Pesan dari Timur (Geo Strategis) Presiden Jokowi

Tahun 2015-2016 berganti, Pak Presiden ada di Papua, sebagai penanda bagian terdepan Indonesia ada di sebelah timur yang berbatasan dengan negara lain. Apa istimewanya dan buat siapa? pastinya banyak keisitimewaannya, terutama bagi masyarakat papua ada presiden yang hadir menjemput awal tahun baru. Jika dikaitkan dengan Masy Ekonomi Asean , secara geo strategis, maka jika “ingin bercanda” dengan peminpin ASEAN secara geografis Indonesia menjadi negara yang paling awal tahun barunya dibandingkan negara lain di ASEAN. Kedua, Indonesia mempunyai luas wilayah dari sabang hingga merauke hingga  Indonesia bisa merayakan tahun  baru tiga kali, yakni versi WIT, WITA dan WIB.

Hal ini bisa menjadikan optimisme sebagai bangsa dan negara, yang luas dan terdepan dinegara ASEAN, bahkan secara populasi penduduk Indonesia menjadi potensial market yang luar biasa jika perdagangna antar pulau-pulau di Indonesia menjadi bagian dari poros maritim dunia, dan juga posisi tawar yang sangat tinggi. Tentunya secara politis jelas sekali baik secara regional, internasional, nasional dan nasional, banyak manfaat postifnya.

Semoga aspek geografis Indonesia bisa dimanfaatkan dengan baik untuk menunjang pembangunan manusia Indonesia seutuhnya. Selamat tahun baru

 

No Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URL


Leave a Reply