Aplikasi SIG, GPS dan Pengiriman Barang

Dalam Geografi saat ini, SIG=Sistem Informasi Geografis sudah menjadi bagian dari hidup seorang Geograf. Cerita ini juga, sebenarnya bukan sesuatu yang baru, tetapi kejadian di suatu toko “minimarket” menarik untuk diceritakan. Sambil menunggu istri belanja saya duduk di depan pintu. Ada hal yang menarik, yakni Truk yang mengangkut barang tidak bisa menurunkan barang karena alat untuk menurunkan barang tidak berfungsi, sepertinya rusak. Saya kemudian bertanya, “Rusak alatnya, kok tidak bisa digunakan “. Jawaban dari pengantar Truk tersebut cukup menarik, yakni “belum divalidasi oleh GPS Pak” demikian jawaban supir/pengantar truk terseut”. Agak terkejut juga jawabannya, karena kalau hanya “Marking” saja sudha biasalah dalam proses antar-mengantar barang supaya tervelidasi betul atau tidak si kurir mengantar sampai ketujuan. Taxi juga hampir miriplah, hanya “GO-TO” jika sdauh dekat GPS akan memberikan kode sudah sampai tujuan atau dekat dengan tujuan. Tetapi ini agak lain, ada komunikasi yang intens antara siste GPS yang ada di mobil, kemudian komunikasi kirim GPS valid, setelah posisi terkoreki dan benra, baru alat penurun barang berkomunikasi lagi minta validasi itu masuk ke sistem. Jika sduah oke baru lata penurun barang bisa bekerja. “Doble-Sekuriti” Istilah saya, karena belum sempat check istilah ini dalam GIS for Inteligent System.

Jadi kalau koordinat dari GPS Truk belum divaliadasi oleh SIG di Kantor Pusat maka alat tidak bisa aktif. Artinya truk itu posisinya koordinatnya (GPS) mesti tepat betul seperti yang diperintahkan dari Gudang menuju Toko minimarket, sehingga bisa terdeteksi posisinya memang tepat dari Toko minimarket yang sangat banyak itu (rupa2 warnanya dan lokasi berdekatan satu sama lainnnya), Agar tidak terjadi kesalahan kirim tanpa sengaja (sopirkan manusia juga). Kalau sudah pasti alamatnya, kemudian GPS melakukan validasi maka sistem bekerja dan baru si alat di truk itu bisa diaktifkan dan bisa menurunkan barang. Sekali lagi “Luar Biasa”,

 

Lumayan, ada bukti lagi “Bagaiamana SIG bisa meminimalkan kemungkinan salah alamat dalam pengiriman barang yang terjadi dari Gudang ke lokasi dari minimarket” yang begitu banyak.

Semoga ini bisa menjadi ide untuk aplikasi-aplikasi SIG dan GPS dalam kehidupan sehari dan makin yakin ilmu Geografi sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia.

No Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URL


Leave a Reply