Menulis dengan basis pengetahuan geografi

Menulis menjadi bagian kecil dari sebuah catatan kehidupan, tetapi kalau itu adalah sebuah informasi, apalagi informasi geografi, maka kalau itu tidak sempat ditulis maka informasi geografi itu akan hilang, apalagi yang punya rentang waktu sangat pendek. Contoh fenomena Batu Akik, saat berjaya hampir semua tempat berubah menjadi lapak batu akik, yang melebihi persebaran alfamart dan indomart. Hal lain misalnya Singapura mencatat dalam 100 tahun, maka tahun 2014 Singapura mencatat suhu tertinggi terjadi disana, apa akibatnya? tahun 2015 Singapura kekurangan sumber air, inilah contoh tulisan dengan basis pengetahun geografi berdasarkan catatan data di suatu lokasi/tempat.

Apakah harus belajar geografi di UI atau UGM untuk punya pengetahuan geografi? jawabannya tidak juga, karena Tuhan telah membenamkan dalam otak kita tanpa diminta sebuah sistem canggih yaitu Sistem Informasi Geografis, sebagai bukti adalah bayi yang baru saja lahir bisa mendeteksi secara aktif dan mencari dimana letak sumber makanannya, tanpa diberikan arahan oleh ibunya atau tenaga medis (maha besar karunia-Nya). Artinya ilmu geografi adalah bagian dari kehidupan manusia, sejak lahir menuju ke akhir hidupnya, ilmu geografi otomatis menuntun manusia beraktifitas dari satu tempat ke tempat lain. Jika dikumpulkan catatan itu maka bisa dengan mudah informasi geografi semua desa di Indoenesia terdata dengan baik.

Contoh lain Prasasti dari Raja Airlangga bisa menunjukkan perpindahan pelabuhan dari Pantai Timur ke Pantai Utara Jawa sebagai bagian dari adanya hubungan dengan perdagangan internasional Pulau Jawa dan Luar Negeri, hingga Raja mencari lokasi pelabuhan yang tepat, pasti berdasarkan ilmu geografi si Raja. Kita yang beruntung karena catatan itu dituliskan dalam prasasti sehingga kita bisa membaca fakta pada jaman dahulu tersebut di masa sekarang  ini.

Sialakn baca majalah geospasial di https://majalahgeospasial.wordpress.com/,  selama lebih dari 14 tahun 2003-2016 memberikan berbagai macam informasi geografi dari berbagai lokasi.

Mari menulis berdasarkan pengetahuan geografi yang sudah kita miliki sejak lahir.

 

No Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URL


Leave a Reply