Jokowi, menjadikan Indonesia dari Ancaman menjadi Teman

Selamat kepada Pak Jokowi atas dilantik kembali menjadi presiden yang kedua. Salah satu kemamuan beliau dengan gayanya, menjadikannya selalu tersenyum, membuat banyak negara menjadi nyaman. Bayangkan kekhawatiran negara lain jika Indonesia tidak tersenyum? Jumlah penduduk lebih dari 200 juta merupakan jumlah yang sangat besar dan menjadi salah satu asset untuk pertahanan negara atau bisa juga dijadikan alat penyerangan ke negara lain di sekitar Indonesia.

Tentu, pertempuran saat ini adalah kreatifitas dan ketanggguhan ekonomi. Maka, asset SDM yang sangat besar, harus diperkuat dengan pendidikan dan keterampilan yang mumpuni untuk menjaga kreatifitas dan ketangguhan ekonomi, tidak lain adalah meningkatkan pendidikan kreatif, artinya talenta selain didapat di bangku sekolah juga bisa didapat dari tempat2 dimanapun untuk belajar kreatif. Misalnya, bakat menari, menyanyi, otomotif, programmer, animasi, content creator,  olah raga, kuliner, pariwisata, keagamaan, budaya, ke-arifan lokal menjadi kata-kata kunci yang bisa mengahasilkan nilai eknomi agar ketangguhan ekonomi menjadi solid. Artinya, misalkan hanya mengandalkan perdagangan antar pulau dalam NKRI, sangat bisa, menjadi mandiri dalam memenuhi kebutuhan hidup seharai-hari yang saling ditopang dari semua pulau yang ada di Indonesia.

Sehingga kalau sduah sejahtera dalam negeri, pasti bisa menolong negara disekitar kita sebagai teman yang saling membutuhkan. Sehingga jumlah SDM yang sangat besar, bukan menjadi ancaman tetapi bisa menjadi teman. Selamat Bekerja membangun negeri Pak Jokowi.

 

No Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URL


Leave a Reply