BLBI (BUDIDAYA LINTAH BENERAN INDONESIA)

BLBI   Penangkaran Lintah (Herudo Medicinalis): a. Pertanyaan Kapan mulai penangkaran? Jawaban dari salim: Tahun 2007Awalnya kami mencoba memenuhi permintaan lintah dari Salatiga yaitu Mbah Tamam (Perusahaan Jamu cap Onta […]

Alamat BLBIblbi

BLBI   Penangkaran Lintah (Herudo Medicinalis):

a. Pertanyaan Kapan mulai penangkaran?

Jawaban dari salim: Tahun 2007Awalnya kami mencoba memenuhi permintaan lintah dari Salatiga yaitu Mbah Tamam (Perusahaan Jamu cap Onta Mas yang meproduksi minyak lintah). Kami bersama tetangga2 untuk mengumpulkan Lintah dari rawa2 sekitar depok dan bogor, tangerang, tapi setelah mendapat Lintah dalam jumlah yang banyak kami kebingungan untuk memeliharanya karena tidak langsung terjual.Kami membeli tong air  untuk penampungan sementara Lintah dari Rawa yang kami dapatkan, penampungan dengan tong plastik  suhu  air dalam tong tidak stabil,. sehingga berkibat pernah mati sekitar 35 000 ekor  ketika air dalam tong terlalu panas.  Setelah mengetahui kondisi tersebut kami membuat bak2 bak kecil 1 m x 1,5 m dan tinggi 50 cm dari bata dan semen. Dan sampai sekarang sudah bertambah 7 kolam lintah..

b. Bagimana cara memeliharanya?

Jawaban dari salim: Cara memelihara Lintah, awalnya kami selalu uji coba-uji coba dan mencari  literatur di Internet, yang kita temukan sangat sedikit dan kita lebih banyak belajar sendiri di rawa asli tempat lintah hidup dan berkembang biak. (pada tahun 2007 itu di Indonesia belum kita temukan ada yang menangkar lintah kecuali di negeri tetangga), kita akui mereka di dukung oleh departemen peternakan negara dan masyarakat peternak Masyarakat Lintah di sana sudah membentuk Asosiasi peternak lintah. Berdasarkan pengalaman bergelut dengan lintah  Dalam memelihara lintah yang penting adalah kesesuaian dengan kondisi habitat alamnya hanya kita modifikasi dengan kolam dan pengaturan air yg selalu jernih dan suhu air nya yang stabil.Suhu yang dibutuhkan untuk habitat Lintah sekitar 18 ° C – 20 ° C, dan kondisi air harus jernih dan bersih, meskipun membutuhkan lumpur halus yg sudah mengendap/pasir. Untuk penanganan suhu udara kami bantu dengan pohon2 besar di atas kolam (peteduh).

Dan karena di kolam pekarangan rumah maka kita gunakan perlindungan (tutup kolam dengan kasa), supaya tidak lepas dan menggigit anak kecil. Dan dengan tutup kasa yang rapat supaya lintah tidak kabur kemana2, terutama waktu hujan (lintah sangat reaktif mendengar hujan turun). Hal ini kami temukan di alam, ketika hujan turun mereka akan keluar ke pinggir2 rawa mengikuti jatuhnya air hujan di tanah.Dulu pernah tetangga sekitar sini dibuat kaget-kaget karena pada waktu hujan turun  lintah Pak Salim bertebaran di halaman rumah mereka, dan kita pungutin satu2.Rawa-rawa yang sudah terkena pestisida atau bahan pupuk sudah tentu lintah tidak kita temukan (kabur), begitu juga rawa-rawa yang terkena air sabun lintah akan pergi (hilang). Oleh karena itu keberadaan Lintah di rawa dapat dijadikan indikasi bahwa rawa tersebut masih (alami / bersih).

b. Ada berapa macam jenis Lintah Pak Salim? Dan apa bedanya Lintah dengan pacet?

Jawaban dari salim: Lintah ya Lintah, Pacet ya Pacet. Pacet dan Lintah merpakan jenis yang berbeda. Lintah (Hirunine medicinalis), Pacet…………….. Lintah hidup di Air  dalam air, pacet hidup di tempat dengan kelembaban Tinggi di hutan basah (di dedaunan atau di humus dasar hutan basah/pacet tanah).

Dari bentuknya Pacet relatif lebih ramping dengan besaran sama dari ujung mulut sampai ke ekor, tapi lintah berbentuk meruncing ke ujung mulut dan ekor, melebar di badannya.Jenis Lintah:banyak orang menyebut Lintah dengan sebutan atas dasar yang  sering dihisap darahnya, misal Lintah Kerbau karena yang sering ditemukan dihisap adalah kerbau, ada yg menyebut berdasar atas tempat hidupnya -à Lintah rawa, lintah sawah, lintah muara, lintah sungai, Ada juga yang menyebut atas dasar warna badannya;: Lintah coklat, Lintah hijau, lintah batik/Lorena, lintah hitam.  Lintah pada dasarnya binatang yang  makanannya sari darah mahluk hidup (tidak hanya kerbau yang penting berdarah termasuk ikan, belut, manusia juga di hisap) tapi tidak ada yang menyebut Lintah manusia.  Tapi Manusia Lintah Ada yaitu BLBI (Badan Likuiditas Bank Indonesia) Ini Manusia-manusia Lintah yang menghisap darah Rakyat.Tapi BLBI kita ini ; Budidaya Lintah Beneran Indonesia. Memang yang namanya Kerbau itu cuek kalau di hisap oleh Lintah, dan Lintah menjadi senang karena sekali hisap langsung kenyang dan istirahat deh 3 – 6 bulan, bertelur dan beranak.Jenis kelamin lintah  tidak membedakan lintah jantan atau betina (hermaprodit = berganti2 kelamin, kadang jantan kadang betina = berkelamin ganda).

4 Apa keistimewaan Lintah? Insyaallah setiap binatang memang di beri keistimewaan. Untuk Lintah istimewanya selain maunya hidup di tempat yang bersih alami, ternyata dia peka terhadap sumber makanannya yaitu darah (darah apa saja), indra penciumannya tajam terhadap bau darah boleh di test dalam jarak tertentu ada darah dia akan menghampiri segera, meskipun tidak ada matanya. Keistimewaan yang lain, Dia hermaprodite (berganti-ganti kelamin = mudah diternakkan), Dan yang bermanfaat dan diketahui saat ini Lintah mengeluarkan Zat hirudine yang tidak membuat beku darah.

Dan kalau kita nyadar binatang yang disinggung pertama kali tersirat dalam Al Quran yaitu Lintah di surat Al Alaq (surat Iqro’) SQ: 96: ayat 2.ng>(segumpal darah*)ng> Awal pembentukan manusia menggantung pada rahim ibunya memancangkan akar dan menghisap darah ibunya seperti Lintah Dan  zat-zat utama yaitu zat antikoagulan (anti pembekuan darah / anti pengentalan darah) yang menyembuhkan ketika dia mengambil darah mangsanya, selain mengandung juga zat2 seperti yang terdapat di putih telur dan vitamin2, yang bermanfaat mengencerkan darah yang pada akhirnya dapat membuka saluran2 pembuluh yang tersumbat dan menyempit, sehingga bagian badan yang sedikit teraliri darah menjadi normal kembali dan syaraf di sekitarnya akan aktif lagi. Penyakit akibat gangguan darah dan penyakit saluran darah sangat bermacam2 dari mulai Jantung sampai kulit dan kelamin, kanker. Dan jika darah lancar maka penyembuhan dapat .didapatkan. Dan dapat dimanfaatkan untuk teraphy kecantikan, keharmonisan suami istri.Logika Ilmiahnya: saluran darah yang tidak tersumbat dengan darah yang tidak beku/mengental maka seluruh sari makanan dan vitamin menyebar merata ke seluruh bagian tubuh dan setiap bagian tubuh akan berfungsi normal.Jika kondisi ini terganggu maka (saluran macet) maka ada bagian tubuh yang tidak teraliri darah dengan sempurna bisa berakibat stroke, bagian tubuh kanan dan kirir tidak simetris dll, terjadi sel2 liar yang tumbuh karena tidak ada antibodi (dalam raha) yang mengaliri, berakibat penyakit kulit, kanker, tumor dll. Dengan prinsip pengobatan memperlancar saluran dan pengenceran darah maka saluran2 darah yang sekecil2nya akan teraliri darah dan menyembuhkan (menormalkan fungsi bagian tubuh)

5 Produk apa saja yang didapat dari Lintah?

Jenis Produk atau Pohon Industrinya:Jual Lintah hidup langsung baik untuk bibit maupun pembesaran lintahJual Lintah indukan Jual Lintah untuk teraphy berbagai penyakit saluran darah dan gangguan darahJual Lintah untuk bahan minyak lintahJual Lintah KeringJual Liur Lintah asliJual Buku tentang ternak lintahJual buku tentang teraphy lintahYang sekarang lagi trend yaitu jual Lintah untuk teraphy pengobatan: Langganan Kami mulai sekitar Jabodetabek, Bandung, Purwakarta, Majalengka, Cilacap, Semarang, Solo, Yogjakarta, Kediri, Bojonegoro, Tuban, Untuk Luar Jawa ; Balikpapan Kalimantan timur, Kisaran Sumatera Utara.Kami sekarang tidak melayani teraphy, biarlah yang lain melakukannya, kami fokus pada penyediaan lintahnya saja dan produk minyak lintahnya, serta penyusunan buku tetang peternakan.

6  Kendala apa yang sulit dihadapi? Sebenarnya sama sekali tidak ada yang sulit, ini kan bukan ular berbisa, atau binatang besar. Hanya perlu menghapus image bahwa Lintah itu menakutkan, menjijikkan. Dan selanjutnya hanya rutinitas pemeliharaan; mengganti air jernih, memberi nutrisi dan menutup rapat2 biar tidak mengganggu tetangga. Pemasyarakatan image bahwa lintah juga binatang yang bermanfaat, tidak image selama ini sebagai binatang yang menjijikkan dan menakutkan seperti drakula (penghisap darah). Kami ingin mencari agen pengiriman ke luar kota yang mau mengirim Lintah hidup sampai di tempat, saat ini masih sulit melakukan pengiriman karena perhatian media kirimnya kadang2 tidak diperhatikan oleh agen pengiriman, jadi sampai ditempat sering mati, yang akhirnya harus kami antar sendiri sampai tempat dengan menambah ongkos pengiriman. Rawa-rawa yanga da di Indonesai dari mulai rawa2  Bengkulu, Lampung, Palembang, Jawa barat dan masih banyak lagi. Rawa-rawa yang masih bersih alami. Apa yang diharapkan dari pemerintah Sebenarnya peternakan lintah lepas dari pemikiran pemerintah maupun peternak Indonesia. Sangat disayangkan, selain rawa-rawa sudah banyak tercemar, diurug untuk perumahan dan pemerintah tidak ada upaya penyelamatan Lintah dengan diternakkan. Belum pernah baca kan di data BPS peternakan Lintah di Indonesia, ya i ya lah emang cuman ada di Bedahan ini. Petugas survey sih sudah datang tapi apa sudah di cetak data laporan survey BPS Depok? Kita belum dapat konfirmasi. Sudah ada penulis buku dan fotografer yang datang untuk mencetak buku tentang lintah satu bulan yang lalu, tapi sudah cetak atau belum kami belum dapat konfirmasi.Harapan Kami:Kami siap bermitra dengan pemerintah untuk melakukan pengambilan benih2 asli di rawa-rawa Indonesia yang masih bersih untuk dijadikan bibit Lintah sehingga di Indonesia ini diketahui ada berapa Jenis Lintah (di dunia dikenal 300 jenis). Kami juga siap melakukan pelatihan bersama pemerintah untuk penangkaran bagi yang mau.Kami juga bekerjasama dengan para teraphies untuk melakukan pelatihan teraphies dengan menggunakan Lintah maupun gabungan herbal, bekam, totok syaraf dll.Kami berharap ada peneliti lintah Indonesia yang mendukung secara Ilmiah. (di USA, Eropa sudah banyak dimanfaatkan untuk medis: pembersihan darah beku bekas operasi, pengobatan kanker payudara, eksim, jerawat, bisul, migrand, perawatan kulit dll)Kami berharap pemerintah menjadi investor utama dalam hal ini selain tujuan perlindungan tetapi memiliki efek ganda yaitu memberikan pengobatan murah, tidak harus operasi di Negara lain.

Siapa saja konsumen ? Teraphies:

1.                    Pak Tamam Qaulany Salatiga

2.                    Pak Candra Ciputat (saat ini sudah pindah praktek di Bandung)

3.                    Pak Yusuf Bandung

4.                    Pak Edy Jagal Bojonegoro

5.                    Pak Abdi Solo dan Cireundey

6.                    Pak Hangga Cirebon

7.                    Ibu Indah Jombang

8.                   Mas Firdaus Solo

9.                    Mang Cecep Majalengka

10.                 Pak Darmawan Semarang

11.                 Pak Sulaiman Kisaran

12.                 Pak Muzni Kemayoran

13.                 Pak Usman Tuban

14.                 Pak Sugi Kerawang

15.                 Pak Subur Kediri

16.                Pak Marsono

17.                 Ibu Marina

18.                 Pak Iwan Malang

19.                 Pak Irwansyah

20.                 Pak Dwi Jogja

21.                 Pak Darmanto Sunter

22.                 Pak Cipto

23.                 Pak Anang bandung

24.                 Pak Amin Purwokerto

25.                 Angku Herman (BSD)

Dalam 1 bulan para teraphies dapat menghabiskan 5000 ekor – 6000 ekor, ini berarti 5000 pasien dapat pengobatan dengan lintah. Pada tahap awal perkembangannya, bayi dalam rahim ibu berbentuk zigot, yang menempel pada rahim agar dapat menghisap sari-sari makanan dari darah ibu.

Gambar di atas adalah zigot yang terlihat seperti sekerat daging. Informasi ini, yang ditemukan oleh embriologi modern, secara ajaib telah dinyatakan dalam Al Qur’an 14 abad yang lalu dengan menggunakan kata “‘alaq”, yang bermakna “sesuatu yang menempel pada suatu tempat” dan digunakan untuk menjelaskan lintah yang menempel pada tubuh untuk menghisap darah. Jika kita terus mempelajari fakta-fakta yang diberitakan dalam Al Qur’an mengenai pembentukan manusia, sekali lagi kita akan menjumpai keajaiban ilmiah yang sungguh penting.

Ketika sperma dari laki-laki bergabung dengan sel telur wanita, intisari bayi yang akan lahir terbentuk. Sel tunggal yang dikenal sebagai “zigot” dalam ilmu biologi ini akan segera berkembang biak dengan membelah diri hingga akhirnya menjadi “segumpal daging”. Tentu saja hal ini hanya dapat dilihat oleh manusia dengan bantuan mikroskop. Namun, zigot tersebut tidak melewatkan tahap pertumbuhannya begitu saja. Ia melekat pada dinding rahim seperti akar yang kokoh menancap di bumi dengan carangnya. Melalui hubungan semacam ini, zigot mampu mendapatkan zat-zat penting dari tubuh sang ibu bagi pertumbuhannya. (Moore, Keith L., E. Marshall Johnson, T. V. N. Persaud, Gerald C. Goeringer, Abdul-Majeed A. Zindani, and Mustafa A. Ahmed, 1992, Human Development as Described in the Qur’an and Sunnah, Makkah, Commission on Scientific Signs of the Qur’an and Sunnah, s. 36) Di sini, pada bagian ini, satu keajaiban penting dari Al Qur’an terungkap. Saat merujuk pada zigot yang sedang tumbuh dalam rahim ibu, Allah menggunakan kata “‘alaq” dalam Al Qur’an:”Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang Menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari ‘alaq (segumpal darah). Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah.” (Al Qur’an, 96:1-3) Arti kata “‘alaq” dalam bahasa Arab adalah “sesuatu yang menempel pada suatu tempat”.

Kata ini secara harfiah digunakan untuk menggambarkan lintah yang menempel pada tubuh untuk menghisap darah. Tentunya bukanlah suatu kebetulan bahwa sebuah kata yang demikian tepat digunakan untuk zigot yang sedang tumbuh dalam rahim ibu. Hal ini sekali lagi membuktikan bahwa Al Qur’an merupakan wahyu dari Allah, Tuhan Semesta Alam. http://www.keajaibanalquran.com/biology_06.html

Minyak Lintah, Produksi minyak lintah tidak boleh sembarangan harus memperhatikan aspek heigenis bebas dari kotoran (bakteri). Minyak lintah tetap mengandung zat anti koagulan (zat anti beku darah) oleh karena itu jika dioleskan ke bagian tubuh maka zat tersebut meresap secara perlahan dan bekerja untuk mengencerkan darah di pembuluh-pembuluh darah sampai yang sehalus halusnya. dengan encernya darah di pembuluh darah maka seluruh bagian sel tubuh mendapatkan nutrisi secara merata yang dibawa darah. Begitu juga di bagian vital pria, jika pembuluh darah yang jumlahnya ribuan dan kecil-kecil tidak ada yang tersumbat dan terisi penuh oleh darah maka otot bekerja secara maksimal secara alami (natural). Lain halnya jika menggunakan alat yang bekerja secara mekanik, jika ada pembuluh darah di bagian vital ini yang tersumbat dan dipaksa untuk dipompa(mekanik) maka terjadi gangguan jaringan sel (bisa pecah pembuluh darah) menjadi lebih fatal. Selain itu liur lintah mengandung zat pati rasa yang berfungsi melapisi organ yang peka rangsangan. Dengan demikian menjadikan lebih tahan lama. Kekhawatiran minyak lintah yang tidak bersih sangat diperlukan karena agar terjaga dari gangguan yang tidak diinginkan. Pilihlah produk minyak lintah yang sudah ada ijin dari depkes (POM).

About taqy