Oleh Akhir Matua Harahap

Metode riset kualitatif berbeda dengan data kualitatif. Demikian juga, metode riset kuantitatif berbeda dengan data kuantitatif. Metode dan data adalah dua hal yang berbeda. Metode adalah suatu cara, suatu pendekatan, suatu strategi, atau suatu alat di dalam mencapai tujuan riset. Data sendiri adalah suatu nilai dari suatu pengukuran variabel dari unit analisis tertentu. Atau dengan kata lain, data adalah suatu kombinasi (matrik) antara variabel dan unit analisis (sampel atau populasi).

  • Sebagaimana riset yang berbasis data (empiris), maka metode kualitatif tipikal untuk riset yang menggunakan sedikit unit analisis (sedikit sampel, minimal sampel=1) tetapi cenderung memerlukan variabel yang sangat banyak. Contoh: Studi kasus. Sebaliknya, metode kuantitatif hanya menggunakan beberapa variabel (bahkan satu variabel saja) tetapi cenderung memerlukan jumlah unit analisis (sampel) yang banyak, bahkan sama dengan populasinya. Contoh: Analisis data sensus dan analisis data survei (studi sampel). Pengertian ’banyak’ pada jumlah unit analisis (sampel) relatif, tergantung alat statistik yang digunakan dan kebutuhan sampel alat tersebut. 
  • Data kualitatif adalah suatu data yang nilainya bersifat kualitas (satuan relatif), sedangkan data kuantitatif adalah suatu data yang nilainya bersifat kuantitatif (satuan metrik). Oleh karena nilai variabel (skala pengukuran) dikategorikan ke dalam empat skala (nominal, ordinal, interval dan rasio), maka interval dan rasio digolongkan sebagai ukuran metrik (metric system) sedangkan nominal dan ordinal sebagai ukuran non-metrik. Ukuran metrik ini di dalam riset disebut sebagai ukuran kuantitatif. Oleh karenanya, data yang diukur secara metrik disebut sebagai data kuantitatif.

Dengan demikian, metode riset kualitatif dapat menggunakan data kualitatif maupun data kuantitatif. Sementara data kualitatif dan data kuantitatif dapat dianalisis di dalam (metode) riset kuantitatif. Alat atau metode yang kompatibel untuk analisis kuantitatif adalah alat-alat atau metode statistik.

 Metode Pengumpulan Data: Sensus, Survai dan Kasus
  Jumlah variabel (v)
Sedikit(beberapa) Banyak Sangat Banyak

Jumlah

unit

analisis

(n)

Sedikit(minimal satu)     KASUS
Banyak(sebagian)   SURVEI  
Semua(populasi) SENSUS