Berbicara Dengan Peta

Penyair dengan Pusisinya, Musisi dengan Lagunya, Maka Geograf Berbicara Dengan Peta.Peta adalah Karya Seni, Peta Adalah Informasi/Data dan Peta Juga Proses dan Hasil Analsis.Peta Haruslah Jelas Tujuan Yang Akan Disampaiakan Sehingga Siapa Saja Yang Mendengar(Membaca) Paham akan isi Yang Dibicarakan.

Peta Bukan Gambar, Maka Sekala Menjadi Penting untuk Menyatakan Kedetailan Dari Informasi/Data Yanga Ada. Sekala Besar ( 1 : 1.000) informasinya sangat Detail dibandingkan Sekala Kecil (1 : 1.000.000). Membaca Sekala Besar dan Kecil Kadang Membingungkan, Meski Sebenarnya Tidak Jika Menggunakan Logika. Lebih Besar Karena 1 dibagi 1.000 = 0,001 Dibandikan Dengan 1 dibagi 1.000.000 = 0,0000001. Ini adalah Logika Sederhana.

Jika Indonesia mau berbiara dengan Lantang, Maka Berbicaralah Dengan Peta Detail, Sehingga Apa YAang Ada Terkandung Didalamnya Baik Masalah atau Kekayan akan Dengan Jelas Bisa Di Telaah.

Maka Peta Repubublik Indonesia Harus Menjadi Lambang Negara Indonesia dan Harus Di Ketahui Oleh Orang Yang Mengaku Bangsa Indonesia Karena Itulah Wilayah Negaranya.

Selamat Ulang Tahun Geografi UI Ke 50 Tahun, Semoga Semakin Banyak Orang Berbicara Dengan Peta

1 Comment »

  • ida says:

    Setuju. Karena peta itu lebih tidak menyesatkan daripada bertanya pada orang (kalau petanya benar). Terkadang kita kesusahan mengenali lokasi jika berada di tempat asing tanpa adanya peta. Bertanya pada orang pun juga diliputi rasa was-was antara percaya dan tidak. Jadi seperti kata Dora the Explorer, katakan peta 🙂

RSS feed for comments on this post. TrackBack URL


Leave a Reply