keseimbangan dan bukan kesombongan.
Catatan bahwa Kho Ping Ho adalah penulis yang mampu menceritakan lokasi dan sistuasi di tiongkok, meski belum pernah pergi ke sana berdasarkan peta2 yang beliau miliki.
Geografi adalah ilmu yang mempelajari keseimbangan alam dan manusia, dimana ada fisikal geografi dan human geografi serta di dukung dengan teknologi. Anggaplah Yin itu adalah manusia dan Yang itu adalah alam. Hasil ilmu Geografi adalah manusia mampu mempelajari kondisi permukaan bumi (alam sekitarnya) secara alamiah (natural) sehinga bisa memahami juga adanya kehidupan manusia diatasnya agar kehidiupan keduanya alam dan manusia menjadi keseimbangan (normal).
Selamat tahun baru imlek 2020

No Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URL


Leave a Reply