Infrastruktur, Transportasi dan Aksesibilitas (Masyarakat Ekonomi ASEAN)

Hubungan India dan ASEAN, menjadi suatu perencanaan yang penting dalam membangun suatu jaringan infrastruktur, baik secara fisik maupun secara sosial. Infrastruktur fisik sangat mudah, karena berkaitan dengan hal yang nyata, namun agak berbeda denga infrastruktur soasial karena banyak  hal yang harus disiapkan baik oleh ASEAN dan India, tetapi juga masing negara di ASEAN secara individu dan provinsi yang ada di India.

Jika infrastruktur fisik, misalnya transportasi sudah jadi, maka yang diperhitungkan adalah aksesibilitas. Apakah sarana transportasi itu mudah diakses oleh semua pihak, atau hanya kalangan tertentu saja?. Tentu negara ASEAN harus sudah memikirkan bagaimana kerangka infrastruktur trasnportasi dengan India. Hal ini tentu menyangkut kesiapan Myanmar (Burma) dan Thailand sebagai hub/pengikat jaringan infrastruktur daratan antara INDIA dengan ASEAN.

Hal ini juga akan mendukung persiapan hubungan Tiongkok dengan ASEAN membangun infrastruktur transportasi darat untuk kemudahan aksesibilitas. Negara Vietnam, Laos dan Thailand menjadi mitra utama ASEAN dan Tiongkok karena ketiga negara ASEAN ini akan berhubungan langsung dengan provinsi yang ada di Tiongkok. Hal ini juga akan menjadi posisi Thailand bersiap diri secara infrastruktur sosial, sebagai pusat pertumbuhan antara ASEAN dengan INDIA dan Tiongkok. Kalau tidak maka Thailand hanya akan menjadi warga ASEAN sebagai penonton saja dari berbagai kemudahan aksesbilitas dari hubungan trasnportasi INDIA dan Tiongkok menuju negara ASEAN, lainnya yang punya peluang ekonomi lebih baik, misalnya Malaysia, Singapura dan terutama Indonesia, yang sedang membangun infrastruktur transportasi.

 

 

 

 

No Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URL


Leave a Reply