ACCOUNTING & FINANCE CORNER
Wednesday April 16th 2014

Pengantar Akuntansi 1

Pengantar Akuntansi 1

Matakuliah ini mempelajari mengenai konsep dasar pencatatan Akuntansi mulai dari konsep dasar persamaan akuntansi, siklus akuntansi dan konsep dasar untuk pengukuran, pencatatan dan pelaporan kas, piutang, persediaan dan aktiva tetap.

  1. Pengantar Konsep dan Praktek Akuntansi
  2. Analisis Transaksi
  3. Konsep Matching dan Proses Penyesuaian
  4. Siklus Akuntansi
  5. Sistem Akuntansi, Internal Kontrol dan Jurnal Khusus
  6. Akuntansi Perusahaan Dagang
  7. Kas
  8. Piutang
  9. Persediaan
  10. Aktiva Tetap

Metodologi pengajaran:

Metode pengajaran praktek sangat ditekankan untuk matakuliah ini. Dalam perkuliahan mahasiswa akan dibimbing untuk memahami konsep akuntansi, latihan dengan mengerjakan latihan soal dalam buku atau dari buku lain.

Agar mahasiswa memahami bagaimana praktik akuntansi dan output proses akuntansi ada tiga tugas yang diberikan kepada mahasiswa:

  1. Mengumpulkan tiga laporan keuangan dari perusahaan dalam industrii yang berbeda yang dipublikasikan di koran. Dari laporan keuangan tesebut kemudian didiskusikan tentang format, isi laporan keuangan tersebut, Analisa dilakukan
  2. Mengunjungi sebuah perusahaan menengah atau kecil. Membuat laporan mengenai sistem akuntansi di perusahaan tersebut 5 – 10 halaman.
  3. Melakukan analisis atas pos-pos yang telah diajarkan dalam laporan keuangan utama yaitu untuk kas, piutang, persediaan dan aktiva tetap.
Previous Topic:

24 Comments for “Pengantar Akuntansi 1”


Leave a Comment

Insider

Archives