Infrastruktur, Transportasi dan Aksesibilitas (Masyarakat Ekonomi ASEAN)

Hubungan India dan ASEAN, menjadi suatu perencanaan yang penting dalam membangun suatu jaringan infrastruktur, baik secara fisik maupun secara sosial. Infrastruktur fisik sangat mudah, karena berkaitan dengan hal yang nyata, namun agak berbeda denga infrastruktur soasial karena banyak  hal yang harus disiapkan baik oleh ASEAN dan India, tetapi juga masing negara di ASEAN secara individu dan provinsi yang ada di India.

Jika infrastruktur fisik, misalnya transportasi sudah jadi, maka yang diperhitungkan adalah aksesibilitas. Apakah sarana transportasi itu mudah diakses oleh semua pihak, atau hanya kalangan tertentu saja?. Tentu negara ASEAN harus sudah memikirkan bagaimana kerangka infrastruktur trasnportasi dengan India. Hal ini tentu menyangkut kesiapan Myanmar (Burma) dan Thailand sebagai hub/pengikat jaringan infrastruktur daratan antara INDIA dengan ASEAN.

Hal ini juga akan mendukung persiapan hubungan Tiongkok dengan ASEAN membangun infrastruktur transportasi darat untuk kemudahan aksesibilitas. Negara Vietnam, Laos dan Thailand menjadi mitra utama ASEAN dan Tiongkok karena ketiga negara ASEAN ini akan berhubungan langsung dengan provinsi yang ada di Tiongkok. Hal ini juga akan menjadi posisi Thailand bersiap diri secara infrastruktur sosial, sebagai pusat pertumbuhan antara ASEAN dengan INDIA dan Tiongkok. Kalau tidak maka Thailand hanya akan menjadi warga ASEAN sebagai penonton saja dari berbagai kemudahan aksesbilitas dari hubungan trasnportasi INDIA dan Tiongkok menuju negara ASEAN, lainnya yang punya peluang ekonomi lebih baik, misalnya Malaysia, Singapura dan terutama Indonesia, yang sedang membangun infrastruktur transportasi.

 

 

 

 

Hubungan Timbal Balik Desa Kota (Transfer Energy Positif Ulang-Alik)

Selamat Idul fitri bagi yang merayakan dan menikmati recharge energy bagi yang mudik kekampung halaman. Berkenaan dengan hubungan timbal balik bagi para pemudik dan wisatawan yang memanfaatkan liburan panjang, hubungan desa kota adalah hubungan yang selalu positif.  Jika hanya dilihat segi ekonomi, maka BI mencata pergerakan uang selama liburan tahun ini mencapai 167 T, dengan asusmi saya menunjukkan ada arus uang masuk ke desa dari kota (luar desa ataupun negara), baik trasnfer dari para pekerja, transaksi para pemudik, atau wisatawan yang datang ke desa2 tempat tujuan wisata di seluruh tanah air. Bahkan khususnya Bali, sudah dua orang penting masuk yaitu Obama dan PM Nadib dari Malaysia. Artinya warga desa yang tetap tinggal di desa bisa menadapatkan energy ekonomi untuk meningkatkan kualitas desanya masing agar bisa didatangi oleh sanak keluarga atau wisatawan, terutama jika desa mereka punya keunikan tersendiri.

Apakah kota membutuhkan desa? jawabannya iya, semua produk alami buah dan sayuran dan bahan pokok ada didesa, bahkan untuk industri kertas, minyak bijih besi semua ada di desa. Desa memngirimkan semua energy positifnya ke kota agar kota bisa bergerak aktif menghasilkan peningkatan ekonomi, yang nantinya bisa ditrasnfer kembali ke desa dalam bentuk investasi atau kunjungan wisata.  Selaian sumber daya energy, ekonomi juga manusia. Jangan lupa, mahasiswa yang datang ke kota untuk kuliah, orang berpendidikan, berpengalaman dan non kependidikan dan pengalaman, punya hak untuk datang ke kota. Orang kota jangan sombog, siapa yang mengerjakan konstruksi diperkotaan kalau bukan orang desa? artinya semua kondisi ini harus disinergikan dengan baik oleh pemerintah agar hubungan salaing membutuhkan terus berlanjut dengan aturan yang baik dan berimbang bagi kedua belah pihak

Jadi hubungan timbal balik kota desa dengan transfer energy positif yang ulang-alik desa kota menjadi kunci pembangunan Indonesia yang ditunjang kemudiahan transportasi, sehingga kedepan logika komuter tidak kota-desayang dekat, misal Jakarta Depok, tetapi Tasik-Jakarta pp atau Jakarta-Cilacap pp satu hari bisa dialakukan.

 

Pilkada yang Menyenangkan……….

Hari ini 101 daerah akan melakukan pilkada, hasil hari ini bisa membrikan berbagai macam informasi spasail, mulai dari loaksi TPS, Kelurahan,Kecamatan dan seterusnya sampai prediksi pilpres 2019.

Semoga semua hasil prediksi siapa yang menang dan kalah menambah masukan bagi ilmu pengteahuan dan pembangunan indonesia

Selamat berpilkada bagi yang melaksanakan

 

 

 

Perubahan Ide Panas dari 2008 ke 2016

Panas bumi menjadi satu kajian yang menarik dari tahun 2007/2008 hingga tahun 2011, saat menemani mahaiswa melalukan riset tentang dinamika spasial panas bumi disekiat gunung salak. Tetapi sebelumnya sudah meniti tentang iklim tahun 1996/1997 dan dilanjutkan tahun 2005. Kedua perubahan penggunaan tanah menjadi suatu kajian yang sangat dinamis dan mudah dalam menghasilkan informasi terutama diperkotaan yang perubahan penggunnaan tanahnya sangat dinamis.

Implikasi dari perubahan penggunaan tanah, maka akan terjadi perubahan tutupan tanah, akibatnya suhu permukaan tanah naik, yang diikuti oleh suhu udara. Beberapa publikasi juga meybutkan terus meningkatnya suhu udara di dunia. Berdasrkan hal tersebut maka sejak tahun 2012 kembali fokus penelitian pada iklim perkotaan dan teknologi pengum[ulan dan pengolahan data.

Catatan itu terdapat pada profile di scopus, data menunjukkan riset sejak tahun 2008, kemudian muncul lagi tahun 2016. Semoga tahun 2017 dan seterusnya bisa muncul informasi penelitian yang terdata di scopus atau ISI. Semoga

Perubahan penggunana tanah dan suhu perkotaan menjadi suatu tantangan yang menarik untuk di kaji dan dipublikasikan.

 

Sebagian Publikasi ada di Google Scholar (sekedar contoh untuk Mahasiswa S1)

Katanya produk dosen adalah publikasi dalam bentuk jurnal, untungnya banyak jurnal yang mau menerima tulisan saya. Sejak tahun 2008-2016 sudah ada delapan, 1 di geografi ui, 2 di UGM, 2 di IPB, 3 di Majalah Globe di BIG. Prosiding seminar baru dua di UGM.  Terakhir seminar di jogja ada mahasiswa S2 UGM yang bertanya, bapak dosen UI? boleh saya minta referensi jurnal atau publikasi proseding berkait dengan thermal menggunakan citra satelit?. Publikasi dari prosiding seminar dan jurnal untungnya ada, kalau tidak waduh….jadi bahan renungan juga.

Silakan kalau ada yang mau membaca, syukur ada yang mau merujuk dan semoga bermanfaat. Katanya lagi yang penting bukan jurnalnya saja, tetapi  berapa jurnal/paper  yang merujuk, kalau tidak ada juga ya dirujuk sendiri saja…untuk mahasiswa bimbingan yang disiapkan masuk jurnal atau menjadi rujukan jurnal lanjutan jilid berikutnya. Lumayan satu-satu lama-lama jadi banyak….

Mohon doanya, agar tahun ini bisa disetujui 3 jurnal lagi yang sedang direview (katanya), selain ada itu 2 paper masuk prosiding setelah presntasi seminar inetrnasional, semoga tidak direview dan langsung diterima.  Paper itu kesemuanya target scopus. Lagi nye-copus-mas…katanya teman2 UGM kalau ada yang bertanya kemana saja kok tidak keliatan. Sayapun ikutan juga nye-copus-mas,  biar merasakan sensasi nyecopus sambil nyeruput kopi. Amin3x

 

publikasi-di-gogle-scholar

Membaca Sumpah Pemuda (Membaca Peta Indonesia)

Jokowi membuat suatu konsep membangun negara ini berdasarkan pengetahuan GEOGRAFI. Perbedaan harga yang terjadi di Indonesia dia rapikan menjadi satu harga, sesuai dengan konsep tol laut dan kebijkaan satu peta. Satu INDONESIA yang puluhan tahun lalu menajdi suatu kesepakatan para pemuda yang MEMBACA bahwa kesatuan dan persatuan dari ujung barat dan timur terasa dalam satu kata INDONESIA. Membaca Sumpah Pemuda maka kata-kata itu adalah satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa yaitu INDONESIA.

Apa dasarnya? Pasti para pemuda paham aspek fisikal geografi dan human geografi yang disadari oleh semua pihak yang secara basik/dasar yaitu punya pengetahuan geografi yang sudah diberikan Tuhan sejak lahir. Kesadaran salah satunya adalah PETA jaringan perdagangan Majapahit yang dituliskan harian kompas dalam mingggu ini (selasa dan kamis) yaitu membaca Indonesia atau bisa diartikan membaca Peta Manajemen Kenegaraaan Jaman Majapahit. Pastinyan banyak mengilhami semua komponen bangsa dan diterjemahkan  dengan baik membaca Peta tersebut oleh Jokowi dengan penyatuan standar harga BBM dan kemudahan trasnportasi di selurauh Indonesia.

Apa dampknya, maka kita akan berhasil menghimpun semua data dalam sebuah peta dari 62.000 desa dan 17.000 pulau yang ada di Indonesia, menjadi satu kesatuan data INDONESIA yang satu.

Selamat Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2016, semangat persatuan selamanya untuk satu Indonesia

 

 

 

 

 

 

Menulis dengan basis pengetahuan geografi

Menulis menjadi bagian kecil dari sebuah catatan kehidupan, tetapi kalau itu adalah sebuah informasi, apalagi informasi geografi, maka kalau itu tidak sempat ditulis maka informasi geografi itu akan hilang, apalagi yang punya rentang waktu sangat pendek. Contoh fenomena Batu Akik, saat berjaya hampir semua tempat berubah menjadi lapak batu akik, yang melebihi persebaran alfamart dan indomart. Hal lain misalnya Singapura mencatat dalam 100 tahun, maka tahun 2014 Singapura mencatat suhu tertinggi terjadi disana, apa akibatnya? tahun 2015 Singapura kekurangan sumber air, inilah contoh tulisan dengan basis pengetahun geografi berdasarkan catatan data di suatu lokasi/tempat.

Apakah harus belajar geografi di UI atau UGM untuk punya pengetahuan geografi? jawabannya tidak juga, karena Tuhan telah membenamkan dalam otak kita tanpa diminta sebuah sistem canggih yaitu Sistem Informasi Geografis, sebagai bukti adalah bayi yang baru saja lahir bisa mendeteksi secara aktif dan mencari dimana letak sumber makanannya, tanpa diberikan arahan oleh ibunya atau tenaga medis (maha besar karunia-Nya). Artinya ilmu geografi adalah bagian dari kehidupan manusia, sejak lahir menuju ke akhir hidupnya, ilmu geografi otomatis menuntun manusia beraktifitas dari satu tempat ke tempat lain. Jika dikumpulkan catatan itu maka bisa dengan mudah informasi geografi semua desa di Indoenesia terdata dengan baik.

Contoh lain Prasasti dari Raja Airlangga bisa menunjukkan perpindahan pelabuhan dari Pantai Timur ke Pantai Utara Jawa sebagai bagian dari adanya hubungan dengan perdagangan internasional Pulau Jawa dan Luar Negeri, hingga Raja mencari lokasi pelabuhan yang tepat, pasti berdasarkan ilmu geografi si Raja. Kita yang beruntung karena catatan itu dituliskan dalam prasasti sehingga kita bisa membaca fakta pada jaman dahulu tersebut di masa sekarang  ini.

Sialakn baca majalah geospasial di https://majalahgeospasial.wordpress.com/,  selama lebih dari 14 tahun 2003-2016 memberikan berbagai macam informasi geografi dari berbagai lokasi.

Mari menulis berdasarkan pengetahuan geografi yang sudah kita miliki sejak lahir.

 

Menuju Perayaan Kemerdekaan RI

Kemerdekaan itu suatu pilihan, harus diraih dengan perjuangan bahkan sampai pengorbanan. Mencapai suatu cita-cita atau tujuan yang mulia kurang lebih sama dengan proses mencapai kemerdekaan. Tidak ada kata yang mudah untuk mencapai suatu tujuan dan pasti penuh pengorbanan dan kerja keras.

Sekali Merdeka Tetap Merdeka

 

Mudik, Idul Fitri, Mohon Maaf Lahir Bathin

Wisata ke desa (mudik) menjadi fenomena tahunan, macet di jalan bukan menjadi halangan, karena itu hanya dinamika ritual tahunan untuk mancapai satu tujuan bertemu keluarga. Bagi yang belum pernah mudik dan baru kali pertama, bisa jadi, kejadian tahun ini menjadi catatan tersendiri bahwa Jakarta-Tegal ditempuh 1 hari, Jakarta-Solo jadi 2 hari (misalnya). Logis? jawabanya bisa iya bisa juga tidak, jika merujuk kejadian mudik tahun 1992, pernah terjadi Jakarta-Solo ditempuh 3 hari, wajar?tidak juga, tetapi ya itulah fenomena mudik yang terkadang menjadi tidak masuk akal. Tetapi sekali lagi macet bukan suatu persolaan, karena itu hal yang biasa saja bagi para pemudik tahunan. Tahun 1980-1990 Jakarta-Solo pasti dua hari, berangkat pagi kemudian sore atau malam pasti menginap di Tegal, besok pagi kemudian lanjut dan baru malam sampai di Solo. Jadi secara mental tidak harus ngotot satu hari sampai, perjalanan mudik adalah perjalanan wisata yang bisa dinikmati.

Kenapa harus mudik? jawabnnya adalah bertemu orangtua di desa setelah setahun merantau. Kedua sholat tarawih di desa dan sholat idul fitri di desa, bisa bertemu kawan sepermainan waktu kecil di desa, hal ini bisa menjadi suatu pengobatan alternatif kejiwaan untuk bisa mengukur satu perjalanan hidup, sukses atau belum sukses hanya suatu ukuaran, sudah punya anak-menantu-cucu, itu suatu ukuran kejiwaan lainya. Sombong? iya bisa juga dalam sisi yang lain sebagai bagian ukuran kaya-miskin dalam ukuran sukses sebagai ukuran bekerja keras ditahun berikutnya. bagian dari Ibadah?bisa juga. Sisi ekonomi, sebagai penggerak ekonomi desa karena saat idul fitri menjadi suatu fenomena tersendiri, tetapi dalam hal ukuran salah-benar bisa menjadi ukuran menilai dosa dimasa lalu dan mencoba memminta maaf pada semua orang yang pernah merasakan akibat dari kesalahan kita di masa lalu, terutama dimasa kecil hidup di desa.

Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir bathin

 

 

 

Pergi Wisata ke Desa

Mudik Lebaran adalah tradisi tahunan wisata ke desa. Aliran dana dan manusia ke desa tiap lebaran terus meningkat sejalan dengan jumlah perantau atau keturunan perantau untuk berwisata ke desa. Dalam distribusi uang masuk ke desa, hajatan tahunan ini memberikan dampak positif di sepanjang perjalanan dan moda transportasi yang digunakan. Jika menggunakan kendaraan pribadi, maka sepanjang jalur saat berhenti untuk makan, minum, ibadah atau isi bahan bakar serta membeli oleh2 menjadi dampak ikutan dari perjalanan wisata ke desa. Makin jauh jaraknya maka dampaknya semakin besar.

Dampak utama/terbesar tentunya ada di desa tempat wisata, minimal membeli barang keperluan sehari-hari atau tradisi bagi-bagi rejeki ke sanak keluarga di desa. Ini menjadi dampak peningkatan distribusi uang kartal dari kota ke desa, sehingga dimungkinkan terjadi peningakatan ekonomi sesaat di desa tempat wisata.

Wisata desa bias menjadi pemicu pergerakan ekonomi, jika tiap desa menyiapkan segala keperluan dan keunikan khusus tiap desa, maka wisata antar desa saat lebaran bisa terjadi dengan sendirinya. Ada kemungkinan jika di Jawa adalah Prov.Jawa Tengah menjadi desa terbanyak tujuan wisata desa, dan mungkin di Sumatera adalah Sumatera Barat dan Sumatera Utara yang menjadi center desa tujuan wisata.

Proses wisata desa, harus menjadi target pemerataan pereonomian, sehingga desa menjadi sentral ekonomi yang bercirikan desa dan bukan mentransformasi desa menjadi kota, sehingga wisata ke desa sama halnya wisata ke kota, karena kondisi desa sudah penuh sesak dengan ciri-ciri kota.

 

 

 

SELAMAT ATAS PELUNCURAN BRISAT

BRI menjadi bank dengan jumlah kantor cabang pembantu terbanyak menjangkau seluruh desa di Indonesia. Teknologi informasi membutuhkan suatu jaminan layanan sistem yang independen. Semoga keputusan yang sangat strategis ini bisa memajukan bangsa, terutama perkembangan ekonomi pedesan di seluruh Indonesia.

Kemudiahan bertransaksi dengan elektronik banking akan mengubah peta ekonomi pedesan yang bisa berinteraksi langsung dengan bank secara elektronik tanpa terganggu keterbatasan kantor cabang dan SDM lapangan. Semoga ada sinergi yang baik dengan kementrian PDT untuk bisa melakukan percepatan pembanguann pedesaan dengan transaksi elektronik

SYUKUR ADA PANCASILA

Proses perjalanan panjang bangsa hingga menemukan jati diri, maka adanya PANCASILA menjadi syukur kita pada bangsa ini memiliki landasan dalam berbangsa dan bernegara.

 

URBAN FOREST, mari menanam tanaman keras(hutan) di Kota Kita

Keputusan pemerintah (pusat dan daerah) di Kota Jakarta dengan membanggun taman (misal. Kalijodo)  serta hutan kota Thamrin menjadi satu pilar penting untk mengembalikan fungsi lingkungan hidup bagi manusia. Iya hutan (tanaman didalamya) bisa berlapis-lapis mulai dari dasar tanah, di batang-batang pohon (epifit) hingan tanaman di dekat canopy.

Begitu kaya ragam tanaman jika membuat ruang hijau dengan konsep hutan, meskiun taman pun bolehlah, yang penting tanam tanaman keras. Fungsi hijau untuk mata, fungsi 02 untuk pernapasan, fungsi akar menahan air dan menjaga fungsi kelembaban tanah, fungsi batang untuk tempat tanaman lain hidup.

Jika sudah kemabali kepada kondisi alamiah bagi habitat tumbuhan, maka akan hadir hewan yang ikut ambil bagian, misalnya burung, efecnya tambahlah suara burung berkicau. Maka ada lagi fungi hutan yakni fungsi suara untuk telinga bagi manusia. Iya semua fungsi itu dicipatakan Tuhan untuk manusia.

Semoga hutannya ditambah lagi. SETUJU MEMBANGUN HUTAN KOTA……….DI INDONESIA.

 

 

Pesan dari Timur (Geo Strategis) Presiden Jokowi

Tahun 2015-2016 berganti, Pak Presiden ada di Papua, sebagai penanda bagian terdepan Indonesia ada di sebelah timur yang berbatasan dengan negara lain. Apa istimewanya dan buat siapa? pastinya banyak keisitimewaannya, terutama bagi masyarakat papua ada presiden yang hadir menjemput awal tahun baru. Jika dikaitkan dengan Masy Ekonomi Asean , secara geo strategis, maka jika “ingin bercanda” dengan peminpin ASEAN secara geografis Indonesia menjadi negara yang paling awal tahun barunya dibandingkan negara lain di ASEAN. Kedua, Indonesia mempunyai luas wilayah dari sabang hingga merauke hingga  Indonesia bisa merayakan tahun  baru tiga kali, yakni versi WIT, WITA dan WIB.

Hal ini bisa menjadikan optimisme sebagai bangsa dan negara, yang luas dan terdepan dinegara ASEAN, bahkan secara populasi penduduk Indonesia menjadi potensial market yang luar biasa jika perdagangna antar pulau-pulau di Indonesia menjadi bagian dari poros maritim dunia, dan juga posisi tawar yang sangat tinggi. Tentunya secara politis jelas sekali baik secara regional, internasional, nasional dan nasional, banyak manfaat postifnya.

Semoga aspek geografis Indonesia bisa dimanfaatkan dengan baik untuk menunjang pembangunan manusia Indonesia seutuhnya. Selamat tahun baru

 

Untung Pemilihan Presiden Langsung…………..

Melihat sidang MKD di Jakarta, saya menjadi yakin untung pemilihan presiden langsung, kalau dipilih di DPR ampun…..

Mengitari Kalimantan, Kapan?

Sambung rasa di Kalimntan, seoga segera tersambung jalan lintas Kalimantan, sehinga jika melalu jalan itu bisa berkelilin Pulau Kalimantan

Semoga

Pasukan ‘GO-JEK”, fenomena Indonesia

Bisnis menjadi salah satu hal yang menarik dari sebuah kreasi kretif daninovatif sehingga menghasilkan uang. Jumlah Lapangan kerja sedikit, jumlah pengangguran bertambah, jalanan macet dan munculnya bisnis online yang membutuhkan layana service para pelanggan menjadi sebuah kreasi dari pemilik GoJEK. Teknologi informasi yang mulai menjadi bagain hidup menjadi suatu pemicu dimana pelayaa cepat menajdi kata kuncinya.

Beberapa hari ini pasuakn Gojek mulai tampil disepanjang jalan menjadi satu alternatif transportasi ” dalam tanda petik” menjadi solusi ditengah kemacetan jakarta. Semoga ide awalnya bisa melakukan penyediaan lapangan pekerjaan bagi masyarakat ditunjang dengan manajemen yang baik serta memperhatikan K3, sehingga tidak ada kejadian kecelakaan yang menimpa para pengguna Gojek.

 

Kalau saja data pengguna dan jalur bisa didata serta sehingga pola penggunaan Gojek bisa dilakukan pembagian secara adil, sehingga smeua anggota/pegawai Gojek bisa sejahtera seperti sopir Busway.

 

Hari Pendidikan dan (Pengetahuan)

Setiap hari tiap orang bisa belajar baik pada pendidikan resmi atau yang tidak resmi (formal dan non formal). Belajar adalah satu bentuk dalam kegaiatan pendidikan. Orang didik menjadi guru, polisi, pilot, masinis, sopir  atau tentara maka ada pendidikan guru, pendidikan pilot dan seterusnya. Bermain suatu kegiatan dalam pendidikan. Maka setiap orang bisa belajar dalam dunia pendidkan hingga menjelang ke liang kubur (meninggal) misalnya ikut pendidikan non formal di masjid. Pendidikan tiada batas, selama orang mau belajar maka boleh mendapatkan pendidkan sesuai dengan keiinginannya.

Pengetahuan adalah hal yang diketahui oleh seseorang dalam hidupnya. Pengetahuan bisa didapat dari pendidikanya sehingga ia menjadi tahu atau proses dalamperjalan hidup kesehariannya. Tiap hari ada hal yang baru diketahuinya sehinga menjadi suatu pengetahuan itulah pengetahuan. Tanapa pendidikan pun seseroang bisa tahu banyak. Mulai dari membaca, mendengarkan radio, ngobrol dengan banyak orang atau jalan-jalan pergi kebanyak tempat, sehingga pengetahunnya lebih banyak lagi.

Hidup ini harus memiliki pendidikan dan juga pengetahuan. Selamat hari pendidikan, seoga semkain berpendidikan semakin banyak pegetahuan dan bisa menjadikan negera ini lebih baik lagi di masa mendatang

 

 

Transportasi lintas Jakarta (Merak ke Jawa Barat)

Jakarta masih jadi sentral aktifitas pemerintahan dan bisnis, dari semua arah Bodetabek masuk ke Jakarta. Macet menjadi hal sudah biasa sepertinya, kenapa? karena tidak ada pilihan alternatif kalau macet di satu jalur kemudian bisa pindah jalur yang lain. Jadi mestinya ada pilihan jalur dekat atau jalur jauh akan tetap sampai Jakarta dan bebas macet. Bisa juga mestinya mengaganti moda transportasi. Membaca koran dan menonton berita isinya agak lain, tentang MRT dan tol DESARI. Koran memberitakan bhawa MRT dan DESARI mandeg, tetapi TV infonya lain yakni memberi info bahwa pemerintah serius dan akan mempercepat proses penambahan sarana tranportasi, terutama proyek MRT dan tol. Berita lain informasinya ada penambahan rangkaian KA dan perubahan tarif commuter line, disisi lain di radio mengatakan penumpang di Depok Baru tidak bisa terangkut karena penumpang sudah penuh dari Bogor. Selain itu yang menarik adalah info baru ada penamhaan KA comuter line menuju Cibinong hingga ke Nambo di Cileungsi.

 

Terlepas dari jalur commuter Jakarta dan keluar Jakarta ada hal lain khsusnya di Jalan Tol dari Merak ke Cikampek. Melarang kendaraan Truk masuk Tol dalam kota, menjadi aneh karena sudah tersambung jalan tol Merak ke Jakarta hingga Ke Cikampek, Bandung dan Bogor, kemudain nanti bisa langung ke Jawa Tengah. Hal ini menjadi suatu pertanyaan tentang kebijakan transportasi dan pengadaan sarana jalan raya untuk angkutan ekonomi. Artinya tidak ada pilihn truk pngangkut barang ke jawa tengah jika tidak lewat jalan tol dari Sumatera. Satu hal perkonomian harus berjalan antara Jawa dan Sumatera, kedua ada permasalahan dengan kecepatan kendaraan di dalam jalan Tol harus minimal 60 km/jam, ketiga tidak adanya jalan khusus truk barang dari Merak ke Jawa Barat tanpa melalu tol yang  efisien secara ekonomi. Oleh karena hal tersebut maka perlu menjadi perhatian pemerintah tidak hanya membangun jalan tol, tetapi juga membangun atau mengaktifkan jalur-jalur arteri agar truk bisa berjalan dengan efisien tanpa masuk tol dari Maerak ke Jawa Barat. Sehingga jalan Tol bisa digunakan sesuai dengan fungsinya berkendaraan dengan kecepatan tinggi dan lancar, baik jarak dekat atau jarak jauh.

Tetap Semangat,

Situasinya sekarang belum berjalan dengan baik, namun demikian tetap semangat. BBM naik, tetapi tarif comuterline menurun. MRT belum jadi, amsi menyisakan macet. Pergerakan orang ke Jakarta dari Bodetabek masih menjadi masalah yang belum bisa dituntaskan dengan baik. semoga kedepan bisa menjadi lebih baik lagi