PULAU TERDEPAN ATAU TERLUAR..??

Indonesia adalah negara tropis kepulauan. Indonesia adalah Benua Maritim, maka Pulau adalah bagian depan dari Indonesia.

Jika saja Atlantis yang hilang adalah diperairan Indonesia, mestinya tidak aneh dengan keberadaan Candi Prambanan dan Borobour yang megah, serta temuan candi lain di Jawa dan Sumatera. Bukti itupun masih bisa terlihat dengan jelas kemegahannya pada pura yang ada di tanah Dewata Bali, yang konon berdasarkan catata sejarah adalah bagian dari kebesaran sistem yang ada di tanah jawa dan sumatera.

Konsep itu menjadikan penting untuk menyatakan pulau-puala adalah bagian depan dari Negara Indonesia.

3 Comments »

  • rani says:

    Saya kira istilah pulau terdepan dan terluar ini, dikaitkan dengan pusat pemerintahan/ibukota negara, dimana Jakarta berada di Pulau Jawa sebagai patokannya (pusatnya). Lebih jauh lagi sebenarnya konsep ini hampir sama dengan penamaan yang diberlakukan pembagian wilayah di tingkat dunia. Coba perhatikan contoh konsep seperti ini, Timur Jauh, Timur Tengah, Utara-Selatan, Timur- Barat, Eropa Barat, Eropa Timur. Dimanakah titik pusat dari konsep pembagian wilayah ini?
    saya kira konsep pembagian wilayah ini dimotori oleh negara-negara yang dahulu digjaya serta sempat menjajah beberapa wilayah di dunia ini. SIngkatnya konsep ini dibuat oleh para penjajah (kolonialis) yang sekarang (mungkin) sudah tidak cocok lagi.

  • awe says:

    Dalam konsep “rumah” ada halaman dan pagar, maka biasanya “orang” yang punya rumah lebih memperhatikan bagian depan dan bukan bagian yang ada diluar, maka semestinya sebagai konsep indonesia sebagai benua maritim maka pulau dan daratan menjadi satu dan indonesia adalah “rumah” sehingga pulau yang ada di bagian “pagar” (saat ini “tidak terawat” karena konsep pulau terluar”) dijadikan bagian depan.

  • ida says:

    Bingung dengan pembagian konsep wilayah indonesia T.T

    Klo pulau-pulau itu masuk bagian depan,Lah terus bagian tengah n belakangnya apa?

RSS feed for comments on this post. TrackBack URL


Leave a Reply