Perubahan Ide Panas dari 2008 ke 2016

Panas bumi menjadi satu kajian yang menarik dari tahun 2007/2008 hingga tahun 2011, saat menemani mahaiswa melalukan riset tentang dinamika spasial panas bumi disekiat gunung salak. Tetapi sebelumnya sudah meniti tentang iklim tahun 1996/1997 dan dilanjutkan tahun 2005. Kedua perubahan penggunaan tanah menjadi suatu kajian yang sangat dinamis dan mudah dalam menghasilkan informasi terutama diperkotaan yang perubahan penggunnaan tanahnya sangat dinamis.

Implikasi dari perubahan penggunaan tanah, maka akan terjadi perubahan tutupan tanah, akibatnya suhu permukaan tanah naik, yang diikuti oleh suhu udara. Beberapa publikasi juga meybutkan terus meningkatnya suhu udara di dunia. Berdasrkan hal tersebut maka sejak tahun 2012 kembali fokus penelitian pada iklim perkotaan dan teknologi pengum[ulan dan pengolahan data.

Catatan itu terdapat pada profile di scopus, data menunjukkan riset sejak tahun 2008, kemudian muncul lagi tahun 2016. Semoga tahun 2017 dan seterusnya bisa muncul informasi penelitian yang terdata di scopus atau ISI. Semoga

Perubahan penggunana tanah dan suhu perkotaan menjadi suatu tantangan yang menarik untuk di kaji dan dipublikasikan.

 

No Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URL


Leave a Reply