Semua berawal dari Nol (Zero), kemudian satu, dua dan seterusnya….

Perdebatan  menarik dari pertanyaan O itu ganjil dan genap? syukur bukan seperti jawaban telur dahulu ataua ayam lebih dahulu? debatnya bisa panjang dan keyakinanya juga sama kuat dan mungkin bisa dibuktikan juga.

Bagaimana angka nol? dulu seatuju saya nol adalah bukan ganjil atau genap karena satu pasti ganjil dua pasti genap, selebihnya gampang bilangan itu habis terbagi maka dia adalah bilangan genap. tidak habis terbagi adalah bilangan ganjil.

Untungnya ada ganjil dan genap untuk kendaraan, yang akhirnya ada kepastian jika nol itu untuk tanggal genap.

Jangan pernah khawatir jika, konteksnya adalah zero (belum punya..sesuatu) maka berharaplah dan berusaha mengejarnya, sehingga suatu saat bisa tercapai, tetapi bisa juga tidak.

Jika masih zero, jangan bersedih hati karena masih banyak yang tetap zero, tetpia yang sduah berhasil menambah jadi satu, dua atau lebih jangan sombong, karena bisa jadi kepelmilikan itu bukankah abadi, bisa jadi akan hilang ditelan waktu.

Selamat belajar matematika, karena matematika itu menyenangkan dan mudah dimengerti.

 

 

 

 

 

 

 

Selamat Ulang Tahun Indonesia, dan juga mendapatkan Banyak SDM yang berkualitas dan mendunia

Ada Zohri, Ada Iko Uwais, Ada Anggun, Ada….banyak lagi atlet yang menjadi juara dunia, peraih medali di olimpiade dan Asian games. Semua adalah para pejuang yang mengharumkan nama bangsa Indonesia.

catatan paing penting adalah semangat juang para pemain sepak bola Indonesia. Juara AFF salah satu yang menujukn bagaimana jiwa pejuang bertanding. Meski sduah kebobolan, tepai sebelum peluat berakhir selalu ada peluang memasukan bola. Terbukti berkali kali di menit terakhir bias mebalikan kondis hingga menang.

Saat menghadapi hongkong di Asian Games juga menjadi sebuah catatan perubahan mental dari yang melempem menjadi pejuang tingkat tingggi. Sikap itu ada saat sduah ketinggal -0 terjadi emosi pada pemain Indonesia hingga mendapatkan kartu kuning. Tetapi mereka kemudian  bisa berubah menjadi pemain dengan semngat sangat tinggi hingga akhirnya tercipta gol penyeimbang 1-1. Kemudian menghasilkan tambahan gol menjadi 2-1. terakhir di injuri time tambahn 1 gol menjadikan Indonesia menag dengan 3-1.

Hari ini pemain bulu tangkis Indonesia menunjukkan jiwa pejuang sampai darah penghabisan dan menggorbankan kedua kakinya hingga tidak bias bergerak. Meskipun akhirnya kalah tapi berjuang hingga titik pengahsbisan adaah suatu semangat yang penting.

Dirgahayu Republik Indonesia

 

 

 

 

LRT made in Indonesia (Geografi Transportasi)

Pernyataan Gubernur Sumsel di salah satu tv swasta sangat menarik bagi perubahan perilaku masyarakat perkotaan di Indoensia. Terbangunnya LRT buatan anak negeri di Palembang akan menjadikan infrastruk LRT merubah kultur berperilaku di Sumatera Selatan. Budaya antri beli tiket, antri menaiki kereta, menjaga ketertiban dna kebersihan kereta dan stasiun kereta menjadi bagain dari perubahan perilaku masyarakat perkotaan di Indonesia.

Contoh sebuah bperubahan perilak yang snagat menonjol dan diakui oleh banyak orang, termasuk teman dari Malaysia dna Amerika yang dengan penasaran berkunjung ke Kampus UI Depok dengan kereta api dari Jakarta. Hal ini tentu menjadi satu pembelajaran, bagaimana penumpang KRL dari Bogor naik di atas atap kereta meski sudah di berikan penghalang. Smapah bertebaran, semua jenisa barang masuk ke dalam kereta dan kumuhnya stasiun KRL Jabodetabek. Itu Dulu. Sekarang namanya berubah menjadi Commuter Line, bagimana nyamannya masuk ke dalam stasiun kereta dan dalam kereta. Sebuah perubahan yang sangat mendasar dengan cra semua menggunakan uang elektronik. Baik parkir di stasiun atau naik kereta harus dengan e-money.

Suksesnya LRT di Palembang kaan memberikan motivasi baru perubanan moda trasnportasi mayarakat urban di Indonesia. Hal ini tentu sejalan dengan kereta laying di TMMI yang sudah berdiri sejak tahun 1990 manjadi bukti anak bangs bias membangun satu rangkaian kereta lengkap mulia dari jalan kereta, kereta-nya, system perjalanan kereta dan pembayaran kereta. Sebentar lagi di Jakarta akan terintegrasi LRT, MRT, Commuter, KA jarak Jauh dan Kereta Supercepat Jakarta-Bandung dan Jakarta Surabaya.

Semoga semuanya segera bisa terwujud sebagai bagian dari Geograf Transportasi dan Geografi Budaya.

ASIAN GAMES, Energy of ASIA (Geografi Regional ASIA)

Sebagai negara, Indonesia, adalah bagian dari ASEAN dan juga ASIA. Kerjasama regional ASEAN dan ASIA menjadi keharusan dalam Kebijakan Politik, Keamanan dan Ekonomi termasuk Pendidikan. Kondisi panasnya hubungan dua Korea, bisa diredam dengan diplomasi poltik olah raga di ASIAN GAMES.

Sebagai negara yang besar dan pemersatu ASEAN dari Timur ke Barat dan bertetangga dengan Australia menjadikan  Indoensai sebagai energy of ASIA bukanlah hal yang tidak mungkin. Potensi SDM dan SDA serta dinamika gunung berapi dan lempeng tektonik menjadikan Indonesia sebagai pusat studi dan pariwisata kawasan ASEAN, ASIA dan dunia karena keunikan wilayah Indonesia.

Sejarah Wallace dan Webber yang membuat satu Batasan biogeografi Indonesia menjadi satu bukti penting keragaman Indonesia sejak dulu kala serta berbagai jenis rempah asli Indonesia yang diangap sebagai obat mu’jizat bagi dunia kedokteran dimasa lampau hingga masa kini. Obat mu’jizat ini misalnya adalah kapur barus (sejenis pohon kamper). Hal ini bias dilihat adanya pengobatan tradisional yang masih ada di Barus (adanya pesantren pertama di Indonesia).

Semoga ASIAN GAMES menjadi pemicu semangat Indonesia menjadi energy of ASIA.

ZONASI SEKOLAH, SPASIAL-TEMPORAL DINAMIS DAN JUMLAH MURID (Geografi Desa-Kota)

Zonasi Sekolah menjadi bahasan yang menarik, apalagi jika terjadi berbagai masalah yang terjadi, termasuk adanya blank spot bagi suatu pemukiamn yang tidak masuk zonasi sekolah manapun. Kok bisa?

Ada yang menarik dari zonasi sekolah, khususnya di Jakarta. Logika awal pastinya kedekatan alamat rumah dengan sekolah menajdi satu syarat mutlak. Misalnya alamatnya di Jakarta Selatan, maka sekolahnya harus masuk Jakarta Selatan. Faktanya, alamatnya bersebelahan dengan Jakarta Timur dan ada sekolah yang sangat dekat di Jakarta Timur tetapi tidak bisa masuk karena basisnya adalah alamat.  Yang kedua basis zonasi adalah usia sekolah, terutama SD, karena usia awal harus 7 tahuan, Maka zonasi akan terhitung berdasarkan data alamat dan usia sekolah di sekitar sekolah tersebt sebagai prioritas Utama. Jika tidak masuk sekolah tersebut, maka akan masuk kesekolah yang lebih jauh dan jumlah siswa seedikit dan jika gagal akan masuk ke sekolah yang lebih jauh lagi dan masih di Jakarta Selatan. Bisa jadi sistemnya, tidak tepat betul maka akan terjadi blank spot, sekolahnya ada tetpai urudnya tidak ada, atau sebaliknya siswanya ada tetapi sekolahnya tidak ada. Jangan lupa ada sekolah swasta yang memberikan solusi untuk yang mampu.

Berbeda dengan SMA, zonasinya bisa dinamis, artinya alamat dan jumlah murid tetap menjadi ukuran. Tahun 2017 alamat Jakarta Selatan tidak bisa masuk ke alamat Jakarta Timur, tetapi tahun 2018 berubah, sehingga jarak menjadi penentu sehingga meskipun alamat berbeda wilayah Kota, tetapi jaraknya dekat, maka potensi masuk zonasi sekolah menjadi dinamis. Artinya bisa menghindari blank spot karena peluang kedekatan sekolah menajdi prioritas Utama, termasuk jumlah daya tanpung setiap sekolah negeri, agar bisa menerima sebanyak-banyak siswa yang berlokasi dekat dengan rumah.

Semakin dekat lokasi rumah dan sekolah, maka energi yang dikeluarkan akan semakin sedikit dan sagat bermanfaat dari segi ekonoi sebah keluarga.

Geografi Politik: Pilkada 2018, Analisis Spasial untuk Pileg 2019

Hari ini terjadi Pilkada Serentak di Indonesia untuk memilih para pimpinan daerah baik gubernur, bupati, walikota beserta wakil2nya. Saya ucapkan selamat kepada para pimpinan daerah hasil perhityngan cepat benar salahnya tentu perhitungan actual dari KUPD adalah data yang terakurat. Dari perspektif ilmu geografi, khususnya Geografi Politik banyak hal yang menarik mengenai distribusi jumlah suara para pendukung semua pasangan calon. Ada ciri perkotaan, pedesan dan desa kota.  Pemioih di pesisir, tengah dan hulu serta berbagai data lainnya yaitu  lapangan pekerjaan, tingkat pendidikan, pendapatan dan tentunya partai pilihan dan sosok figur calon pemimpinnya yang bisa menentukan para pemilih untuk menentukan pilihannya.

Hasil pilkada hari ini sudah pasti menjadi bahan evaluasi dari semua partai dan caleg untuk menghitung kemungkinan pemenagan para calegnya di Pileg 2019. Contohnya pilkada Gubernur dan Wagub ada 17 Daerah, ada satu partai yang mengklaim bahwa 11 dari 17 pasangan dukungan menang, ada partai lain dari 171 daerah maka 35 daerah dukunga menang.  Artinya pileg 2019 sudah bias diasosiakan wilayah mana saja yang bias diasumsikan bisa meraih kemenangan pilegnya. Atau mempunyai peluang di wilayah mana saja, kalau harusnya menang tetapi ternyata kalah, maka semua bisa dipetakan dengan seksama dan detail.

See the source image

Banar atau salahnya prediksi tahun 2018, maka akan terbukti pada pileg athun 2019. Bravo

 

 

Geografi Mitologi (Hikayat Danau Toba)

Sebelumnya saya menyampaiakan rasa bela sungkawa terhadap saudara2 yang terkena musibah di Danau Toba. Danau Toba adalah danau alamiah yang tebentuk pada zaman dahulu kala yang kemudian atas kemurahan hati Sang Pencipta maka segala kelengkapan kebutuhan manusia disediakan secara gratis termasuk hewan dalam air yaitu ikan.

Para tetua manusia tahu betul ada sifat dasar manusia yaitu serakah dalam mengelola sumber daya alam. Maka banyak sekali mitologi atau kepercayaan-kepercayaan di banyak tempat di Indonesia untuk menjaga agar keserakahan manusia itu bisa dijaga sehingga aktifitas manusia tidak merusak sumber daya alam. Kenapa, karena jika alam dirusak, hukum alam alam akan bertindak yaitu akan terjadi bencana alam yang akan menimpa manusia yang merusak alam. Contohnya mislanya hutan belantara yang angker dan dibuatkan  mitologi didalam hutan hidup raksasa atau mahkluk halus atau hewan yang sangat buas pemangsa manusia.  Saat manusia percaya dan taat akan mitologi maka bencana tidak datang, air terjaga hewan terjaga, atau tanaman yang bisa dimakan semua tersedia. Kemajuan jaman dan hilangnnya tutur mitologi dan terbukti mitologi itu tidak ada karena menbang pohon tanpa ijin tetua adat dulu kesurupan tetapi sekarang penebang liar tidak ada yang kesurupan maka semua pohon ditebang. Apa akibatnya, kekeringan dan kekurangan air bersih, banjir bandang dan tanah longsor.  Ini menjadi satu contoh sederhana ada satu mitologi yang dilanggar dan effeknya akan berakibat pada manusia juga pada akhirnya.

Merujuk cerita mitologi  dari Danau Toba, setahu saya, ada mitologi ikan emas di danau toba dalam mitologi terbentuknya danau toba (mohon maaf kalua salah). Maka ada mitologi dilarang memakan ikan mas yang berukuran besar dan berwarna emas, jika tidak maka akan terjadi bencana bagi kehidupan masyarakat di Danau Toba. Mitologi memang dua sisi, bisa dipercaya sebagai takhyul atau dipahami sebagai konservasi atau menjaga sumber daya alam. Logika sederhana saya adalh mitologi saya anggap konservasi untuk menjaga ketersediaan sumber day alam. Jika ikan mas yang besar boleh diambil maka induk ikan habis dan ikan yang baru juga tidak ada, maka ketersedian sumberdaya alam akan punah. sangat sederhana.

Kalau mitologi diangap sebagai hokum adat pada suatu laranga yang dilanggar, kalau betul, sehari sebelumnya ada nelayan yang menangkap ikan emas yang sangat besar dan Sudha disaranakan untuk mengembalikan ke danau tapi tidak digubris karena dianggap takhyul, tetapi menjadi suatu sebab akibat yang dihubungkan dengan kejadian musibah kapal tenggelam di Danau Toba. Boleh percaya boleh tidak, mungin juga ada benarnya begitu laranga dilanggar maka akan terjadi musibah, untuk lebih mendewasakan manusia bahwa setiap mengagapbil tindakan dipikirkan manfaat dan mudaratnya.

Mitologi tsunami, mitologi gunung berapi, mitologi gempa bumi, banjir, petir dan lainnya, sangat banyak di Indonesia dan tersebar dengan berbagai macam versi untuk kepentingannya masing daerah pembuat mitologi. Maka perlu dibuatakan satu penelitian Geogarafi mitologi, bukan untuk percaya pada hal yang mitos, tetaai diambil hikmah untuk masa kekeinian dalam kontek konservasi sumberdaya alam demi keberlangsungan umat manusia.

 

 

 

 

 

 

Infrastruktur, Transportasi dan Aksesibilitas bagi Masyarakat Ekonomi ASEAN(Geografi Ekonomi dan Geografi Transportasi)

Hubungan India dan ASEAN, menjadi suatu perencanaan yang penting dalam membangun suatu jaringan infrastruktur, baik secara fisik maupun secara sosial. Infrastruktur fisik sangat mudah, karena berkaitan dengan hal yang nyata, namun agak berbeda denga infrastruktur soasial karena banyak  hal yang harus disiapkan baik oleh ASEAN dan India, tetapi juga masing negara di ASEAN secara individu dan provinsi yang ada di India.

Jika infrastruktur fisik, misalnya transportasi sudah jadi, maka yang diperhitungkan adalah aksesibilitas. Apakah sarana transportasi itu mudah diakses oleh semua pihak, atau hanya kalangan tertentu saja?. Tentu negara ASEAN harus sudah memikirkan bagaimana kerangka infrastruktur trasnportasi dengan India. Hal ini tentu menyangkut kesiapan Myanmar (Burma) dan Thailand sebagai hub/pengikat jaringan infrastruktur daratan antara INDIA dengan ASEAN.

Hal ini juga akan mendukung persiapan hubungan Tiongkok dengan ASEAN membangun infrastruktur transportasi darat untuk kemudahan aksesibilitas. Negara Vietnam, Laos dan Thailand menjadi mitra utama ASEAN dan Tiongkok karena ketiga negara ASEAN ini akan berhubungan langsung dengan provinsi yang ada di Tiongkok. Hal ini juga akan menjadi posisi Thailand bersiap diri secara infrastruktur sosial, sebagai pusat pertumbuhan antara ASEAN dengan INDIA dan Tiongkok. Kalau tidak maka Thailand hanya akan menjadi warga ASEAN sebagai penonton saja dari berbagai kemudahan aksesbilitas dari hubungan trasnportasi INDIA dan Tiongkok menuju negara ASEAN, lainnya yang punya peluang ekonomi lebih baik, misalnya Malaysia, Singapura dan terutama Indonesia, yang sedang membangun infrastruktur transportasi.

 

 

 

 

Hubungan Timbal Balik Desa Kota: Transfer Energy Positif Ulang-Alik(Geografi Desa-Kota)

Selamat Idul fitri bagi yang merayakan dan menikmati recharge energy bagi yang mudik kekampung halaman. Berkenaan dengan hubungan timbal balik bagi para pemudik dan wisatawan yang memanfaatkan liburan panjang, hubungan desa kota adalah hubungan yang selalu positif.  Jika hanya dilihat segi ekonomi, maka BI mencata pergerakan uang selama liburan tahun ini mencapai 167 T, dengan asusmi saya menunjukkan ada arus uang masuk ke desa dari kota (luar desa ataupun negara), baik trasnfer dari para pekerja, transaksi para pemudik, atau wisatawan yang datang ke desa2 tempat tujuan wisata di seluruh tanah air. Bahkan khususnya Bali, sudah dua orang penting masuk yaitu Obama dan PM Nadib dari Malaysia. Artinya warga desa yang tetap tinggal di desa bisa menadapatkan energy ekonomi untuk meningkatkan kualitas desanya masing agar bisa didatangi oleh sanak keluarga atau wisatawan, terutama jika desa mereka punya keunikan tersendiri.

Apakah kota membutuhkan desa? jawabannya iya, semua produk alami buah dan sayuran dan bahan pokok ada didesa, bahkan untuk industri kertas, minyak bijih besi semua ada di desa. Desa memngirimkan semua energy positifnya ke kota agar kota bisa bergerak aktif menghasilkan peningkatan ekonomi, yang nantinya bisa ditrasnfer kembali ke desa dalam bentuk investasi atau kunjungan wisata.  Selaian sumber daya energy, ekonomi juga manusia. Jangan lupa, mahasiswa yang datang ke kota untuk kuliah, orang berpendidikan, berpengalaman dan non kependidikan dan pengalaman, punya hak untuk datang ke kota. Orang kota jangan sombog, siapa yang mengerjakan konstruksi diperkotaan kalau bukan orang desa? artinya semua kondisi ini harus disinergikan dengan baik oleh pemerintah agar hubungan salaing membutuhkan terus berlanjut dengan aturan yang baik dan berimbang bagi kedua belah pihak

Jadi hubungan timbal balik kota desa dengan transfer energy positif yang ulang-alik desa kota menjadi kunci pembangunan Indonesia yang ditunjang kemudiahan transportasi, sehingga kedepan logika komuter tidak kota-desayang dekat, misal Jakarta Depok, tetapi Tasik-Jakarta pp atau Jakarta-Cilacap pp satu hari bisa dialakukan.

 

Pilkada yang Menyenangkan…….(Geografi Politik)

Hari ini 101 daerah akan melakukan pilkada, hasil hari ini bisa membrikan berbagai macam informasi spasail, mulai dari loaksi TPS, Kelurahan,Kecamatan dan seterusnya sampai prediksi pilpres 2019.

Semoga semua hasil prediksi siapa yang menang dan kalah menambah masukan bagi ilmu pengteahuan dan pembangunan Indonesia. Hasil Pemetaan dari pilkada bias dimanfaatkan bagi perencanan pembangunan 5 tahun kedepan. Demiian pula persiapan pilkada lima tahun mendatang bisa dianalisis dari hasil pilkada hari ini.

Selamat berpilkada bagi yang melaksanakan.

 

 

 

Perubahan Ide Panas dari 2008 ke 2016

Panas bumi menjadi satu kajian yang menarik dari tahun 2007/2008 hingga tahun 2011, saat menemani mahaiswa melalukan riset tentang dinamika spasial panas bumi disekiat gunung salak. Tetapi sebelumnya sudah meniti tentang iklim tahun 1996/1997 dan dilanjutkan tahun 2005. Kedua perubahan penggunaan tanah menjadi suatu kajian yang sangat dinamis dan mudah dalam menghasilkan informasi terutama diperkotaan yang perubahan penggunnaan tanahnya sangat dinamis.

Implikasi dari perubahan penggunaan tanah, maka akan terjadi perubahan tutupan tanah, akibatnya suhu permukaan tanah naik, yang diikuti oleh suhu udara. Beberapa publikasi juga meybutkan terus meningkatnya suhu udara di dunia. Berdasrkan hal tersebut maka sejak tahun 2012 kembali fokus penelitian pada iklim perkotaan dan teknologi pengum[ulan dan pengolahan data.

Catatan itu terdapat pada profile di scopus, data menunjukkan riset sejak tahun 2008, kemudian muncul lagi tahun 2016. Semoga tahun 2017 dan seterusnya bisa muncul informasi penelitian yang terdata di scopus atau ISI. Semoga

Perubahan penggunana tanah dan suhu perkotaan menjadi suatu tantangan yang menarik untuk di kaji dan dipublikasikan.

 

Sebagian Publikasi ada di Google Scholar (sekedar contoh untuk Mahasiswa S1)

Katanya produk dosen adalah publikasi dalam bentuk jurnal, untungnya banyak jurnal yang mau menerima tulisan saya. Sejak tahun 2008-2016 sudah ada delapan, 1 di geografi ui, 2 di UGM, 2 di IPB, 3 di Majalah Globe di BIG. Prosiding seminar baru dua di UGM.  Terakhir seminar di jogja ada mahasiswa S2 UGM yang bertanya, bapak dosen UI? boleh saya minta referensi jurnal atau publikasi proseding berkait dengan thermal menggunakan citra satelit?. Publikasi dari prosiding seminar dan jurnal untungnya ada, kalau tidak waduh….jadi bahan renungan juga.

Silakan kalau ada yang mau membaca, syukur ada yang mau merujuk dan semoga bermanfaat. Katanya lagi yang penting bukan jurnalnya saja, tetapi  berapa jurnal/paper  yang merujuk, kalau tidak ada juga ya dirujuk sendiri saja…untuk mahasiswa bimbingan yang disiapkan masuk jurnal atau menjadi rujukan jurnal lanjutan jilid berikutnya. Lumayan satu-satu lama-lama jadi banyak….

Mohon doanya, agar tahun ini bisa disetujui 3 jurnal lagi yang sedang direview (katanya), selain ada itu 2 paper masuk prosiding setelah presntasi seminar inetrnasional, semoga tidak direview dan langsung diterima.  Paper itu kesemuanya target scopus. Lagi nye-copus-mas…katanya teman2 UGM kalau ada yang bertanya kemana saja kok tidak keliatan. Sayapun ikutan juga nye-copus-mas,  biar merasakan sensasi nyecopus sambil nyeruput kopi. Amin3x

 

publikasi-di-gogle-scholar

Membaca Sumpah Pemuda (Membaca Peta Indonesia)

Jokowi membuat suatu konsep membangun negara ini berdasarkan pengetahuan GEOGRAFI. Perbedaan harga yang terjadi di Indonesia dia rapikan menjadi satu harga, sesuai dengan konsep tol laut dan kebijkaan satu peta. Satu INDONESIA yang puluhan tahun lalu menajdi suatu kesepakatan para pemuda yang MEMBACA bahwa kesatuan dan persatuan dari ujung barat dan timur terasa dalam satu kata INDONESIA. Membaca Sumpah Pemuda maka kata-kata itu adalah satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa yaitu INDONESIA.

Apa dasarnya? Pasti para pemuda paham aspek fisikal geografi dan human geografi yang disadari oleh semua pihak yang secara basik/dasar yaitu punya pengetahuan geografi yang sudah diberikan Tuhan sejak lahir. Kesadaran salah satunya adalah PETA jaringan perdagangan Majapahit yang dituliskan harian kompas dalam mingggu ini (selasa dan kamis) yaitu membaca Indonesia atau bisa diartikan membaca Peta Manajemen Kenegaraaan Jaman Majapahit. Pastinyan banyak mengilhami semua komponen bangsa dan diterjemahkan  dengan baik membaca Peta tersebut oleh Jokowi dengan penyatuan standar harga BBM dan kemudahan trasnportasi di selurauh Indonesia.

Apa dampknya, maka kita akan berhasil menghimpun semua data dalam sebuah peta dari 62.000 desa dan 17.000 pulau yang ada di Indonesia, menjadi satu kesatuan data INDONESIA yang satu.

Selamat Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2016, semangat persatuan selamanya untuk satu Indonesia

 

 

 

 

 

 

Menulis dengan basis pengetahuan geografi

Menulis menjadi bagian kecil dari sebuah catatan kehidupan, tetapi kalau itu adalah sebuah informasi, apalagi informasi geografi, maka kalau itu tidak sempat ditulis maka informasi geografi itu akan hilang, apalagi yang punya rentang waktu sangat pendek. Contoh fenomena Batu Akik, saat berjaya hampir semua tempat berubah menjadi lapak batu akik, yang melebihi persebaran alfamart dan indomart. Hal lain misalnya Singapura mencatat dalam 100 tahun, maka tahun 2014 Singapura mencatat suhu tertinggi terjadi disana, apa akibatnya? tahun 2015 Singapura kekurangan sumber air, inilah contoh tulisan dengan basis pengetahun geografi berdasarkan catatan data di suatu lokasi/tempat.

Apakah harus belajar geografi di UI atau UGM untuk punya pengetahuan geografi? jawabannya tidak juga, karena Tuhan telah membenamkan dalam otak kita tanpa diminta sebuah sistem canggih yaitu Sistem Informasi Geografis, sebagai bukti adalah bayi yang baru saja lahir bisa mendeteksi secara aktif dan mencari dimana letak sumber makanannya, tanpa diberikan arahan oleh ibunya atau tenaga medis (maha besar karunia-Nya). Artinya ilmu geografi adalah bagian dari kehidupan manusia, sejak lahir menuju ke akhir hidupnya, ilmu geografi otomatis menuntun manusia beraktifitas dari satu tempat ke tempat lain. Jika dikumpulkan catatan itu maka bisa dengan mudah informasi geografi semua desa di Indoenesia terdata dengan baik.

Contoh lain Prasasti dari Raja Airlangga bisa menunjukkan perpindahan pelabuhan dari Pantai Timur ke Pantai Utara Jawa sebagai bagian dari adanya hubungan dengan perdagangan internasional Pulau Jawa dan Luar Negeri, hingga Raja mencari lokasi pelabuhan yang tepat, pasti berdasarkan ilmu geografi si Raja. Kita yang beruntung karena catatan itu dituliskan dalam prasasti sehingga kita bisa membaca fakta pada jaman dahulu tersebut di masa sekarang  ini.

Sialakn baca majalah geospasial di https://majalahgeospasial.wordpress.com/,  selama lebih dari 14 tahun 2003-2016 memberikan berbagai macam informasi geografi dari berbagai lokasi.

Mari menulis berdasarkan pengetahuan geografi yang sudah kita miliki sejak lahir.

 

Menuju Perayaan Kemerdekaan RI

Kemerdekaan itu suatu pilihan, harus diraih dengan perjuangan bahkan sampai pengorbanan. Mencapai suatu cita-cita atau tujuan yang mulia kurang lebih sama dengan proses mencapai kemerdekaan. Tidak ada kata yang mudah untuk mencapai suatu tujuan dan pasti penuh pengorbanan dan kerja keras.

Sekali Merdeka Tetap Merdeka

 

Mudik, Idul Fitri, Mohon Maaf Lahir Bathin

Wisata ke desa (mudik) menjadi fenomena tahunan, macet di jalan bukan menjadi halangan, karena itu hanya dinamika ritual tahunan untuk mancapai satu tujuan bertemu keluarga. Bagi yang belum pernah mudik dan baru kali pertama, bisa jadi, kejadian tahun ini menjadi catatan tersendiri bahwa Jakarta-Tegal ditempuh 1 hari, Jakarta-Solo jadi 2 hari (misalnya). Logis? jawabanya bisa iya bisa juga tidak, jika merujuk kejadian mudik tahun 1992, pernah terjadi Jakarta-Solo ditempuh 3 hari, wajar?tidak juga, tetapi ya itulah fenomena mudik yang terkadang menjadi tidak masuk akal. Tetapi sekali lagi macet bukan suatu persolaan, karena itu hal yang biasa saja bagi para pemudik tahunan. Tahun 1980-1990 Jakarta-Solo pasti dua hari, berangkat pagi kemudian sore atau malam pasti menginap di Tegal, besok pagi kemudian lanjut dan baru malam sampai di Solo. Jadi secara mental tidak harus ngotot satu hari sampai, perjalanan mudik adalah perjalanan wisata yang bisa dinikmati.

Kenapa harus mudik? jawabnnya adalah bertemu orangtua di desa setelah setahun merantau. Kedua sholat tarawih di desa dan sholat idul fitri di desa, bisa bertemu kawan sepermainan waktu kecil di desa, hal ini bisa menjadi suatu pengobatan alternatif kejiwaan untuk bisa mengukur satu perjalanan hidup, sukses atau belum sukses hanya suatu ukuaran, sudah punya anak-menantu-cucu, itu suatu ukuran kejiwaan lainya. Sombong? iya bisa juga dalam sisi yang lain sebagai bagian ukuran kaya-miskin dalam ukuran sukses sebagai ukuran bekerja keras ditahun berikutnya. bagian dari Ibadah?bisa juga. Sisi ekonomi, sebagai penggerak ekonomi desa karena saat idul fitri menjadi suatu fenomena tersendiri, tetapi dalam hal ukuran salah-benar bisa menjadi ukuran menilai dosa dimasa lalu dan mencoba memminta maaf pada semua orang yang pernah merasakan akibat dari kesalahan kita di masa lalu, terutama dimasa kecil hidup di desa.

Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir bathin

 

 

 

Pergi Wisata ke Desa

Mudik Lebaran adalah tradisi tahunan wisata ke desa. Aliran dana dan manusia ke desa tiap lebaran terus meningkat sejalan dengan jumlah perantau atau keturunan perantau untuk berwisata ke desa. Dalam distribusi uang masuk ke desa, hajatan tahunan ini memberikan dampak positif di sepanjang perjalanan dan moda transportasi yang digunakan. Jika menggunakan kendaraan pribadi, maka sepanjang jalur saat berhenti untuk makan, minum, ibadah atau isi bahan bakar serta membeli oleh2 menjadi dampak ikutan dari perjalanan wisata ke desa. Makin jauh jaraknya maka dampaknya semakin besar.

Dampak utama/terbesar tentunya ada di desa tempat wisata, minimal membeli barang keperluan sehari-hari atau tradisi bagi-bagi rejeki ke sanak keluarga di desa. Ini menjadi dampak peningkatan distribusi uang kartal dari kota ke desa, sehingga dimungkinkan terjadi peningakatan ekonomi sesaat di desa tempat wisata.

Wisata desa bias menjadi pemicu pergerakan ekonomi, jika tiap desa menyiapkan segala keperluan dan keunikan khusus tiap desa, maka wisata antar desa saat lebaran bisa terjadi dengan sendirinya. Ada kemungkinan jika di Jawa adalah Prov.Jawa Tengah menjadi desa terbanyak tujuan wisata desa, dan mungkin di Sumatera adalah Sumatera Barat dan Sumatera Utara yang menjadi center desa tujuan wisata.

Proses wisata desa, harus menjadi target pemerataan pereonomian, sehingga desa menjadi sentral ekonomi yang bercirikan desa dan bukan mentransformasi desa menjadi kota, sehingga wisata ke desa sama halnya wisata ke kota, karena kondisi desa sudah penuh sesak dengan ciri-ciri kota.

 

 

 

SELAMAT ATAS PELUNCURAN BRISAT

BRI menjadi bank dengan jumlah kantor cabang pembantu terbanyak menjangkau seluruh desa di Indonesia. Teknologi informasi membutuhkan suatu jaminan layanan sistem yang independen. Semoga keputusan yang sangat strategis ini bisa memajukan bangsa, terutama perkembangan ekonomi pedesan di seluruh Indonesia.

Kemudiahan bertransaksi dengan elektronik banking akan mengubah peta ekonomi pedesan yang bisa berinteraksi langsung dengan bank secara elektronik tanpa terganggu keterbatasan kantor cabang dan SDM lapangan. Semoga ada sinergi yang baik dengan kementrian PDT untuk bisa melakukan percepatan pembanguann pedesaan dengan transaksi elektronik

SYUKUR ADA PANCASILA

Proses perjalanan panjang bangsa hingga menemukan jati diri, maka adanya PANCASILA menjadi syukur kita pada bangsa ini memiliki landasan dalam berbangsa dan bernegara.

 

URBAN FOREST, mari menanam tanaman keras(hutan) di Kota Kita

Keputusan pemerintah (pusat dan daerah) di Kota Jakarta dengan membanggun taman (misal. Kalijodo)  serta hutan kota Thamrin menjadi satu pilar penting untk mengembalikan fungsi lingkungan hidup bagi manusia. Iya hutan (tanaman didalamya) bisa berlapis-lapis mulai dari dasar tanah, di batang-batang pohon (epifit) hingan tanaman di dekat canopy.

Begitu kaya ragam tanaman jika membuat ruang hijau dengan konsep hutan, meskiun taman pun bolehlah, yang penting tanam tanaman keras. Fungsi hijau untuk mata, fungsi 02 untuk pernapasan, fungsi akar menahan air dan menjaga fungsi kelembaban tanah, fungsi batang untuk tempat tanaman lain hidup.

Jika sudah kemabali kepada kondisi alamiah bagi habitat tumbuhan, maka akan hadir hewan yang ikut ambil bagian, misalnya burung, efecnya tambahlah suara burung berkicau. Maka ada lagi fungi hutan yakni fungsi suara untuk telinga bagi manusia. Iya semua fungsi itu dicipatakan Tuhan untuk manusia.

Semoga hutannya ditambah lagi. SETUJU MEMBANGUN HUTAN KOTA……….DI INDONESIA.